Temukan Di Sini Cara Memahami Perbedaan Kata Lay Dan Lie


Kata Lay dan Lie hingga kini masih menjadi kata yang membingungkan dan sulit untuk dibedakan bagi sebagian orang. Perbedaan antara kedua kata tersebut bisa dibilang cukup rumit, namun jika sekali saja sobat sudah bisa memahami perbedaan Lay dan Lie ini, maka penggunaan kedua kata ini akan menjadi mudah lho.

Di dalam artikel ini, kami berusaha menampilkan penjelasan serta contoh tentang penggunaan kata Lay dan Lie. Jadi jika kamu adalah salah seorang yang masih bingung tentang kedua kata ini, coba baca dan temukan cara memahami perbedaan kata Lay dan Lie di sini. Selamat belajar dan semoga artikel ini bisa membantu. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Lay Dan Lie

Cara Memahami Perbedaan Kata Lay Dan Lie

Memahami Perbedaan Lay dan Lie

Saat membahas perbedaan Lay dan Lie, sebenarnya kita sedang membicarakan tentang 3 kata. Berikut ini adalah arti masing masing kata tersebut:

Related: Pengertian Dan Penggunaan Sorta Dalam Bahasa Inggris

Lay artinya meletakkan (to put down or to set something in a resting position).

Lie artinya bohong (to tell a falsehood)

Lie artinya berbaring / bersandar (to recline)

Nah, ternyata ada tiga kata ya yang kita bahas, terlihat seperti dua kata karena ada kata yang bentuknya sama, namun makna nya berbeda jauh yaitu “Lie”.

Perlu kita ketahui bahwa, meskipun kata Lay dan Lie memiliki banyak makna, namun pada umumnya yang menyebabkan kebingungan itu adalah saat kata Lie bermakna bersandar / berbaring (to recline), dengan kata Lay yang bermakna meletakkan (to put down).

Hal ini mungkin saja disebabkan oleh kemiripan bentuk verb 2 dari Lie dengan bentuk verb 1 dari Lay, sehingga sulit dibedakan. Coba deh perhatikan bentuk perubahan kedua verb itu dibawah ini:

Verb 1 / Verb 2 / Verb 3

Lay / Laid / Laid

Lie / Lay / Lain

Bagaimana? Sama kan? Jadi wajar saja dong kalau banyak yang bingung dalam membedakan penggunaan kata Lay dan Lie yang tepat dalam kalimat.

Hmm sebenarnya, ada cara yang mudah sih untuk mengingat perbedaannya. Cobe deh kita ingat, kata Lay kan artinya meletakkan sesuatu, berarti kata ini akan membutuhkan sebuah object. Nah, ini berbeda dengan kata Lie yang artinya berbaring, kata Lie ini tidak membutuhkan object. Misalnya saja, kamu bisa bilang “I lay a book on the desk” atau “I lay a T-shirt on the bed” dan sebagainya. Namun saat misalnya kamu sedang kelelahan, kamu bisa saja “lie down” atau berbaring, tapi kamu tidak bisa bilang “lie a pen”. Gimana, bisa dipahami kan? Sip deh, sekarang kamu sudah tau perbedaan Lay dan Lie. Ayo kita lanjutkan.

Laying Atau Lying

Mana yang benar Laying atau Lying? Jawabannya, keduanya benar hehe, tapi tentu berbeda. Beginilah perbedaan keduanya:

Laying merupakan bentuk present participle dari Lay yang artinya meletakkan.

Lying merupakan bentuk present participle dari Lie yang artinya berbohong / berbaring / bersandar.

Perhatikan contoh penggunaan Laying dan Lying dalam kalimat berikut ini:

I am tired, so I am lying on the floor.

He didn’t know that I was watching when he was laying the firework on the cupboard.

Itulah tadi sobat sedikit ulasan tentang perbedaan Laying dan Lying. Selanjutnya kamu akan membahas sebuah expression atau ungkapan yang cukup terkenal dan menggunakan kata Lay, yaitu “Lay Eggs”.

Taukah kamu apa arti expression “Lay Eggs” ?

Dalam Bahasa Inggris expression Lay Eggs digunakan untuk menyebut istilah “bertelur”. Jadi sekali lagi, arti Lay Eggs adalah bertelur. Contoh penggunaan expression ini dalam kalimat misalnya:

A gecko can lay 3 to 5 eggs.

Bagaimana sobat? Bisa dipahami ya. Selanjutnya kita akan melihat beberapa contoh penggunaan kata Lay dan Lie dalam kalimat.

Contoh Kalimat Lay dan Lie

My mother lay the napkin on the table.

(Ibuku meletakkan serbet di atas meja.)

Miranda lay the frying pan on the stove.

(Miranda meletakkan panic penggorengan di atas kompor.)

Sometimes we decided to lie to get out of trouble.

(Terkadang kita memutuskan untuk berbohong untuk keluar dari masalah.)

You can always lie on my shoulder.

(Kamu selalu bisa bersandar di bahuku.)

Oke deh sobat, sampai disini pembahasan materi Bahasa Inggris tentang perbedaan Lay dan Lie, semoga bisa dipahami. Terimakasih untuk kunjungannya, sampai jumpa dalam artikel lainnya dan tetap semangat dalam belajar.

Referensi:

  1. Lay vs. Lie – http://grammarist.com/usage/lay-lie/ – Diakses tanggal 31 Januari 2017
  2. Laying vs. Lying (and Lay vs. Lie) – What’s the Difference? – https://www.grammarly.com/blog/lay-lie/ – Diakses tanggal 31 Januari 2017
  3. Perbedaan Antara Lay dan Lie – http://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-lay-lie – Diakses tanggal 31 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *