Take a fresh look at your lifestyle.

Determiners Dalam Bahasa Inggris Dan Berbagai Contohnya

0

Determiners dalam grammar adalah salah satu materi penting yang wajib kita pahami dari awal, jika kita ingin menguasai Bahasa Inggris secara terstruktur. Melalui tulisan kali ini, saya ingin mengajak sobat pembaca semua untuk mengenal lebih jauh tentang Determiners, mulai dari definisi atau pengertiannya, berbagai jenis dan fungsinya serta berbagai contoh Determiners dalam Bahasa Inggris. Semua hal yang perlu sobat ketahui tentang Determiners akan saya coba sajikan dalam tulisan saya kali ini. So, jangan pergi kemana-mana dulu sebelum sobat selesai membaca materi ini hingga akhir.

Jika sobat tertarik untuk mempelajari lebih jauh tentang masing-masing jenis Determiners, sobat bisa mengunjungi artikel khusus yang membahasnya secara terpisah dengan mengunjungi link / tautan yang sudah saya sediakan di bawah ini. Sekarang, silahkan baca penjelasan singkat tentang Determiners dalam Bahasa Inggris berikut ini, semoga sobat bisa memahaminya dengan mudah. – Bigbanktheories.com

Determiners Dalam Bahasa Inggris Dan Berbagai Contohnya

Pengertian Determiners dan Contohnya

Determiners adalah istilah yang kita gunakan untuk menyebut kata atau frasa yang kita gunakan atau letakkan di depan sebuah noun (kata benda) atau noun phrase yang berfungsi sebagaipenentunoun tersebut baik dari segi jumlah, jarak, status kepemilikan dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam Bahasa Indonesia, kita mengenalnya dengan istilah “Kata Sandang”.

Secara tradisional, berbagai contoh Determiners seperti: The, A, An, This, That, My, Your dan sebagainya, digolongkan sebagai adjective (kata sifat) ataupun pronoun (kata ganti). Hal ini sangat wajar, karena jika kita lihat dari sifatnya, sebuah Determiners memang terkesan sama dengan adjective ataupun pronoun, yaitu bersifat memberi tambahan informasi terhadap noun tertentu.

Bertolak belakang dengan pendapat tradisional grammar, teori modern grammar lebih memilih untuk menganggap Determiners sebagai sebuah kelas kata baru dalam part of speech, sehingga ia bisa dibedakan dengan kelas kata yang lain. Hal ini dilakukan karena jika dibandingkan dengan kelas kata seperti adjective, sebuah Determiners bersifat jauh lebih sederhana konsepnya. Itulah sebabnya, bagi teori modern, Determiners disebut sebagai “simple modifier of a noun” atau dalam Bahasa Indonesia nya “modifier sederhana dari sebuah noun”.

Selain alasan di atas, ternyata ada alasan lain yang melatar belakangi pemisahan Determiners dari part of speech lainnya dalam Bahasa Inggris. Alasannya adalah karena jika mengacu pada tata bahasa asing lain seperti dalam Bahasa Swedia, Finlandia atau Romania, peranan Determiners dapat dilakukan oleh bentuk affix (imbuhan) yang artinya ia tidak berbentuk sebuah kata. Mislanya saja kata “bok (book)” yang berubah menjadi “boken (the book)” dalam Bahasa Swedia. Dengan demikian, sudah sewajarnya jika ia memiliki kelompok sendiri yang terpisah dari kelas kata lainnya dalam part of speech yang memang khusus mengelompokkan kata-kata dan bukan imbuhan.

Jenis Determiners dan Contohnya

Setelah sobat membaca penjelasan singkat di atas, kini saatnya bagi sobat untuk mempelajari berbagai jenis Determiners dalam Bahasa Inggris. Perlu sobat ketahui bahwa sobat mungkin akan menemukan cara pengelompokan jenis Determiners yang berbeda-beda di berbagai sumber di internet. Di bawah ini, saya berusaha merangkum semuanya, namun jika sobat menemukan kekurangan dalam informasi yang saya sajikan, saya harap bisa dimaklumi.

Berdasarkan informasi yang telah saya kumpulkan, secara garis besar, Determiners dalam Bahasa Inggris bisa dikelompokkan dengan tiga cara, yaitu dengan melihat letak atau posisi Determiners tersebut, dengan melihat sifat Determiners, dan dengan melihat jenis atau fungsinya. Berikut ini adalah penjelasan singkat dan contoh untuk masing-masing cara pengelompokan Determiners di atas.

Predeterminer, Central Determiner dan Post Determiner

Berdasarkan letak atau posisinya, ada tiga jenis Determiners yaitu: Predeterminer, Central Determiner dan Post Determiner. Inilah penjelasan dan masing-masing contohnya:

Predeterminer

Predeterminer adalah jenis Determiners yang letaknya paling awal atau paling depan dalam urutan determiner (order of determiner). Beberapa contoh Predeterminer misalnya: all, half, both, bentuk multipliers, bentuk fraction dan sebagainya.

Contoh: All their trouble – All: Predeterminer, Their: Central Determiner, Trouble: Noun

Central Determiner

Central determiner adalah jenis Determiners yang berada ditengah antara Predeterminer dan Post Determiner. Beberapa contoh Central determiner misalnya: article (a, an, the), demonstrative (this, that, those, etc), dan possessive (your, my, her, his, etc).

Contoh: Twice a day – Twice: Predeterminer, A: Central Determiner, Day: Noun

Post Determiner

Post determiner adalah jenis Determiners yang letaknya di akhir dalam urutan determiner atau bisa dibilang terletak tepat sebelum noun yang diterangkannya. Contoh Post determiner yang mungkin sudah pernah kita gunakan misalnya: number (cardinal / ordinal), dan quantifier (few, many, several).

Contoh: The second floor – The: Central Determiner, Second: Post Determiner, Floor: Noun

General and Specific Determiners

Berdasarkan sifatnya, ada dua jenis Determiners yaitu: General Determiners dan Specific Determiners. Pelajarilah arti kedua jenis Determiners tersebut beserta contohnya dalam penjelasan berikut ini:

General Determiners

General determiner adalah jenis Determiners yang kita gunakan saat kita membicarakan tentang hal-hal yang bersifat umum dan dengan asumsi bahwa pendengar atau pembaca tidak mengetahui secara pasti atau secara spesifik benda atau hal yang kita maksudkan itu. Contoh General Determiner misalnya: indefinite article (a, an), quantifier (few, little, many, any, some), all, every, both, other, another dan sebagainya.

Related Posts

Descriptive Adjective Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

A Cat is Trying to get into a room

Contoh: A cat got into your room through your window this morning. (Seekor kucing masuk ke kamarmu lewat jendelamu pagi ini.)

Pada contoh di atas kita menggunakan sebuah General Determiner yaitu dalam bentuk “indefinite article (a / an)”. “A cat” atau “Seekor kucing” merupakan hal yang bersifat “General” atau umum, dengan pernyataan seperti ini, masih bisa timbul pertanyaan “Which cat?” atau “Kucing mana yang dimaksud?” karena memang noun nya tidak dijelaskan secara spesifik. Inilah yang dimaksud dengan General Determiner.

Specific Determiners

Specific determiner adalah jenis Determiners yang kita pakai untuk membahas hal-hal yang bersifat spesifik atau khusus. Saat kita menggunakan jenis Determiners ini, itu berarti kita menganggap bahwa baik si pembicara maupun si pendengar atau pembaca tau secara pasti benda yang dimaksudkan. Contoh Specific determiner misalnya: definite article (the), demonstrative adjective (that, this, those, these), possessive adjective (my, your, her, his, our, etc).

Contoh: The cat is mine. (Kucing itu milikku.)

Pada contoh di atas, yang kita gunakan adalah Specific Determiner yaitu “definite article (the)”. Pada saat kita mengucapkan “The cat” kita tidak lagi sedang membicarakan kucing secara umum, namun sudah merujuk pada suatu haltertentu” atau “spesifik” yaitu “kucing itu”. Seperti inilah konsep Specific Determiner itu sobat.

Berbagai Jenis Determiners dalam Bahasa Inggris

Setelah kita mempelajari dua cara pengelompokkan Determiners di atas, kini kita akan melihat rincian tipe-tipe atau jenis Determiners dalam Bahasa Inggris. Perlu sobat ketahui bahwa bagi sebagian orang, rincian di bawah inilah yang merupakan jenis Determiners dan bukan dua tipe pengelompokan yang telah kita bahas di atas. Tanpa menunggu lebih lama lagi, berikut ini adalah rincian nya:

Article (Definite Article dan Indefinite Article): The, A, An

Demonstrative: This, That, These, Those

Possessive: My, Your, Her, His, Our, etc

Quantifier: Some, Any, Much, Many, A few, A Little, A Lot of, Most, Enough

Number (Cardinal Number dan Ordinal Number): One, First, Two, Second, Three, Third

Distributives: All, Half, Both, Either, Neither, Each, Every

Difference Words: Other, Another

Predeterminer: Such, What, Rather, Quite

Contoh Penggunaan Determiners Dalam Kalimat

Di bawah ini saya sudah menyiapkan beberapa contoh penggunaan Determiners dalam kalimat. Silahkan cermati dan pahami contoh yang saya sajikan agar nanti sobat bisa menggunakan Determiners dengan lancar.

The book that you gave me last week is lost. (The: Article, Book: Noun)

I love this place. (This: Demonstrative, Place: Noun)

That number is three times my salary in a month. (That: Demonstrative, Number: Noun | Three times: Quantifier, My: Possessive, Salary: Noun | A: Article, Month: Noun)

Four men were arrested last night for breaking into an empty house on Maple street. (Four: Number, Men: Noun | An: Article, Empty House: Noun)

I already gave you all my money last month. (All: Distributives, My: Possessive, Money: Noun)

Baiklah sobat, itulah beberapa contoh kalimat yang mengandung Determiners di dalamnya. Saya harap dengan contoh kalimat yang saya sajikan, pemahaman sobat akan materi kita kali ini akan semakin mantap. Terimakasih atas waktu yang sudah sobat luangkan, mudah-mudahan apa yang kita pelajari kali ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi sobat dan orang lain. Sampai jumpa lagi, dan jangan lupa baca juga artikel menarik terbaru yang berjudul Perbedaan Desert dan Dessert Serta Cara Mudah Mengingatnya.

Referensi:

  1. Determiner – https://en.wikipedia.org/wiki/Determiner – Diakses tanggal 9 Maret 2020
  2. Determiners – https://www.ef.com/ca/english-resources/english-grammar/determiners/ – Diakses tanggal 9 Maret 2020
  3. Specific and General Determiners – https://learnenglish.britishcouncil.org/english-grammar-reference/specific-and-general-determiners – Diakses tanggal 9 Maret 2020
  4. Pengertian, Macam, Contoh Kalimat Determiner Bahasa Inggris – https://www.wordsmile.com/pengertian-macam-contoh-kalimat-determiner – Diakses tanggal 9 Maret 2020

Leave A Reply

Your email address will not be published.