Ternyata Seperti Ini Run-On Sentences Dalam Bahasa Inggris


Run-on sentences merupakan salah satu kesalahan yang umum terjadi saat pengguna Bahasa Inggris ingin menuangkan ide nya dalam bentuk tulisan. Dan bukan hanya ini saja masalah yang sering muncul saat menulis, namun ada kesalahan umum lainnya yaitu sentence fragment. Kedua macam masalah ini perlu kita perbaiki segera jika muncul dalam hasil tulisan kita. Hal ini sangat penting demi menjaga kualitas hasil tulisan kita serta untuk menghindari kesalahan pemahaman oleh pembaca.

Dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari pengertian run-on sentences dan mengamati beberapa contoh kalimat yang tergolong kedalam kalimat yang run-on, serta mempelajari apa saja yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki run-on sentence yang kita temui. Semoga dengan mempelajari materi kali ini, kamu akan bisa meningkatkan kualitas hasil tulisanmu. – Bigbanktheories.com

Comma Splice And Fused Sentences

Run-On Sentences Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Run-On Sentence

Run-on sentence adalah suatu kesalahan dalam menulis yang sering terjadi, dimana ada sebuah kalimat yang terdiri dari dua independent clause atau lebih tapi tidak terhubung dengan benar. Penyebabnya bisa karena tidak ada conjunction yang tepat, penggunaan punctuation yang tidak tepat, atau bahkan karena sebaiknya kedua independent clause tersebut dipisah dengan period/full stop (tanda titik) agar menjadi dua kalimat (sentence).

Related: Conditional Type 2 Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

Jenis Run-On Sentences

Terdapat dua jenis run-on sentences yaitu comma splice dan fused sentences. Comma splice adalah kesalahan kalimat dimana dua independent clause dipisahkan dengan menggunakan tanda koma (comma) secara tidak tepat karena seharusnya dipisahkan oleh period (tanda titik). Sedangkan fused sentence adalah kesalahan kalimat dimana dua kalimat tergabung menjadi satu tanpa adanya tanda baca (punctuation) diantaranya.

Cara Untuk Memperbaiki Run-On Sentence

Jika kita menemukan run-on sentence pada hasil tulisan kita atau pada bacaan yang kita temui, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah:

Memberi Tanda Titik (Period)

Cara yang mudah untuk memperbaiki sebuah run-on sentence adalah dengan mengubah kedua independent clause tersebut menjadi dua simple sentence dengan cara member tanda titik pada bagian akhir independent clause pertama.

Contohnya :

Run-On Sentences: Rangga is a driver he loves his job.

Correction : Rangga is a driver. He loves his job.

Menggunakan Semicolon (titik koma)

Untuk dua independent clause yang erat kaitannya kita bisa menggunakan tanda baca titik koma (semicolon) untuk memisahkannya.

Contohnya :

Run-On Sentences: That was an impressive performance there was no flaw since the start.

Correction: That was an impressive performance; there was no flaw since the start.

Menambahkan Koma Dan Conjunction

Terkadang yang perlu kita lakukan terhadap sebuah run-on sentence adalah menggabungkannya dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan tanda koma dan conjunction.

Contohnya :

Run-On Sentences: I swept the floor my sister washed the dishes.

Correction: I swept the floor, and my sister washed the dishes.

Mengubah Kedalam Bentuk Complex Sentence

Cara lainnya yang bisa kita lakukan adalah mengubah kalimat run-on yang ada dalam tulisan kita menjadi bentuk complex sentence, dengan cara menambahkan subordinating conjunction di depan salah satu independent clause.

Contohnya :

Run-On Sentences: I don’t like milk tea it is not good for our kidney.

Correction: I don’t like milk tea because it is not good for our kidney.

Okedeh sobat, semoga penjelasan yang kami berikan dalam artikel ini bermanfaat ya bagimu. Kami akhiri sampai disini pembahasan materi kali ini, sampai jumpa lagi di artikel lainnya. Kami mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam materi yang kami sajikan.

Referensi :

  1. Pengertian dan Contoh Run-On Sentence – http://www.wordsmile.com/run-on-sentence – Diakses tanggal 18 November 2016
  2. run-on sentence (grammar and usage) – http://grammar.about.com/od/rs/g/runonsentenceterm.htm – Diakses tanggal 18 November 2016

2 THOUGHTS ON “Ternyata Seperti Ini Run-On Sentences Dalam Bahasa Inggris”

  1. Thanks you for this article… Its so help up me to know about writing… Thanks you so much…


    1. You are welcome Ritmanto, I am happy to hear that 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *