Third Person Pronouns Dalam Grammar Bahasa Inggris


Seperti apa sih third person pronouns itu ? Kalau materi Pronoun sih mungkin sobat sudah tau semua ya, nah kalau yang satu ini mungkin masih baru di telinga kita. Jika kita artikan satu satu perkata maka third person pronouns artinya adalah “pronoun orang ketiga”, nah berhubung kita sudah tau bahwa pronoun artinya adalah kata ganti, jadi kita bisa melengkapi terjemahan kita barusan menjadi “kata ganti orang ketiga”. Nah kalau sudah diterjemahkan seperti ini mungkin agak sedikit terbayang ya isi materi kali ini, kita akan membicarakan tentang orang ketiga, hayoo siapa yang pernah jadi orang ketiga hehe. Okedeh, biar nggak berlama lama, langsung aja yuk kita simak penjelasan materi hari ini. – Bigbanktheories.com

Third Person Pronouns List

Third Person Pronouns Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Third Person Pronouns

Dalam tata aturan grammar Bahasa Inggris istilah third person berarti orang lain, jadi yang dimaksud dengan third person pronoun adalah pronoun yang merujuk kepada orang atau benda selain pembicara atau penulis dan pendengar atau pembaca. Dengan kata lain pronoun yang merujuk kepada pembicara atau penulis seperti I, Me, We, Us dan juga pronoun yang merujuk pada pembaca atau pendengar yakni You, bukanlah Third Person Pronouns. Namun saat kamu menggunakan sebuah noun dalam kalimat seperti misalnya “The cat”, inilah yang termasuk kedalam bentuk third person, dan dengan bentuk third person pronoun berupa “It”. Dengan begini personal pronoun dalam Bahasa Inggris bisa kita kelompokkan menjadi 3 jenis yaitu seperti dalam third person pronouns list berikut ini :

First Person : I dan We

Related: Pengertian Object Of Preposition Dan Contoh Penggunaannya

Second Person : You

Third Person : She, He, It, dan They

Third person pronouns ini adalah salah satu bagian penting dalam menulis karena dapat menghindari pengulangan noun dalam kalimat. Kita juga tentunya sudah sangat sering bertemu dengan salah satu bentuk third person pronouns ini dalam berbagai bentuk tulisan ilmiah maupun fiksi baik dalam bentuk buku ataupun artikel online di blog blog berbahasa Inggris. Jika kita kelompokkan lagi kedalam bentuk singular dan plural maka third person pronouns dapat dikelompokkan seperti berikut ini :

Singular Third Person Pronouns : She, He, It, His, Hers, Its, Him, Her, Herself, Himself, Itself

Third Person Plural Pronouns : They, Them, Theirs, Themselves

Subjective Pronouns

Subjective pronouns berfungsi sebagai subject dari sebuah kalimat dan menjadi pelaku aksi atau Verb. Lihat contoh berikut ini :

After dinner, she went to the drugstore.

(Setelah makan malam, dia pergi ke apotik.)

Bisa kita lihat ya sobat, third person pronouns yang sedang digunakan adalah “She”. Dalam contoh di atas, She adalah subject kalimat, inilah yang disebut dengan subjective pronouns.

Objective Pronouns

Objective pronouns berfungsi sebagai object dalam sebuah kalimat dan merupakan penerima aksi dari verb atau preposition. Perhatikan contoh berikut ini :

Rakadus gave him a smartwatch.

(Rakadus memberi dia sebuah smartwatch.)

Nah, terlihat jelas ya sobat bentuk third person pronouns yang sedang kita gunakan adalah “Him”, dan dalam contoh tersebut menjadi penerima aksi dari verb “gave”.

Possessive Pronouns

Saat bentuk possessive pronoun digunakan, biasanya selalu ada sebuah noun yang mengikuti pronoun tersebut. Ini karena possessive pronoun berfungsi untuk menunjukkan kepemilikan atau kepunyaan atas sebuah objek atau suatu hal. Perhatikan contoh berikut ini :

Her brother is a talented chef.

(Saudara laki lakinya adalah seorang koki berbakat.)

Dalam contoh kalimat diatas, pronoun “her” menunjukkan kepemilikan terhadap noun “brother”.)

Gender Distinction Dalam Third Person Pronouns

Sedikit berbeda dengan bentuk first person dan second person, bentuk singular third person pronoun  memiliki keterangan gender atau jenis kelamin. Keterangan gender ini dapat berupa masculine (he, him, his), feminine (she, her, hers) dan juga ada yang bersifat netral atau neuter pronouns (they, them, their).

Segitu aja dulu ya temen temen penjelasan tentang third person pronouns dalam grammar Bahasa Inggris. Mudah mudahan semua pembaca langsung bisa mengerti tentang third person pronouns ini. Selamat malam dan selamat beristirahat, kami tunggu kedatanganmu lagi besok ya sobat, sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *