Temukan Penjelasan Gerund Terlengkap Serta Contohnya Di Sini


Selamat siang sobat, sebagai pelajar kita pasti sudah pernah mendengar istilah Gerund ya dalam pelajaran Bahasa Inggris di sekolah. Jika saya ingat ingat, sepertinya waktu di tingkat SMA deh saya pertama mengenal materi Gerund ini. Dan jujur saja nih, sebagai pelajar saya dulu bingung lho apa yang dimaksud dengan Gerund itu, apalagi saat belum diberikan penjelasannya. Berkaca dari pengalaman saya, maka sekarang saat saya sudah sedikit lebih mengerti, saya memutuskan untuk menulis sebuah artikel yang berisi penjelasan lengkap tentang Gerund, mulai dari pengertiannya, bagaimana cara membentuknya, hinga berbagai contoh dan penggunaannya dalam kalimat.

Gerund menjadi sebuah materi yang membingungkan bagi pelajar bisa disebabkan karena berbagai hal, namun menurut kami penyebab umum yang mendasari nya adalah karena materi ini belum disampaikan dengan lengkap. Mengapa begitu? Karena sebenarnya selama kita belajar Bahasa Inggris disekolah, kita sudah mengenal bentuk Gerund ini, namun kita juga mengenal istilah lain yang berhubungan dan mirip bentuknya dengan Gerund, seperti misalnya verb –ing dan present participle. Dan selama ini mungkin kita belum mendapat ketegasan tentang batasan mana yang termasuk Gerund dan mana yang bukan. Jika kamu ingin memahami seperti apa Gerund itu sebenarnya, bacalah penjelasan lengkap yang telah kami kemas dengan rapih berikut ini. – Bigbanktheories.com

Memahami Pengertian Gerund Dengan Lengkap

Penjelasan Tentang Gerund Terlengkap Serta Contoh Penggunaannya

Memahami Pengertian Gerund Dengan Lengkap

Gerund merupakan bentuk verb (kata kerja) yang memiliki akhiran –ing, atau biasa kita sebut dengan verb –ing. Kalau begitu, benar dong bahwa verb –ing adalah Gerund? Ya, benar sobat, tapi tidak semuanya, karena bentuk Present Participles juga berupa verb yang berakhiran –ing. Lalu apa dong perbedaan antara Gerund dan Present Participle ini? Jawaban singkat untuk pertanyaan itu adalah pada fungsi keduanya dalam kalimat. Jika kamu ingin tau lebih jauh, bacalah seluruh isi artikel kali ini dengan teliti, jangan terburu buru.

Related: Penjelasan Dan Contoh Homophone Dalam Bahasa Inggris

Kami akan memulai pembahasan kali ini dengan menjelaskan tentang Verbal dalam tata aturan grammar Bahasa Inggris. Taukah kamu apa yang dimaksud dengan verbal itu? Verbal adalah kata yang berasal dari sebuah verb namun tidak berfungsi sebagai verb dalam kalimat. Yang termasuk verbal dalam Bahasa Inggris ada tiga jenis yaitu: Participles (present participle dan past participle), Gerund, dan Infinitive.

Dengan begini kita jadi tau bahwa meski Gerund berasal dari verb, namun fungsinya bukanlah sebagai kata kerja, hal yang sama berlaku juga untuk Present Participle yang bentuknya sama persis dengan Gerund ini. Jadi apa fungsi Gerund dalam kalimat? Ini yang perlu kita catat dan ingat sobat, sebuah Gerund dalam kalimat berfungsi sebagai noun (kata benda). Fungsi inilah nanti yang akan membedakan antara Gerund dengan Present Participle dalam kalimat. Oh ya sobat, perlu kamu ketahui juga, karena keduanya sama sama merupakan verb berakhiran –ing, maka keduanya biasa dikenal juga dengan sebutan –ing form.

Gerund yang berfungsi sebagai sebuah noun dalam kalimat bisa digunakan seperti noun pada umumnya dan bisa menempati berbagai posisi noun dalam kalimat, diantaranya: posisi subject, object, object of preposition, dan juga subject complement.

Tips Dalam Membentuk Sebuah Gerund

Gerund bisa dibentuk dari action verb apa saja. Yang perlu kita lakukan adalah menambahkan akhiran –ing di belakang kata kerja tersebut, misalnya saja kata “Sing” yang berubah menjadi “Singing”. Cukup mudah kan ternyata rumus gerund ini. Tapi ternyata, ada beberapa kata kerja yang mengalami sedikit perubahan saat akan diberi akhiran –ing. Nah, tips berikut ini bisa membantumu supaya lebih mudah dalam membentuk sebuah Gerund.

1.Jika sebuah kata kerja berakhiran huruf “e”, maka hilangkanlah huruf “e” tersebut, baru kemudian tambahkan akhiran –ing. Contohnya: Take menjadi Taking.

2.Jika sebuah kata kerja berakhiran “ie”, maka gantilah huruf “ie” tersebut dengan huruf “y”, baru kemudian tambahkan akhiran –ing. Contohnya: Die menjadi Dying.

3.Jika sebuah kata kerja yang suku kata terakhirnya mengikuti urutan consonant – vowel – consonant, maka huruf terakhirnya digandakan, baru kemudian tambahkan akhiran –ing. Contohnya: Begin menjadi Beginning.

Bagaimana sobat, tidak sulit kan tips yang kami berikan. Oke, sekarang kamu sudah tau pengertian dan juga cara membentuk sebuah Gerund. Nah, di bagian akhir ini, kami akan menampilkan beberapa contoh penggunaan Gerund dalam kalimat yang tepat. Silahkan disimak ya.

Berbagai Contoh Penggunaan Gerund Dalam Kalimat

Jogging is good for our health.

Yoannita loves travelling to rural area.

I enjoy cooking.

My niece’s favorite activity is sleeping.

He is good at painting.

My brother’s routine in the morning is running.

You will get a punishment for faking the teacher’s signature.

Brushing your teeth before you go to bed is a good habit.

I am the best at playing chess.

Sleeping is also important for our body.

Sampai disini bagaimana sobat, apa sekarang kamu sudah bisa memahami materi Gerund dan penggunaannya dalam kalimat? Kami harap sudah ya, namun jika memang ada kesalahan dalam penyampaian kami sehingga menyebabkan sobat jadi kesulitan memahaminya, kami minta maaf dan akan berusaha memperbaikinya. Oh ya, di kesempatan selanjutnya mungkin kami juga akan menyediakan beberapa contoh soal Gerund, supaya sobat bisa menguji sejauh mana pemahamanmu tentang materi ini. Terimakasih banyak atas kunjungannya, jangan lupa baca juga artikel sebelumnya yang berjudul Gerund Phrase Dibahas Lengkap Dengan Arti dan Contohnya. Sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kalimat Gerund – https://www.wordsmile.com/pengertian-penggunaan-contoh-kalimat-gerunds – Diakses tanggal 15 Mei 2017
  2. Gerunds and Infinitives – http://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/verbs/gerunds-and-infinitives/ – Diakses tanggal 15 Mei 2017
  3. The Gerund – English Grammar – http://www.englisch-hilfen.de/en/grammar/gerund.htm – Diakses tanggal 15 Mei 2017
  4. Gerund – http://www.ef.com/english-resources/english-grammar/gerund/ – Diakses tanggal 15 Mei 2017
  5. The Gerund – http://www.chompchomp.com/terms/gerund.htm – Diakses tanggal 15 Mei 2017
  6. Gerunds – https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/627/01/ – Diakses tanggal 15 Mei 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *