Take a fresh look at your lifestyle.

Penjelasan Test Bahasa Inggris JobStreet Bagian Grammar

2

Halo temen-temen, setelah kemarin kita membahas tentang Pembahasan Test Bahasa Inggris JobStreet Bagian Conversation, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang test Bahasa Inggris di JobStreet bagian Grammar. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya ya temen-temen, test Bahasa Inggris di website pencari kerja JobStreet ini terbagi menjadi 4 bagian, nah setelah bagian conversation, temen-temen akan menemui bagian soal yang menguji penguasaan grammar temen-temen.

Lalu bagaimana sih contoh soal test Bahasa Inggris di JobStreet untuk bagian grammar ini? Nah, untuk itu tentunya bisa temen-temen temukan dalam artikel ini. Contoh soal test Bahasa Inggris JobStreet bagian Grammar kali ini sumbernya langsung dari website JobStreet sendiri lho temen-temen, cumin bedanya kalau temen-temen baca artikel yang berisi soal test Bahasa Inggris JobStreet di sini, temen-temen akan mendapatkan penjelasan dan jawaban untuk masing-masing soal. Jadi dengan membaca artikel ini, temen-temen akan lebih mengerti dan lebih siap untuk menghadapi test Bahasa Inggris JobStreet yang sesungguhnya.

Ayoo kita pelajari bersama penjelasan tentang test Bahasa Inggris JobStreet bagian grammar berikut ini – Bigbanktheories.com

Test Bahasa Inggris JobStreet
Test Bahasa Inggris Di JobStreet

Penjelasan Dan Jawaban Test Bahasa Inggris Di JobStreet Bagian Grammar

Sebenernya test Bahasa Inggris di JobStreet bagian Grammar ini bentuknya sama saja dengan soal-soal grammar yang sudah biasa kita temui temen-temen. Jadi jika temen-temen sudah sering latihan mengerjakan soal grammar, saya rasa temen-temen tidak perlu khawatir deh untuk mencoba mengerjakan soal test Bahasa Inggris di JobStreet ini.

Oh ya, ada hal-hal yang perlu temen-temen perhatikan saat mengerjakan soal test Bahasa Inggris bagian grammar di JobStreet ini, yang pertama perhatikanlah “Subject” dari kalimat yang dijadikan pertanyaan tersebut. Yang kedua, perhatikanlah “Verb” atau kata kerja yang digunakan. Yang ketiga, perhatikanlah “keterangan tambahan” dalam kalimat tersebut, seperti keterangan waktu, dan tempat. Dengan persiapan seperti ini, saya yakin temen-temen bisa dengan mudah menyelesaikan test Bahasa Inggris di JobStreet ini.

Contoh Soal Dan Jawaban Test Bahasa Inggris JobStreet Bagian Grammar

1. The monkey was on the tree . . . . . a banana.

a) eating

b) eaten

c) eat

d) eats

Jawaban : A. Eating

Penjelasan : Kalimat diatas adalah kalimat past continuous. Pola kalimatnya adalah Subject + to be + V-ing.

2. Everything . . . . . been destroyed in the fire.

a) is

b) are

c) have

d) has

Jawaban : D. Has

Penjelasan : Kalimat diatas termasuk kedalam bentuk Kalimat pasif dari Perfect tense. Polanya adalah: have/has + been + V3. Kata “everything” termasuk kedalam singular itulah sebabnya jawaban yang tepat adalah “Has”.

3. . . . . . anybody here speak French?

a) do

b) did

c) is

d) does

Jawaban : D. Does

Penjelasan : Kata “anybody” termasuk kedalam singular. Itulah sebabnya jawaban yang tepat adalah “does”.

4. The interview session . . . . . an hour ago.

a) starts

b) start

c) started

d) is starting

Jawaban : C. Started

Penjelasan : Kalimat diatas termasuk kedalam kalimat past tense. dengan pola Subject + V2 + Complement. Itulah sebabnya, jawaban yang benar adalah “started” yang merupakan bentuk kedua dari “start”.

5. . . . . . you help me with my homework, if I do you a favour?

a) should

b) would

c) please

d) shall

Jawaban : B. Would

Penjelasan : Kata “would” sebenarnya adalah bentuk lampau dari kata “will”. Kata “would” ini umumnya digunakan jika kita ingin mengungkapkan permintaan atau permohonan secara halus dan sopan.

6. “He is . . . . . honest man. He told the truth even when he knew he will get into trouble,” said Jim.

a) the

b) a

c) an

d) most

Jawaban : C. An

Penjelasan : Jawaban yang tepat adalah “an” karena setelahnya adalah kata “honest”. Jika temen-temen masih bingung, silahkan baca Cara Mudah Membedakan Penggunaan A, An dan The.

7. The meeting is between 9am . . . . . 11am.

a) but

b) to

c) on

d) and

Jawaban : B. To

Penjelasan : Dalam soal ini, kita perlu memperhatikan konteks pembicaraan nya, si pembicara menyampaikan bahwa “the meeting” atau pertemuan itu diadakan diantara jam 9 . . . . jam 11 siang. Jadi kata yang tepat untuk mengisi bagian tak lengkap dari kalimat tersebut adalah “sampai dengan” atau dalam hal ini kita gunakan kata “to”.

8. He went to the lady’s office . . . . . bus.

a) on

b) with

c) by

d) in

Jawaban : C. By

Penjelasan : Kata “by” digunakan untuk menunjukkan bahwa subject menggunakan alat bantu tertentu untuk mencapai suatu lokasi.

9. She looks smart in . . . . . new uniform and he in . . . . .

a) his, her

b) her, his

c) his, his

d) her, her

Jawaban : B. Her, His

Penjelasan : Soal ini membahas tentang pronoun, jika temen-temen belum menguasai materi tentang pronoun, silahkan baca artikel saya tentang Penjelasan Dan Contoh Pronoun Dalam Kalimat Bahasa Inggris.

10. Yesterday, Baskaran . . . . . in campus but not Alia.

a) are

b) is

c) were

d) was

Jawaban : D. Was

Penjelasan : Kalimat diatas menggunakan tenses past tense. Jika masih bingung tentang tenses, silahkan baca artikel-artikel tentang Tenses di website ini.

Oke temen-temen, sampai disini dulu pembahasan kita tentang Test Bahasa Inggris JobStreet Bagian Grammar, semoga bermanfaat dan dapat membantu temen-temen. Ingat, mendapatkan skor yang baik pada saat menghadapi test Bahasa Inggris di JobStreet sangat penting untuk menunjang profil kita sebagai pelamar kerja di website JobStreet. Jadi persiapkanlah diri temen-temen dengan banyak berlatih, baik secara langsung di website JobStreet, maupun membaca penjelasan dan pembahasan soal-soal test Bahasa Inggris JobStreet yang sudah tersedia di website ini. Terimakasih sudah berkunjung lagi ke bigbanktheories.com, semoga temen-temen suka dengan artikel-artikel di website ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

2 Comments
  1. Andri Prasetio says

    permis admin. no 6 kenapa jawabannya (an) ? padahal di halaman yang disarankan menggunakan the.
    It is the oldest library in my town.
    My sister is the first runner up of miss Indonesia 2016

    1. Admin says

      Halo mas Andri, wah maaf ya baru membalas pertanyaannya sekarang, semoga penjelasan berikut ini bisa membantu:

      Dari yang mas Andri tanyakan, yang saya tangkap adalah masalah penggunaan Definite dan Indefinite Articles ya. Perlu kita ingat kembali, penggunaan “The” bisa mengandung arti yang bervariasi, mulai dari anggapan bahwa si pendengar dan pembicara sudah sama-sama tau hal yang sedang dibicarakan, hingga merujuk pada makna bahwa hal yang sedang dibahas adalah “satu-satunya” (misalnya: the sun, the moon). Nah dalam soal yang sedang kita bahas ini, tanda titik-titik berada di depan frasa “honest man”. Ayo kita uji coba dan rasakan perbedaannya:

      He is the honest man.
      He is an honest man.

      apakah terasa bedanya? Ya! betul sekali, perbedaan tipis ternyata muncul dalam makna yang terkandung dalam kedua kalimat tersebut, dimana:

      He is the honest man. – Dia adalah si/sang pria jujur itu.
      He is an honest man. – Dia adalah seorang pria yang jujur.

      Terasa ya beda nya. Dan jika kita cocokan dengan kalimat lanjutannya, tentu kita bisa tau bahwa versi kalimat kedua yang lebih cocok. Apakah ini berarti versi kalimat pertama salah? Jawabannya “Tidak!”, kalimat pertama itu tidak salah baik secara struktur maupun secara makna, hanya saja tidak sesuai dengan konteks yang ada pada kalimat selanjutnya.

      Lalu bagaimana contoh penggunaan kalimat versi pertama yang tepat?

      Misalnya saja seperti ini, saya dan mas Andri sedang berjalan-jalan ke Jepang. Lalu tanpa sengaja, dompet mas Andri jatuh di jalan dan hilang selama beberapa jam. Kita pun berpencar untuk mencari dompet itu. Di tengah jalan, mas Andri bertemu seorang pria yang ternyata menemukan dompet milik mas Andri dan mengembalikannya. Lalu mas pun berterimakasih pada pria itu dan melanjutkan perjalanan. Saat bertemu saya, mas Andri bercerita bahwa tadi ada seorang pria jujur yang mengembalikan dompet mas Andri.

      Keesokan harinya, saat kita berjalan-jalan lagi, tanpa sengaja, kita berdua berpapasan dengan pria yang membantu memulangkan dompet mas kemarin, dengan begitu gembira mas Andri menyapa pria itu dan langsung berteriak pada saya:

      He is the honest man.

      Bagaimana? Semoga ilustrasi ini cukup jelas ya mas hehe,
      Sekali lagi saya minta maaf baru merespon pertanyaan nya sekarang, semoga penjelasan singkat ini membantu 😀

      Salam hangat,

      Kak Dikta
      Admin Bigbanktheories

Leave A Reply

Your email address will not be published.