Take a fresh look at your lifestyle.

Cara Daftar Kartu Prakerja Berdasarkan Pengalaman Pribadi

2

Halo sobat, buat kamu yang ingin mendaftar Kartu Prakerja, sebaiknya kamu baca dulu deh panduan pendaftaran berikut ini supaya kamu tidak menyesal seperti yang saya alami saat saya mendaftar Kartu Prakerja tadi malam. Prosedur pendaftaran kartu Prakerja yang saya sajikan di bawah ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya. Dengan begitu sobat bisa yakin bahwa informasi yang saya sajikan kali ini bersifat otentik, valid dan bisa dipercaya.

Berdasarkan informasi dari akun instagram resminya @prakerja.go.id, pendaftaran kartu prakerja resmi dibuka dua hari yang lalu yaitu pada tanggal 11 April 2020. Tapi kalau saya sih baru melakukan pendaftaran tadi malam, dan memang baru pada saat saya buka website nya tadi malam lah tombol menu pendaftaran muncul di halaman utama website. Jadi, jika sobat menemukan artikel yang membahas tentang tata cara pendaftaran kartu prakerja yang diterbitkan sebelum tanggal 11 April, sobat perlu berhati-hati, karena mungkin informasi yang disajikan tidak lengkap atau bahkan tidak sesuai kenyataannya. – Bigbanktheories.com

Prosedur Pendaftaran Kartu Prakerja dalam Bahasa Inggris

Definisi dan Fungsi Kartu Prakerja

Sebagian masyarakat mungkin masih ada yang bertanya-tanya, apa sih kartu prakerja itu? Nah, daripada kita bingung dan malah membuat dugaan sendiri, mending sobat baca info lengkap yang sudah saya rangkum dari website resmi dan juga akun instagram official kartu prakerja tentang definisi dan fungsi kartu prakerja berikut ini.

Kartu Prakerja sebenarnya adalah sebuah program pemberdayaan masyarakat yang disediakan oleh pemerintah Indonesia melalui pemberian bantuan biaya pelatihan keterampilan yang dapat dilakukan secara online maupun offline ditambah lagi dengan sejumlah uang sebagai insentif pasca pelatihan.

Definisi Kartu Prakerja dan Fungsi nya

Singkatnya, kartu prakerja itu artinya kita dibayarin pemerintah untuk ikut pelatihan dengan harapan proses pelatihan itu akan meningkatkan keterampilan kita supaya kita bisa memiliki daya saing yang lebih di dunia kerja atau bisa menjadi pribadi yang mandiri dengan keterampilan kita itu.

Jadi, kalau sampai sekarang masih ada yang beranggapan bahwa Kartu Prakerja = Pengangguran yang Dibayar, itu menurut saya pemahaman yang salah total. Sistem kartu prakerja ini kalo menurut saya mirip dengan sistem yang dilaksanakan oleh BLK (Balai Latihan Kerja), dimana kita bisa mendaftar dan mengikuti berbagai pelatihan keterampilan secara gratis.

Bedanya, untuk mengikuti pelatihan di BLK, kita mendaftar di BLK dan pelaksana pelatihan pun pihak BLK. Sedangkan untuk Kartu Prakerja, kita mendaftarkan diri secara online pada website resmi milik pemerintah: prakerja.go.id , dan kita bisa mengikuti pelatihan gratis yang diselenggarakan oleh pihak ke-tiga (swasta) yang telah bekerja sama dengan pemerintah kita dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat ini.

Beberapa mitra platform digital resmi program Kartu Prakerja ini misalnya: Skill Academy, G2 Academy dan juga MauBelajarApa. (sudah saya cek satu persatu ke masing-masing website)

Meski tadi disampaikan bahwa pelatihan dari kartu Prakerja bisa kita lakukan secara online maupun offline, namun sepertinya untuk saat ini pemerintah masih memfokuskan untuk melaksanakannya secara online. Hal ini tergambar dalam pernyataan di website resminya “Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi”.

Di sinilah fungsi kartu prakerja bisa kita lihat dan rasakan. Jika sobat mencoba membuka salah satu website mitra platform digital yang saya sebutkan di atas, sobat akan menemukan bahwa website tersebut menyediakan kelas online dengan berbagai tema materi. Sobat juga akan melihat bahwa ada harga yang harus sobat bayarkan untuk dapat masuk dan mengakses kelas-kelas tersebut. Harga ini bervariasi, mulai dari ratusan ribu, hingga jutaan.

Kartu Prakerja hadir sebagai metode pembayaran yang bisa kita gunakan pada platform digital itu sobat. Jadi jelas kan sekarang apa fungsi kartu prakerja. Nah, yang belum bisa saya pastikan adalah seperti apa nanti mekanisme proses pembayaran menggunakan kartu prakerja itu. Tapi dugaan saya sih, mungkin nanti pemilik kartu prakerja akan mendapatkan semacam “Token” atau “kode unik” yang bisa kita masukkan ke kolom kode voucher pembayaran. Bagi yang sudah biasa melakukan pembayaran online tentu sudah tidak asing lah dengan metode seperti ini.

Manfaat Kartu Prakerja

Setelah kita mengetahui pengertian kartu prakerja dan juga fungsinya, kini saya akan membahas sekilas tentang manfaat dari program pemberdayaan ini.

Bicara tentang manfaat, sebenarnya sudah tergambar ya sobat dalam penjelasan saya di atas, bahwa kita akan bisa menggunakan kartu prakerja untuk membayar biaya pelatihan di berbagai platform digital yang telah menjadi partner resmi pemerintah. Menurut informasi di akun instagram resmi kartu prakerja, masing-masing pemegang kartu prakerja akan memperoleh dukungan sejumlah Rp. 3.550.000 (nominal ini sepertinya berubah jika sobat merujuk pada info di website skill academy) dengan rincian sebagai berikut (data dari official Instagram prakerja.go.id):

Berbagai Manfaat Kartu Prakerja

Dukungan Dana Pelatihan: Rp. 1.000.000

Insentif pasca Pelatihan: Rp. 600.000 x 4 bulan (kamu pasti ngincer ini kan? Hahaha)

Reward Survey: Rp. 150.000

Jenis Pelatihan dalam Program Kartu Prakerja

Setelah dari tadi kita membahas tentang kartu prakerja dan manfaatnya, mungkin ada beberapa diantara sobat yang masih merasa penasaran, sebenarnya pelatihan keterampilan seperti apa sih yang bisa sobat dapatkan dengan memiliki kartu prakerja? Jawaban singkatnya “Banyak Sekali” sobat hehe.

Sekarang saya tanya aja deh, sobat mau belajar skill apa? Bahasa? Ada, pengetahuan tentang Internet dan Digital Marketing? Ada, Ingin bisa masak? Ada kelasnya, bahkan kelas pengembangan diri seperti pelatihan kemampuan public speaking dan mengaji pun ada. Lengkap banget kan? Kalau begini, apa sobat masih menganggap bahwa Kartu Pekerja = Pengangguran yang Dibayar? Saya rasa tidak ya.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Setelah membaca penjelasan saya di atas, saya yakin sobat semakin tertarik untuk ikutan daftar kartu Prakerja ini ya. Untuk itu, sobat tentu harus tau apa saja persyaratannya. Langsung aja deh simak daftar persyaratan kartu Prakerja berikut ini:

Persyaratan Kartu Prakerja

Persyaratan Kartu Prakerja:

Warga Negara Indonesia

Usia minimal 18 tahun

Tidak sedang sekolah / kuliah

*diutamakan bagi pengangguran muda (seperti saya ini nih haha)

Siapa saja yang bisa ikut mendaftar Kartu Prakerja?

Bagi saya pertanyaan ini wajib dibahas. Karena pada kenyataannya masih banyak orang yang ragu apakah dirinya bisa ikutan mendaftar untuk jadi peserta Kartu Prakerja atau tidak. Jawaban singkatnya:

Ya, kamu bisa ikut daftar Kartu Prakerja

Selama sobat memenuhi ketiga syarat di atas. Jadi jika sobat masih ada yang bertanya “Saya lulusan SMP / SD / SMA, apakah saya bisa daftar?” maka akan saya tanya balik, apa sobat memenuhi ketiga syarat di atas? Jika iya, maka jawabannyaYa, kamu bisa daftar”.

Jadi kalaupun saya adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan atau misalnya saya adalah seorang pegawai, saya masih boleh ikut mendaftar kartu Prakerja?Jawabannya, Iya, Roberto” yang penting kamu memenuhi ketiga syarat di atas. Sudah jelas ya sobat?

Baca Juga: Lowongan Guru Privat Bahasa Inggris Dan Cara Mendaftarnya

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Oke, sekarang kita masuk ke pembahasan utama yaitu tahap pendaftaran Kartu Pekerja secara online di website prakerja.go.id . Buat temen-temen yang belum daftar dan ingin ikutan daftar, saya saranin kamu baca langkah-langkah di bawah ini dengan teliti supaya sobat tidak menyesal seperti saya. Lho, kok menyesal? Iya, ada hal yang saya sesali dalam proses pendaftaran yang saya lakukan tadi malam yaitu ketidak telitian saya pada proses pengisian data.

Mengapa teman-teman harus teliti dalam proses pengisian data? Karena ternyata website prakerja.go.id ini tidak memiliki fiturEdit data” atau “Edit Profile”. Jadi data apapun yang sudah temen-temen isi di awal akan terkunci dan nggak bisa kamu ubah lagi. Kalau ada yang salah gimana? Nyesel kan? Ya, Pasti! Dan itu yang terjadi pada saya.

Penasaran? Simak selengkapnya dalam penjelasan berikut ini.

1.Langkah pertama, buka halaman website pendaftaran kartu prakerja, atau kamu bisa langsung klik di sini: www.prakerja.go.id

2.Pada halaman awal, temukan dan klik tombol “Daftar Sekarang”. Kemudian akan terbuka tampilan berikut:

Langkah Pertama Pendaftaran Kartu Prakerja

3.Isi “alamat email” beserta “password” yang ingin kamu gunakan untuk login ke akun kartu Prakerja kamu. Beri tanda “check” kemudian klikDaftar”. Kemudian akan muncul dialog box berikut:

Langkah Kedua Pendaftaran Kartu Prakerja

4.Buka email yang kamu daftarkan tadi dan kliklink verifikasi” dan kamu akan dibawa ke halaman berikut:

Langkah Ketiga Pendaftaran Kartu Prakerja Verifikasi Email

5.Pada tahap ini, email kamu sudah terverifikasi. Selanjutnya, klikSilahkan Login

6.Setelahnya akan muncul dialog box berikut, silahkan isi dengan alamat email dan password yang telah kamu atur di awal. Setelah itu klikLogin

Langkah Keempat Pendaftaran Kartu Prakerja

7.Setelah Login, kamu akan diminta untuk memverifikasi KTP dan tanggal lahirmu. Silahkan isi dengan data yang sesuai. Jika sudah, klikLanjutkan

Langkah Kelima Pendaftaran Kartu Prakerja

8.Langkah selanjutnya, sobat akan diminta untuk melengkapi data diri. Pada bagian inilah sobat harus berhati-hati, karena tidak ada kesempatan untuk memperbaiki / mengedit data yang salah.

Langkah Keenam Pendaftaran Kartu Prakerja

Ada dua hal yang perlu sobat siapkan pada tahap ini yaitu: File foto KTP dan Foto Selfie dengan memegang KTP

Sudah ada contohnya masing-masing, namun bagi yang ragu-ragu, berikut rincian yang saya lakukan:

File foto KTP tidak saya crop mentok dan hanya menampilkan gambar KTP nya saja, namun saya biarkan ada pinggiran / bingkai nya dari latar belakang asli hasil jepretan foto saya. Hal ini saya lakukan karena contoh yang diberikan di website pun seperti itu.

File foto Selfie dengan KTP saya ambil dengan posisi landscape kemudian saya crop sampai mentok ke tepian bahu saya. (saya ikuti seperti pada contoh di website)

Ingat! Ini hanyalah cerita saya tentang apa yang saya lakukan pada proses pendaftaran, bukan sebuah panduan yang harus diikuti. Yang perlu sobat perhatikan adalah ukuran maksimal dari masing-masing file.

Pada saat mengupload foto, saya sempat gagal upload beberapa kali, awalnya saya pikir karena size file yang saya upload terlalu besar padahal setelah saya cek ternyata tidak. Setelah beberapa kali mencoba akhirnya saya berhasil upload dan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Kesimpulan: Jangan panik dan putus asa pada proses mengupload gambar, bisa saja pada saat kamu mencoba upload, server nya sedang ramai, jadi lemot atau gangguan.

9.Perhatikan bagian ini! Sobat lihat ada tombol kecilslider on / offdi samping kiri tombol “Pilih File Selfie”, baca dan perhatikan keterangan pada bagian itu.

Tombol ini secara default akan di set pada posision” dengan pernyataan “Gunakan alamat KTP sebagai alamat tinggal saat ini (domisili)

Di sinilah saya melakukan kesalahan yang saya sesali sobat. Pada saat itu, saya tidak memperhatikan tombol kecil ini dan langsung saja melanjutkan proses pengisian data. Padahal alamat domisili saya saat ini berbeda dengan alamat KTP saya. Alhasil saya dimasukkan kedalam zona wilayah sesuai alamat KTP saya.

Zona Pendaftar Kartu Prakerja

Sejauh ini memang saya tidak melihat apa dampaknya. Namun, jika ternyata akan ada sesuatu yang saya harus lakukan sesuai Zona, maka ini artinya akan menjadi tantangan tersendiri bagi saya, khususnya pada masa penyebaran virus Corona seperti ini, dimana kita tidak bisa dengan bebas pergi dari satu tempat ke tempat lain.

Inilah yang ingin saya ingatkan pada sobat. Jika alamat domisili kamu berbeda dengan alamat KTP, saran saya, yakinkan dulu kamu ingin menggunakan alamat yang mana, karena setelah proses pengisian ini, data tersebut tidak bisa diubah.

Kemudian hal yang perlu saya beritahukan juga, saya sarankan sobat mengisi data kartu Prakerja dengan menggunakan komputer atau laptop. Mengapa? Karena saya dapat cerita bahwa pada saat pengisian data kita lakukan lewat hape, tombol kecil pemilihan alamat tadi ternyata tidak muncul. Bagian ini saya tidak mengalami sendiri sih, tapi patut untuk kita jadikan perhatian.

10.Beri tanda centang pada pernyataan “Saya bersedia bla bla bla” kemudian klikLanjutkan

11.Selanjutnya sobat akan diminta untuk memverifikasi nomer hape aktif yang sobat miliki, silahkan masukkan nomer hape sobat dan tunggu kode verifikasi yang akan dikirimkan ke hape sobat. (Maaf, bagian ini lupa saya screenshot hehe)

12.Setelah selesai verifikasi nomer hape, sobat akan dibawa ke dashboard akun kartu prakerja milik sobat

13.yang pertama muncul di dashboard adalah pop up yang berisi 3 pertanyaan. Bagian ini juga lupa saya screenshot, tapi seingat saya pertanyaannya adalah:

– Apakah anda saat ini sedang bekerja?

– Apakah anda pernah bekerja selama 3 bulan terkahir?

– Apakah anda kehilangan pekerjaan akibat wabah COVID-19?

Silahkan jawab sesuai keadaan yang sobat alami. Catatan! Menurut info dari akun Instagram resmi nya, program kali ini diprioritaskan untuk para pekerja dan pelaku usaha yang terkena dampak COVID-19, Sooo… yah pertimbangkan sendiri lah hahaha

Itu saja tentang cara mendaftar kartu prakerja, selanjutnya kita akan bahas sedikit tentang Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar yang akan sobat hadapi di dashboard akun kartu Prakerja milik sobat sebagai salah satu syarat penyeleksian.

Soal Tes Seleksi Penerimaan Kartu Prakerja

Setelah sobat menyelesaikan proses pendaftaran kartu Prakerja, tugas sobat belum berakhir. Karena sobat harus langsung menyelesaikan sebuah tes motivasi dan kemampuan dasar yang akan menjadi salah satu penentu apakah sobat diterima atau tidak sebagai penerima manfaat dari program kartu Prakerja.

Soal Tes Seleksi Penerimaan Kartu Prakerja

Seperti yang sobat lihat pada screenshot berikut tes ini terdiri dari 18 soal (jumlah yang unik bagi kita yang terbiasa dengan konsep jumlah soal 10 dan kelipatannya). Waktu yang sobat miliki untuk menyelesaikan tes ini adalah 25 menit.

Apakah saya akan membagikan soal tes nya di sini? Tentu saja tidak haha, karena itu sama saja saya membocorkan data milik pemerintah. Selain itu, karena ini berdasarkan pengalaman pribadi, jadi saya tentu tidak sempat membuat screenshot masing-masing soal dan membagikannya pada teman-teman hehe.

Meski begitu, saya akan bercerita sedikit tentang kisi-kisi soal seleksi kartu Prakerja ini. Tapi ingat, saya tidak menjamin bahwa kita akan menerima soal yang sama.

Menurut saya soal tes ini tidak terlalu sulit. Meski ada soal matematika, namun saya bisa mengerjakannya dengan bantuan kertas coretan saja, tanpa harus menggunakan kalkulator (Wah jadi bisa pakai kalkulator ya? Jangan bilang siapa-siapa ya, tapi emang bisa haha).

Salah satu soal hitungan misalnya seperti 10 + 5 = . . .

Serius?? Iya, serius. Tapi sekali lagi, itu bukan soal nya ya, karena saya tidak ingin terlihat seakan membocorkan soal. Tapi hitungan penjumlahan dua angka seperti itu memang benar saya temukan.

Selain soal penjumlahan, saya juga menemukan soal bentuk pecahan. Kisi-kisinya, pelajari saja cara penjumlahan dan pengurangan pecahan. Bagi sobat yang sudah sempat belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi tes CPNS, saya yakin akan bisa mengerjakan soal tes kali ini dengan mudah.

Bentuk soal terakhir yang masih saya ingat adalah soal tentang menyimpulkan atau membaca grafik. Jadi misalnya ada grafik penjualan emas selama tahun 2020, nah sobat nanti akan ditanya, pada bulan apa penjualan emas paling banyak terjadi.

Bagaimana, mudah kan tes nya. Ya, tentu saja. Itulah sebabnya, sobat tidak perlu khawatir deh saat ingin mengerjakan tes tersebut. Langsung aja sikaat abiis.

Call Center Kartu Prakerja

Sebagai informasi penutup, saya akan menampilkan nomer Call Center kartu Prakerja. Jika sobat mengalami kendala dalam proses pendaftaran nantinya, sepertinya sobat bisa langsung menghubungi nomer berikut ini (informasi saya dapat dari akun instagram resmi kartu Prakerja).

Nomor Call Center Kartu Prakerja

Call Center Kartu Prakerja: 02125541246 (Senin-Jumat : 08.00 – 19.00)

Ingat! Jangan kemaleman nelfonnya, nanti admin nya udah tidur hehe.

Prosedur Pendaftaran Kartu Prakerja dalam Bahasa Inggris

Bagian ini hanyalah tambahan untuk menyesuaikan isi artikel dengan tema website Bigbanktheories. Jika sobat tidak memerlukannya, silahkan langsung di skip saja. Namun bagi sobat pelajar yang sedang membutuhkan contoh procedure text tentang cara mendaftar kartu Prakerja dalam Bahasa Inggris, kamu boleh langsung baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

How to Register yourself to Prakerja.go.id

Some of you may have heard about Prakerja card and its benefit. Now, you may also be curious of how to register yourself to this program. Here are some simple steps that will guide you through the registration process.

1.Open www.prakerja.go.id on your browser / Go to www.prakerja.go.id

2.Once the website is open, Click “Register now” button

3.Fill in your email address and your password. Put a “check” on the given checkbox. After that, Click “Register” button

4.Open your mail box and find the verification link inside the email sent by prakerja.go id. Once you found the link, click it

5.You have successfully verified your account. Now, it is time for you to log in into your account

6.The next step is to verify your ID card and your birthday. Fill in the data in the given column, after that click “Next”

7.Next, you are required to complete your profile by filling in some personal information and also uploading the picture of your ID card and the picture of you holding the ID card. Please be careful, because this step is irreversible.

8.Once you finished filling the information, put a check on the statement at the bottom of the page and then click “Continue”

9.The last step, you have to verify your phone number. Put your phone number in the box provided on the section, after that the system will send you a verification code. Enter the verification code in the given column and click “Verify”

10.You have successfully registered yourself to kartu Prakerja program

Oke deh sobat, selesai sudah artikel kali ini. Terimakasih sudah membaca tulisan saya hingga akhir, mudah-mudahan bermanfaat ya. Jika sobat tidak keberatan, yuk bagikan artikel ini di facebook atau twitter milikmu, supaya makin banyak orang yang tau tentang program kartu Prakerja ini. Ayo kita dukung program pemberdayaan masyarakat ini demi kemajuan kualitas SDM Indonesia. Tetap semangat dan sampai jumpa lagi dalam artikel menarik lainnya.

Referensi:

  1. Kartu Prakerja – https://www.prakerja.go.id/ – Diakses tanggal 12 April 2020
2 Comments
  1. Piman hura says

    Hai Kak.
    Selamat Pagi.
    Saya mau nanya seputar kartu prakerja ini, mengenai pemilihan pembelajaran pelatiahannya bebas kan gak harus sesuai dengan profesi yang kita miliki saat ini? Misalnya saya sudah lulus kuliah dalam bidang pendidikan namun saya ingin menambah ilmu dengan belajar pelatihan lain. Bolehkah? Apakah dalam hal tersebut kita sudah meningkatkan ketrampilan kita? Mohon sarn dan bantuannya gan.
    Terimakasih

    1. Admin says

      Halo, selamat malam, mohon maaf baru merespon pertanyaannya ya.
      Terkait pertanyaan kamu, jawabannya Iya, kita bisa memilih pelatihan yang kita inginkan secara bebas. Selain itu perlu kamu ketahui juga bahwa kita bisa mengikuti lebih dari satu pelatihan. Btw gimana hasil daftar kartu Prakerja kemarin? semoga lulus ya 😀
      Ayo semangat!! manfaatkan kesempatan ini untuk mengupgrade dirimu 😀

      Salam hangat,
      Admin Bigbanktheories

Leave A Reply

Your email address will not be published.