Temukan Di Sini Perbedaan Gerund Dan Present Participle


Halo sobat, dalam kesempatan kali ini kita akan mempelajari bersama perbedaan antara Gerund dan Present Participle. Menurut kami, materi ini sangat penting untuk dibahas dan di pelajari dengan serius, karena masih banyak lho yang bingung tentang perbedaan keduanya, bahkan jika dilihat dari pengalaman saya selama belajar Bahasa Inggris, mungkin masih banyak yang belum tau apa itu Present Participle, karena setiap kata berakhiran –ing selalu disebut dengan Gerund atau terkadang disebut Verb –ing. Jadi wajar saja kalau banyak yang menganggap Gerund sama dengan Verb –ing, dan tidak tau bahwa Present Participle itu ada.

Jadi Gerund dan Present Participle itu sama sama –ing form ya? Jawabannya, Ya tepat sekali sobat. Kalau begitu apa dong bedanya? dan kenapa harus ada dua istilah? Kan jadi membingungkan, hehe justru itulah pokok materi yang akan kita bahas kali ini sobat. Sebenarnya tidak sulit kok memahaminya, Nah, daripada kamu bingung terlalu lama, yuk temukan dalam artikel ini penjelasan lengkap tentang perbedaan antara Gerund dan Present Participle dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Gerund Dan Present Participle Dalam Kalimat

Perbedaan Gerund dan Present Participle

Perbedaan Antara Gerund dan Present Participle

Ada dua kemungkinan yang terbentuk saat sebuah verb (kata kerja) diberi akhiran –ing yaitu Gerund atau Present Participle. Perbedaan antara keduanya terletak pada fungsi nya dalam kalimat. Sebenarnya jika kita sudah terbiasa berinteraksi dengan Bahasa Inggris setiap hari, maka kita akan dengan sendirinya mampu beradaptasi dengan penggunaan –ing form seperti ini, namun dengan mempelajarinya secara khusus tentu akan sangat membantu kita agar bisa menggunakan kedua bentuk tadi dengan lancar. Berikut ini adalah penjelasan singkat beserta contoh yang akan membantumu dalam memahami perbedaan antara Gerund dan Present Participle.

Related: Conditional Type 2 Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

Dalam sebuah kalimat, Gerund berfungsi sebagai noun (kata benda). Dengan begini ada beberapa posisi dalam kalimat yang bisa ditempati oleh sebuah Gerund yaitu: subject, object, object of preposition, dan juga subject complement. Sedangkan untuk Present Participle, fungsinya dalam kalimat adalah sebagai verb (kata kerja) atau adjective (kata sifat). Sebagai sebuah verb, Present Participle ini umumnya digunakan dalam membuat bentuk continuous tense atau dengan kata lain menggambarkan situasi progressive. Sebagai sebuah adjective, Present Participle digunakan untuk menjelaskan sebuah noun (kata benda).

Bagaimana sobat, sudah bisa kan sekarang membedakan Gerund dengan Present Participle? Ternyata tidak terlalu sulita ya. Nah, sekarang kita akan melihat beberapa contoh penggunaan Gerund dan juga Present Participle dalam kalimat, agar sobat semakin jelas akan perbedaan keduanya saat sedang digunakan.

Contoh Penggunaan Gerund Dalam Kalimat

Singing is good to reduce stress.

(Menyanyi itu baik untuk mengurangi ketegangan)

Dalam contoh ini Gerund menempati posisi subject dari kalimat tersebut.

I love traveling to a new place.

(Saya senang berjalan jalan ke sebuah tempat yang baru.)

Dalam contoh ini Gerund menempati posisi object.

I am the best at solving puzzle.

(Saya adalah yang terbaik dalam memecahkan teka teki.)

Dalam contoh ini Gerund muncul setelah preposition.

Contoh Penggunaan Present Participle Dalam Kalimat

My father is talking to a stranger.

(Ayah saya sedang berbicara dengan orang asing.)

Dalam contoh ini Present Participle digunakan sebagai sebuah verb dalam present continuous tense.

Fast and Furious 8 is an amazing movie.

(Fast and Furious 8 adalah sebuah pilem yang menakjubkan.)

Dalam contoh ini Present Participle digunakan sebagai sebuah adjective yang menerangkan noun dalam hal ini “movie”.

I don’t want to join any kind of tiring activity like that ever again.

(Saya tidak mau mengikuti segala jenis kegiatan melelahkan seperti itu lagi.)

Dalam contoh ini Present Participle digunakan sebagai sebuah adjective yang menerangkan noun dalam hal ini “activity”.

I was teaching when my mother called me yesterday.

(Saya sedang mengajar ketika ibu saya menelpon saya kemarin.)

Dalam contoh ini Present Participle digunakan sebagai sebuah verb dalam past continuous tense.

Bagaimana sobat, sekarang sudah semakin jelas kan perbedaan antara Gerund dan Present Participle. Nah, sebelum kami akhiri materi kali ini, ada sedikit tambahan yang ingin kami sampaikan yaitu tentang modifier yang bisa kita gunakan bersama Gerund dan Present Participle, yang mungkin akan membantu kita juga dalam membedakan keduanya.

Yang bisa kita gunakan bersama dengan Gerund adalah bentuk Possessive Adjective (my, your, his, her, its, our dan their) serta bentuk Possessive Noun. Pelajari lebih jauh tentang ini dalam artikel yang berjudul Possessive Adjective Serta Penjelasan Dan Contoh Kalimatnya. Sedangkan yang bisa kita gunakan bersama dengan Present Participle adalah adverb of degree (very, so, extremely) atau pun kata “More” dan “Most” jika ingin membuat bentuk comparative dan superlative degree nya.

Itulah tadi sedikit tambahan dari kami berkaitan dengan Gerund dan Participle, semoga bermanfaat. Terimakasih banyak atas kunjungannya hari ini, kami tunggu kunjunganmu selanjutnya. Sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Perbedaan antara Gerund dan Present Participle – https://www.wordsmile.com/perbedaan-antara-gerund-present-participle – Diakses tanggal 1 Mei 2017
  2. The -Ing Forms – http://www.ef.com/english-resources/english-grammar/ing-forms/ – Diakses tanggal 1 Mei 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *