Subject Verb Agreement Dan Penggunaannya Dalam Kalimat


Tadi malam saat sedang bersantai di kamar, adik saya minta diajarkan tentang Simple Present Tense. Wah saya kagum juga awalnya adik saya mulai rajin belajar nih, eh tapi ternyata adik saya ingin belajar karena hari ini ada ulangan harian Bahasa Inggris di sekolahnya, wah wah sistem kejar tayang ternyata hehe adiknya siapa ya ini.

Akhirnya kami pun mulai belajar. Setelah saya mencoba menjelaskan secara singkat, ternyata muncul pertanyaan dari adik saya, mas kenapa ada kata kerja yang ditambah “s” dan “es” ? memang apa bedanya dengan kata kerja yang lain ? Nah, pastinya sobat tau ya apa yang sedang adik saya tanyakan ini. Jika kita sudah pernah mempelajari tenses simple present kita tentunya tau bahwa ada kata kerja yang berubah bentuk dengan mendapat tambahan “s” atau “es” di bagian akhirnya seperti misalnya dari kata “Go” berubah menjadi “Goes”. Dan ini digunakan saat subject nya adalah “She, He, atau It”. Mungkin sobat pernah mendengar guru di sekolah bilang bahwa ini karena “She, He, dan It” suka “S”, mangkanya kata kerjanya berubah hehe.

Ya, apa yang guru kita bilang di sekolah itu tidak salah sobat, namun sebenarnya ada istilah khusus yang digunakan dalam pelajaran Bahasa Inggris untuk permasalahan ini. Inilah yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan Subject – Verb agreement. Apa itu subject – verb agreement ? bagi sobat yang ingin tau, silahkan baca penjelasan dalam artikel ini. – Bigbanktheories.com

Related: Panduan Penggunaan Punctuation Marks Dalam Bahasa Inggris
Subject Verb Agreement Exercises

Subject Verb Agreement

Pengertian Subject – Verb Agreement

Yang dimaksud dengan subject – verb agreement adalah aturan untuk menyesuaikan antara verb dengan subject dalam sebuah kalimat. Prinsip dasar yang digunakan dalam penyesuaian ini adalah “Singular Subject” membutuhkan “Singular Verb”, dan “Plural Subject” membutuhkan “Plural Verb”. Karena ini adalah prinsip dasar dari subject – verb agreement, ayo kita bahas secara rinci.

Singular Subject

Apa yang dimaksud dengan singular subject ? Singular subject artinya subject tunggal, maksudnya disini subject dalam kalimat tersebut hanyalah satu orang. Namun perlu di ingat, yang dihitung sebagai singular subject adalah subject yang termasuk dalam orang ketiga tunggal saja (termasuk pronoun), jadi “I” dan “You” tidak termasuk dalam singular subject. Berikut ini adalah yang termasuk dalam singular subject : Amanda, Kurnia, She, He, It, The cat, The building, dan sebagainya.

Singular Verb

Apa yang dimaksud dengan singular verb ? Singular verb artinya verb tunggal, maksudnya disini adalah bentuk verb yang digunakan khusus untuk subject singular saja. Lalu seperti apa bentuknya singular verb itu ? jika kita perhatikan, umumnya yang sangat terlihat adalah pada tenses simple present. Karena singular verb dalam simple present tense berupa V1 yang mendapat tambahan akhiran “-s / -es”, seperti kata “Go” yang berubah menjadi “Goes”. Sedangkan kalau dalam tenses simple past, bentuk singular verb ini akan terlihat dalam kalimat nominal nya. Yaitu dengan adanya to be “was” untuk singular subject. Berikut ini adalah yang termasuk dalam singular verb : drinks (V1+ s/es), does, is, was, is going to, has, dan sebagainya.

Plural Subject

Apa yang dimaksud dengan plural subject ? Plural subject artinya subject jamak, maksudnya disini adalah subject dalam kalimat tersebut terdiri dari lebih satu orang. Yang termasuk kedalam plural subject adalah sebagai berikut ini : Mr. and Mrs Jack, My sister and I, They, We, dan sebagainya.

Plural Verb

Hampir sama dengan penjelasan di atas, plural verb artinya verb jamak, maksudnya adalah verb yang digunakan khusus untuk subject plural saja. Seperti apa bentuknya plural verb itu ? berlawanan dengan bentuk singular verb, plural verb dalam simple present tense adalah V1 saja tanpa adanya penambahan apa apa, misalnya : go, do, drink, eat dan sebagainya. Untuk di kalimat nominal, to be yang digunakan adalah “are” pada present tense dan “were” pada past tense.

Subject I dan You

Terkhusus untuk kedua subject ini kita menerapkan cara yang berbeda. Walaupun keduanya berbentuk singular, namun mereka akan di pasangkan dengan plural verb jika digunakan dalam kalimat. Tapi jika kalimatnya merupakan kalimat nominal (tidak ada verb), maka dalam present tense “I” akan dipasangkan dengan to be “am” dan “You” dipasangkan dengan “are”. Sedangkan dalam past tense, “I” akan berpasangan dengan “was” dan “you” dengan “were”.

Info Tambahan

Beberapa indefinite pronoun seperti : anyone, everyone, everybody, someone, no one, nobody selalu dianggap singular, untuk itu, gunakanlah singular verb pada kalimat yang menggunakan pronoun tersebut.

Indefinite pronoun “all” dan “some” dapat ditentukan singular atau pluralnya tergantung pada apa yang mereka rujuk. Jika benda yang di rujuk adalah countable noun, maka akan bersifat plural, sebaliknya jika benda yang dirujuk adalah uncountable noun, maka sifatnya singular. Perhatikan dua contoh berikut supaya jelas.

Contohnya :

Some of the chairs are missing.

Some of the money is missing.

Kata “none” dapat bermakna singular ataupun plural, pada umumnya tidak masalah jika kita ingin menggunakannya bersama singular ataupun plural verb, kecuali ada sesuatu yang lain di dalam kalimat tersebut yang menjelaskan jumlahnya.

Contohnya :

None of them claims to be the owner of the dog.

None of them claim to be the owner of the dog.

None of the boys bring their lunch box.

Collective noun seperti : glasses, pants, scissors dan sebagainya dianggap plural, sehingga akan digunakan bersama plural verb juga. Kecuali kata tersebut diawali dengan frasa “pair of” barulah dianggap singular.

Contohnya :

My glasses are on the table.

Nah agar penjelasan diatas lebih mudah dimengerti, ayo kita lihat contoh kalimat subject – verb agreement berikut ini.

Contoh Kalimat Subject – Verb Agreement

Miss Anita is our English teacher.

She goes to school everyday.

Miss Anita and Miss Yuana love their student.

Miss Yuana was sick yesterday.

We went to her house.

Miss Anita is going to go to Miss Yuana’s house tonight.

Bagaimana sobat, mudah kan ternyata penjelasan materi subject – verb agreement dalam Bahasa Inggris itu. Oke, karena kamu sekarang sudah mengerti, tentunya kamu akan lebih lancar ya dalam memilih kata kerja yang tepat untuk melengkapi sebuah kalimat. Saya akhiri dulu artikel kali ini, selamat belajar untuk sobat semua, dan selamat ulangan harian untuk adik saya yang cantik. Sampai jumpa lagi.

Referensi :

  1. Subject – Verb Agreement – http://grammar.ccc.commnet.edu/grammar/sv_agr.htm – Diakses tanggal 5 November 2016
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat Subject-Verb Agreement – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-subject-verb-agreement – Diakses tanggal 5 November 2016

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *