Zero Conditional Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat


Zero Conditional adalah salah satu jenis Conditional Sentence dalam Bahasa Inggris. Nama lain untuk tipe Conditional yang satu ini adalah Conditional Sentence Type 0. Bagi sobat yang sudah pernah mempelajari materi Conditional Sentence sebelumnya, tentu kamu sudah tidak asing lagi ya dengan istilah “main clause” dan “if clause“. Tapi jika ini adalah kali pertama bagi sobat untuk mengenal Conditional Sentence, maka saya rasa sobat perlu mengawali proses pembelajaran kali ini dengan mempelajari pengertian Conditional Sentence secara umum terlebih dahulu.

Conditional Sentence adalah kalimat yang membicarakan suatu keadaan yang menjadi syarat untuk terjadinya kejadian lain. Contoh sederhana misalnya saat kita mengatakan bahwa “jika hujan maka tanahnya akan basah“. Pola seperti inilah yang kita sebut dengan Conditional Sentence. Nah, karena tadi disebutkan bahwa ada dua hal yang dibicarakan dalam sebuah Conditional Sentence, maka dalam struktur kalimat atau rumus Conditional Sentence pun ada dua bagian yaitu “main clause” atau klausa utama dan “if clause” yang merupakan sebuah dependent clause. Dalam kesempatan kali ini, kita akan mempelajari secara khusus salah satu jenis Conditional Sentence yaitu Zero Conditional atau Conditional Sentence Type 0. Silahkan simak selengkapnya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian Zero Conditional

Penjelasan Dan Contoh Kalimat Zero Conditional

Pengertian Zero Conditional (Conditional Sentence Type 0)

Zero Conditional adalah pola kalimat yang digunakan saat kondisi yang menjadi syarat dan dampaknya adalah hal yang pasti terjadi. Misalnya saja seperti contoh yang saya sebutkan di atas, “jika hujan maka tanahnya basah“, hal ini merupakan sebuah kepastian, karena kalau hujan turun, tentu tanahnya sudah pasti akan basah. Hal seperti inilah yang kita bicarakan dalam sebuah Conditional Sentence Type 0.

Related: Embedded Question Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Contoh: If you freeze water, it turns to ice. (Jika kamu membekukan air, air itu berubah jadi es.)

Dengan mengamati contoh di atas, saya yakin sobat semakin paham seperti apa yang dimaksud dengan “kepastian” dalam sebuah Conditional Sentence Type 0 itu. Perubahan dari air menjadi es adalah sebuah fakta ilmiah yang artinya hal itu 100% pasti terjadi. Oleh karena itu, salah satu hal yang paling sering dibicarakan dalam Zero Conditional adalah scientific fact atau fakta ilmiah tadi sobat, karena tingkat kepastian terjadinya itu 100%. Selain digunakan untuk membahas fakta ilmiah, Zero Conditional juga bisa digunakan untuk membahas general truth (kebenaran umum), dan juga habitual activity (kegiatan yang berupa kebiasaan).

Karena yang dibahas dalam Conditional Sentence Type 0 ini adalah hal yang pasti terjadi, maka unsur yang muncul dalam pola kalimat atau rumusnya adalah Simple Present Tense. Hal ini berlaku untuk kedua sisi klausa (main clause dan juga if clause).

Perlu sobat ketahui juga bahwa Zero Conditional atau Conditional Sentence Type 0 ini bisa juga menggunakan bentuk Imperative Sentence (kalimat perintah) pada bagian “main clause” nya sedangkan pada bagian “If clause” nya tetap menggunakan Simple Present Tense.

Contoh: If you don’t feel well, go to the doctor. (Jika kamu merasa tidak enak badan, pergilah ke dokter.)

Jika kita rangkum, maka pola kalimat atau rumus Conditional Sentence Type 0 adalah sebagai berikut:

Rumus 1: If + Simple Present Tense, Simple Present Tense

Rumus 2: If + Simple Present Tense, Imperative Sentence

Rumus Zero Conditional (Conditional Sentence Type 0)

Rumus Conditional Sentence Type 0 adalah seperti yang kita rangkum di atas, sedangkan untuk rinciannya adalah sebagai berikut:

Rumus: If + Simple Present Tense, Simple Present Tense

Rincian: If + Subject + Verb 1, Subject + Verb 1

Struktur kalimat ini bisa kita balik. Dengan begitu, kita bisa menempatkan main clause di depan, baru kemudian diikuti oleh if clause. Jika kita balik, maka polanya akan jadi seperti ini:

Rumus: Simple Present Tense + if + Simple Present Tense

Rincian: Subject + Verb 1 + if + Subject + Verb 1

Itulah tadi pola kalimat Zero Conditional. Catatan Penting! Dalam Conditional Sentence Type 0 ini, kata “Ifbisa digantikan dengan kata “When” kapanpun, dengan tidak mengubah arti kalimatnya.

Contoh Zero Conditional (Conditional Sentence Type 0)

Berikut ini contoh – contoh kalimat Zero Conditional dikelompokkan berdasarkan jenis kejadiannya.

Contoh Kalimat Zero Conditional Tentang Scientific Fact

If you freeze water, it turns to ice.

When you heat ice, it melts.

Does water turn to ice, when you freeze it?

Does ice melt, if you heat it?

When you mix blue and red, you get purple.

Wood doesn’t burn, if there is no air.

When we burn paper, it turns to ash.

Contoh Kalimat Zero Conditional Tentang General Truth

If babies are hungry, they cry.

Snakes bite, if they are scared.

The grass gets wet, if it rains.

It is easier to sleep, if you are not stressed.

If unemployment number rises, people tend to stay in their present jobs.

Contoh Kalimat Zero Conditional Tentang Habitual Activity

I play chess, if I don’t have any homework.

If my father catch a cold, I usually catch it too.

I always come late to school, if I sleep late at night.

When she comes to my house, she always brings Pizza.

If I miss her, I call her.

Baca Juga: 25 Contoh Conditional Sentence Type 0 (Zero Conditional)

Materi Zero Conditional sudah selesai kita bahas, semoga penjelasan dalam artikel ini bisa dengan mudah dimengerti. Tim bigbanktheories.com telah menyediakan beberapa contoh kalimat Zero Conditional dengan tujuan agar sobat pembaca dapat memperhatikan dengan baik bentuk kalimat Conditional Sentence Type 0 ini. Hingga nantinya setelah membaca artikel ini, kalian diharapkan bisa mengembangkan contoh kalimat Zero Conditional mu sendiri. Terimakasih kunjungannya dan sampai jumpa.

Referensi :

  1. The Zero Conditional – http://www.perfect-english-grammar.com/zero-conditional.html – Diakses tanggal 17 Juni 2016
  2. Zero Conditional – http://www.edufind.com/english-grammar/zero-conditional/ – Diakses tanggal 17 Juni 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *