Verbal Phrase Dalam Bahasa Inggris Dan Jenis Jenisnya


Verbal adalah bentuk kata kerja yang berfungsi sebagai Part of Speech lain dalam suatu kalimat. Apa maksudnya ? maksud pernyataan diatas adalah, sebuah verbal dalam kalimat tidak berfungsi sebagai kata kerja atau verb, namun berfungsi sebagai part of speech yg lain seperti adjective, noun atau pun adverb.

Sedangkan verbal phrase adalah frasa atau kumpulan kata yang terdiri dari verbal dan bentuk bentuk modifier, object, atau complement. Modifier disini biasanya dapat berupa adjective ataupun adverb yang membatasi, menerangkan ataupun memberikan penambahan kualitas terhadap makna elemen lain dalam sebuah kalimat. Ada tiga jenis verbal phrase yaitu participial phrase, gerund phrase, dan infinitive phrase. Mari kita pelajari satu persatu verbal phrase dan macam macam nya ini. – Bigbanktheories.com

Macam Macam Verbal Phrase

Verbal Phrase Dalam Bahasa Inggris

Macam Macam Verbal Phrase Dan Contoh Kalimatnya

Berikut ini adalah jenis dari verbal phrase beserta fungsi dan contoh penggunaannya dalam kalimat. Bacalah perlahan lahan supaya kamu bisa memahami materi ini, karena penjelasan dalam materi ini tergolong cukup kompleks.

Related: Bingung Saat Ketemu Soal Kalimat Aktif Dan Pasif? Baca Ini

Participial Phrases

Participial phrases adalah jenis verbal phrase yang berfungsi sebagai adjective dalam suatu kalimat, terdiri dari present participle atau past participle dan juga bentuk bentuk modifier, object atau complement. Berikut ini contoh kalimat dengan menggunakan participial phrase.

The woman standing at the door is my mother.

( Wanita yang berdiri dekat pintu itu adalah Ibu saya. )

Keterangan :

Standing = present participle

At the door = modifier

Gerund Phrases

Gerund phrase adalah jenis verbal phrase yang berfungsi sebagai noun dalam suatu kalimat. Frase ini mengandung verb yang berakhiran –ing, dan juga modifier, object atau complement. Gerund phrase ini bisa menempati posisi subject ataupun object dari verb. Perhatikan contoh kalimat gerund phrase berikut ini.

Acquiring a language in a short time is not easy.

( Menguasai sebuah bahasa dalam waktu singkat tidaklah mudah )

Keterangan :

Acquiring = gerund

A language = direct object

In a short time = modifier

Infinitive Phrase

Infinitive phrase adalah jenis verbal phrase yang umumnya berfungsi sebagai noun, namun dapat juga berfungsi sebagai adjective dan adverb. Frasa ini mengandung verbal yang terdiri dari kata “to” diikuti oleh sebuah verb dan modifier, object atau complement. Perhatikan contoh dibawah ini.

We must study to pass the national exam.

( Kita harus belajar untuk lulus ujian nasional )

Keterangan :

To pass = infinitive

The national exam = direct object

Selesai deh penjelasan materi Verbal Phrase Dalam Bahasa Inggris Dan Jenisnya. Semoga materi ini bermanfaat bagimu ya sobat. Terimakasih kunjungannya hari ini, semoga kamu selalu bisa mendapatkan pengetahuan baru dengan berkunjung ke website bigbanktheories.com ini. Kami akhiri sampai disini dulu, mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan dalam penjelasan kami, dan jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan langsung lewat kolom komentar.

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *