Temukan Disini Pembahasan Khusus Tentang Preposition Of Time


Preposition memiliki peranan penting dalam mengenalkan informasi tertentu kepada pembaca atau pendengar. Seperti yang kita semua tau bahwa preposition (kata depan) terbagi menjadi beberapa jenis dan salah satunya adalah preposition of time yang akan kita bahas kali ini.

Meski sudah sangat sering digunakan dalam kalimat, namun terkadang kita masih sering lupa preposition yang mana yang harus kita gunakan. Karena kosakata yang termasuk dalam kategori preposition of time cukup banyak jumlahnya. Naah, buat temen temen yang sedang mencari pengertian ataupun contoh dari preposition of time, kamu datang ke tempat yang tepat, karena dalam artikel kali ini kami akan membahas semuanya secara lengkap. – Bigbanktheories.com

Macam Macam Contoh Preposition Of Time

Preposition Of Time

Pengertian Preposition Of Time

Preposition of time sesuai dengan namanya, merupakan jenis preposition yang kita gunakan untuk mengenalkan informasi yang berupa keterangan waktu. Informasi mengenai waktu ini akan dikemas dalam bentuk prepositional phrase yang terdiri dari preposition of time ditambah dengan noun yang mengikutinya (object of preposition).

Related: Sentence Fragment Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Revisinya

Contoh Preposition Of Time

On – Di / Pada

Kata “On” sebagai preposition of time artinya adalah “Di” atau “Pada”. Umumnya preposition ini digunakan untuk menunjukkan hari atau tanggal. Serta ada tambahan menurut American English kata ini juga digunakan pada hari libur, akhir pekan dan hari raya.

Contoh: On Sunday, On 3 October, On Christmas Day, On Independence Day, On the weekend.

In – Di / Pada / Dalam / Selama

Kata “In” sebagai preposition of time artinya bisa bermacam macam, diantaranya adalah: Di, Pada, Dalam, Selama. Umumnya preposition ini digunakan untuk menunjukkan bulan, musim, tahun, abad, durasi, jangka waktu yang panjang, jangka waktu mendatang, pagi, siang, sore.

Contoh: in June, in summer, in 1992, in one week, in four months, in the morning.

At – Di / Pada

Kata “At” sebagai preposition of time artinya adalah “Di” atau “Pada”. Umumnya preposition ini digunakan untuk menunjukkan waktu malam, waktu tertentu yang tepat, jam, hari libur dan hari raya.

Contoh: at night, at 7.30 this morning, at 9 o’clock, at new year, at lebaran.

Since – Sejak

Kata “Since” sebagai preposition of time artinya adalah “Sejak”. Dengan melihat artinya kita mungkin bisa menebak penggunaan kata tersebut, yaitu untuk menunjukkan rentang waktu dari satu titik tertentu hingga saat ini atau hingga suatu saat di titik yang lain.

Contoh: since 1992

For – Selama

Kata “For” sebagai preposition of time artinya adalah “Selama”. Sesuai dengan artinya, umumnya kata “For” digunakan untuk menunjukkan jumlah atau durasi waktu.

Contoh: for a year

Ago – yang lalu

Kata “Ago” sebagai preposition of time artinya adalah “yang lalu”. Kata ini digunakan untuk menunjukkan waktu di masa lampau.

Contoh: 60 million years ago

Before – Sebelum

Kata “Before” artinya sebelum. Kata ini digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu yang lebih dulu terjadi.

Contoh: before my birthday

After – Sesudah

Kata “After” artinya sesudah. Kata ini digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu yang terjadi kemudian setelah hal lain terjadi.

Contoh: after dinner

Past – Lewat

Kata “Past” artinya lewat. Kata ini digunakan untuk memberitahukan waktu.

Contoh: ten past eight

From – Dari / Mulai / Sejak

Kata “From” artinya Dari, Mulai atau Sejak. Umumnya digunakan untuk menunjukkan kapan sesuatu dimulai.

Contoh: The Cinema is open from 10.00 to 22.00 everyday.

Until / Till – Hingga

Kata “Until / Till maknanya sama yaitu “Hingga”. Contoh penggunaannya sebagai berikut.

Contoh: We waited until she came.

By – Menjelang / Pada / Sebelum Waktu

Kata “By” artinya seperti yang kami sebutkan diatas.

Contoh: by the end of this year.

During – Selama

Berikut contoh penggunaan kata during dalam kalimat.

Contoh: during my flight to Australia

Over – Selama (jangka waktu keseluruhan)

Contoh: over the week

Oke, itulah tadi sobat sekilas ulasan singkat dari kami seputar preposition of time, semoga bermanfaat dan bisa dipahami dengan mudah. Masih banyak lagi contoh preposition of time yang lainnya yang bisa kamu gunakan dalam kalimat. Terimakasih kunjungannya hari ini dan sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Prepositions of Time – at, in, on – https://www.englishclub.com/grammar/prepositions-at-in-on-time.htm – Diakses tanggal 21 Desember 2016
  2. Prepositions Of Time – http://www.myenglishpages.com/site_php_files/grammar-lesson-prepositions-time.php – Diakses tanggal 21 Desember 2016
  3. Pengertian Dan Contoh Kalimat Preposition Of Time – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-preposition-of-time – Diakses Tanggal 21 Desember 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *