You And I Atau You And Me Manakah Yang Benar ?


Antara “you and I” atau “you and me” manakah yang menurutmu merupakan ungkapan yang tepat untuk digunakan dalam Bahasa Inggris ? Kita tentunya sudah mengetahui dengan baik perbedaan antara “I” dan “Me”, namun memang masih banyak yang kebingungan jika kita harus mengungkapkan atau menggunakan kedua kata diatas bersamaan dengan orang lain (other person), misalnya saja saat kita ingin mengungkapkan “Ayahku dan aku”, sebagian besar orang mulai bingung disini, apakah “My father and I” ataukah “My father and me” yang benar. Kebingungan ini pun umum terjadi dalam menentukan manakah yang benar antara “you and I” atau “you and me”. Berikut ini adalah penjelasannya. – Bigbanktheories.com

Penggunaan You And I

You And I Atau You And Me

Penggunaan You And I Dan You And Me

Penjelasan tentang penggunaan “you and I” dan juga “you and me” akan kami berikan secara bertahap dalam artikel ini. Tujuannya adalah agar sobat benar benar mengerti perbedaan antara you and I dan you and me, karena keduanya adalah bentuk yang benar namun penggunaannya memang berbeda.

Ayo ingat lagi materi tentang Pronoun dalam Bahasa Inggris. Dalam materi tersebut, pastinya sobat masih ingat ya perubahan pronoun dari posisi Subjek ke posisi Objek. Nah, ingatlah lagi bahwa “I” merupakan bentuk pronoun di posisi “Subjek”, sedangkan “Me” merupakan bentuk perubahannya dalam posisi “Objek”. Ingat lagi penjelasan subjek dan objek kalimat. Sekarang ayo kita perhatikan contoh kalimat berikut ini.

Related: Perbedaan Dan Penggunaan Until Vs Till Dalam Kalimat

I love you. (Benar)

Me love you. (Salah)

Lihat, disini kita benar benar bisa melihat apa yang dimaksud dengan “I” merupakan pronoun di posisi subjek ya. Dalam kalimat di atas, subjek “I” lah yang melakukan kata kerja “love” terhadap objek “you”. Nah bagaimana dengan contoh penggunaan “Me” ?

She loves I. (Salah)

She loves me. (Benar)

Bagaimana ? jadi lebih jelas kan. Dalam kalimat ini, subjek atau pelaku adalah “She”, dan kata kerja atau tindakan nya adalah “love” sedangkan yang terkena dampak dari tindakan subjek dan merupakan objek kalimat tersebut adalah “me”, kata “I” tidak tepat digunakan disini.

Sejauh ini bisa dipahami ya sobat. Jadi bagaimana cara membedakan penggunaan “you and I” dan juga “you and me” ? Jawabannya mudah sekali sobat, kuncinya tetap sama seperti penjelasan diatas, “you and I” digunakan dalam posisi subjek (pelaku kata kerja), sedangkan “you and me” dipakai dalam posisi objek (penerima dampak kata kerja).

Penggunaan You And Me

You And Me

Masih belum ngerti nih Bang, jelasin dong hehe. Oke ayo kita pelajari lebih detil dengan contoh berikut ini.

You and I should go to the hospital. (Benar / Salah)

You and me should go to the hospital. (Benar / Salah)

Coba pilih mana yang benar, bingung kan? Hehe bagus deh, berarti sekarang kamu sudah lebih berhati hati dalam menentukan benar atau salahnya antara kedua kalimat diatas. Ada cara mudah nih untuk tau mana pola yang benar untuk kalimat diatas. Caranya adalah dengan memisahkan kalimat tersebut menjadi dua kalimat. Ayoo kita coba dengan kalimat pertama.

Kalimat 1 : You and I should go to the hospital.

You should go to the hospital. (Benar)

I should go to the hospital. (Benar)

Kalimat 2 : You and me should go to the hospital.

You should go to the hospital. (Benar)

Me should go to the hospital. (Salah)

Nah, jadi ketauan kan yang mana yang salah, kalimat kedua lah yang tidak tepat, karena yang dibutuhkan dalam contoh kalimat diatas adalah bentuk pronoun di posisi “subjek”. Nah sekarang kita lihat contoh lainnya.

Anita will invite you and I. (Benar / Salah)

Anita will invite you and me. (Benar / Salah)

Sekarang bagaimana dengan kalimat ini ? saya yakin langsung pada tau deh, cara mengeceknya sama saja seperti diatas. Ayo kita coba lakukan bersama sama.

Kalimat 1 : Anita will invite you and I.

Anita will invite you. (Benar)

Anita will invite I. (Salah)

Kalimat 2 : Anita will invite you and me.

Anita will invite you. (Benar)

Anita will invite me. (Benar)

Mengapa kalimat kedua yang benar? Karena dalam kalimat ini yang dibutuhkan adalah pronoun di posisi objek. Jika kita perhatikan dengan baik baik, subjek atau pelaku dalam kalimat ini adalah “Anita”, sedangkan “you and me” adalah objek yang menerima akibat dari tindakan subjek.

Sampai disini tentunya kamu sudah semakin mengerti ya. Nah mudah kan ternyata mengetahui perbedaan You and I dan You and Me. Sekarang kamu tidak bingung lagi manakah yang benar antara You and I atau You and Me, karena keduanya sama sama benar, hanya pemakaiannya saja yang berbeda dalam kalimat. Sampai disini artikel kita kali ini, kami mohon maaf bila ada kekurangan dalam penjelasan ini, sampai jumpa.

Simpan

2 THOUGHTS ON “You And I Atau You And Me Manakah Yang Benar ?”

  1. Seru belajar nya … Sip


    1. Wah seneng deh kalau ada yang suka belajar disini, terimakasih kunjungannya Novi, baca artikel terbaru kita juga ya tentang perbedaan Clean dan Clear.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *