Tips Dasar Meningkatkan Vocabulary Dengan Cepat Dan Mudah


Seberapa penting sih vocabulary itu? Temen-temen pengen nggak bisa meningkatkan vocabulary dengan cepat? Selama ini saya juga sudah memperhatikan, hampir setiap orang yang belajar Bahasa Inggris pernah mengungkapkan kalau salah satu masalah dalam belajar Bahasa Inggris adalah jumlah vocabulary yang kurang atau terbatas. Karena itulah, banyak banget yang mencari cara atau tips untuk meningkatkan jumlah vocabulary dengan cepat dan mudah. Karena memang benar, kalau vocabulary kita terbatas, kita akan mengalami hambatan dalam beberapa aktivitas seperti memahami isi bacaan, atau bahkan memahami percakapan dalam Bahasa Inggris. Dan bukan hanya dalam hal memahami, tapi ternyata jumlah vocabulary yang terbatas membuat beberapa orang kesulitan untuk mengekspresikan pikirannya dalam Bahasa Inggris, bahkan sebagian besar orang yang merasa kalau vocabularynya kurang merasa malu untuk latihan berbicara dalam Bahasa Inggris.

Wah, kalau memang penguasaan vocabulary itu sangat penting bagi temen-temen, berarti temen-temen memang sangat perlu mengetahui cara atau tips dasar untuk meningkatkan vocabulary dengan cepat dan mudah. Kali ini saya akan membagikan beberapa tips atau langkah-langkah yang bisa temen-temen coba untuk meningkatkan jumlah vocabulary yang temen-temen miliki. Mudah-mudahan dengan mempraktekkan langkah-langkah dibawah ini, jumlah vocabulary yang temen-temen kuasai akan meningkat dengan pesat. – Bigbanktheories.com

Cara Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris

Tips Meningkatkan Vocabulary

Tips Memperbanyak Vocabulary Bahasa Inggris Dengan Cepat

Mengetahui Dan Berlatih Menggunakan Kosakata Umum Dalam Bahasa inggris

Related: 5 Contoh Soal Vocabulary Test SD Yang Mudah Dan Menarik

Sebenarnya sudah ada yang melakukan penelitian tentang kosakata atau vocabulary yang sangat sering digunakan dalam Bahasa Inggris. Dengan megetahui dan berlatih menggunakan kosakata ini akan sangat membantu kita dalam memahami teks ataupun percakapan dalam Bahasa Inggris. Kita juga tentunya akan lebih mudah dalam mengungkapkan ide dalam Bahasa Inggris.

Memilih Kegiatan Belajar Vocabulary Yang Kamu Sukai

Seperti pendapat Albert Einstein, proses belajar seseorang akan maksimal jika dia dalam kondisi senang, nah karena itulah, tugas awal temen-temen dalam belajar vocabulary adalah memilih kegiatan yang menyenangkan bagi temen-temen. Jadi tidak harus selalu menghafal daftar kata-kata setiap hari seperti yang selama ini mungkin sudah diajarkan disekolah. Memang benar menghafal vocabulary akan membantu kita mengingat vocabulary dalam jumlah banyak dalam waktu yang relative singkat, tapi kalu ternyata temen-temen tidak menyukai kegiatan ini, hafalan tersebut biasanya hanya bersifat sementara dan akan hilang. Jadi tentukanlah sendiri, kegiatan apa yang temen-temen suka untuk belajar vocabulary.

Kegiatan yang bisa temen-temen pilih sangat beragam lho, dan bukan berarti harus berbentuk kegiatan belajar dikelas. Temen-temen bisa melakukan hal-hal ringan saja seperti menonton film berbahasa Inggris, mendengar lagu Bahasa Inggris, memberi label Bahasa Inggris untuk setiap benda dirumah, menerjemah cerita pendek, chatting dengan menggunakan Bahasa Inggris, bahkan juga dengan menulis dan latihan berbicara dalam Bahasa Inggris. Nah, nantinya setelah menentukan kegiatan yang akan temen-temen lakukan, cobalah untuk rutin melakukan kegiatan tersebut.

Saat Menemukan Kata Baru Dan Menarik, Carilah Artinya Dan Ucapkan Berulang-Ulang

Biasanya ya temen-temen, kalau saya sedang nonton film dan tiba-tiba saya mendengar sebuah kata yang menurut saya menarik dan saya tidak tau artinya, saya akan langsung mem-pause film itu dan melihat arti katanya di subtitle film. Lalu saya akan memutar ulang atau me-replay bagian yang ada kata baru tersebut dan mengikuti cara mengucapkan kata itu, kemudian saya akan mengulang mengucapkan kata itu sampai beberapa kali sambil mengingat-ingat lagi artinya. Biasanya dengan cara ini, tidak perlu menunggu satu hari bagi saya untuk menguasai kata baru tersebut dan bisa menggunakannya dalam percakapan Bahasa Inggris. Ini serius saya lakukan dan benar-benar membantu perkembangan vocabulary saya selama bertahun-tahun, temen-temen boleh percaya boleh tidak hehe. Tapi ingat kuncinya, saya hanya melakukan tips ini untuk “Kata baru dan menarik” saja, jadi saya tidak melakukan ini untuk semua kata baru lho temen-temen, karena biasanya kalau kata itu tidak menarik bagi saya, saya juga akan sulit untuk mengingat dalam jangka waktu yang lama.

Perhatikan Kalimat Dimana Kata Tersebut Berada, Cobalah Memahami Arti Kalimat Tersebut Secara Keseluruhan

Tau nggak temen-temen alasannya mengapa metode menghafal kosakata kadang sering tidak bisa membantu kita untuk benar-benar bisa menggunakan kosakata atau vocabulary baru baik dalam percakapan ataupun dalam memahami bacaan dalam jangka panjang? Hal ini karena, sebenarnya mempelajari arti kata perkata saja, itu tidak cukup untuk bisa membuat kita menguasai sebuah vocabulary baru, karena kita juga harus mengerti bagaimana penggunaan kata tersebut yang tepat, untuk itulah kita perlu memahami arti kalimat secara keseluruhan dimana kata baru tersebut berada, sehingga kita akan benar-benar mengerti cara menggunakan kata tersebut dan akhirnya akan membuat kita ingat lebih lama.

Contohnya nih temen-temen, waktu itu saya pernah nonton film tentang detektif, dalam film tersebut ada adegan tabrak lari. Dan ternyata kejadian tabrak lari tersebut ada yang menyaksikan. Menurut temen-temen apa sebutan untuk orang yang menyaksikan ini? Apakah “Audience”? nah ternyata saya baru tau dari film tersebut, kalau orang yang menyaksikan kejadian seperti itu disebut “Witness” dna bukan “Audience”. Kalau saya tidak memperhatikan konteks yang sedang terjadi, maka mungkin saya akan menganggap penggunaan kata “Witness” dan “Audience” itu sama saja.

Coba Bayangkan Momen Kamu Menemukan Kata Baru Tersebut, Lalu Ulangi Langkah 3 & 4 Berulang-Ulang Sampai Kamu Yakin Kamu Sudah Menguasai Kata Baru Tersebut.

Pada akhirnya temen-temen, kemajuan atau peningkatan jumlah vocabulary yang kita kuasai tidak tergantung pada seberapa banyak vocabulary yang coba kita hafalkan dalam satu hari, tapi pada seberapa sering kita mengulanginya. Cobalah untuk melakukan beberapa tips belajar vocabulary diatas dan rasakan bahwa vocabulary temen-temen akan meningkat tanpa disadari.

Sampai disini dulu artikel kali ini tentang Tips Dasar Meningkatkan Vocabulary Dengan Cepat Dan Mudah, semoga artikel ini bermanfaat bagi temen-temen yang sangat ingin meningkatkan penguasaan vocabulary Bahasa inggris. Jika temen-temen masih penasaran dengan cara belajar vocabulary, tunggu artikel saya selanjutnya tentang Tips Lanjutan Dalam Meningkatkan Vocabulary. Terimakasih sudah berkunjung lagi ke bigbanktheories.com, semoga temen-temen suka dengan aritkel di website ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

ONE THOUGHTS ON “Tips Dasar Meningkatkan Vocabulary Dengan Cepat Dan Mudah”


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *