Subject And Predicate Dalam Kalimat Bahasa Inggris


Sebuah kalimat akan selalu memiliki subject dan predicate agar kalimat tersebut utuh dan bermakna. Selain kedua syarat tersebut, sebuah kalimat juga harus diakhiri dengan tanda “titik” atau yang dalam Bahasa Inggrisnya kita kenal dengan istilah “period”, inilah yang selalu ditekankan oleh dosen saya sewaktu saya masih kuliah dulu.

Selama kita mempelajari suatu bahasa, kita tentunya akan selalu berinteraksi dengan kalimat. Baik kalimat tersebut berdiri sendiri ataupun dalam bentuk gabungan kalimat kalimat yang berbentuk paragraf. Oleh karena itulah, memahami pengertian subject dan predicate menjadi sangat penting bagi kita.

Sekarang, ayo kita baca penjelasan tentang subject and predicate dalam kalimat Bahasa Inggris berikut ini. – Bigbanktheories.com

Related: Penjelasan Mudah Tentang Transitive Dan Intransitive Verb
Contoh Subject And Predicate

Subject And Predicate Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Pengertian Subject And Predicate Dalam Kalimat

Yang dimaksud dengan subject dalam suatu kalimat adalah pokok pembicaraan dari kalimat tersebut (apa atau siapa yang sedang dibahas dalam kalimat itu). Subject sebuah kalimat bisa juga diartikan sebagai tokoh yang melakukan tindakan (kata kerja) dalam kalimat, atau bisa disebut pelaku. Subject dapat berupa manusia, benda, dan juga hewan. Contoh subject dalam kalimat misalnya : Andika, Mirna, The rabbit, The chair dan masih banyak lagi yang lainnya.

Yang dimaksud dengan predicate dalam sebuah kalimat adalah bagian dari kalimat yang berfungsi menunjukkan apa yang dilakukan oleh subject atau menerangkan subject kalimat itu. Di dalam predicate inilah terletak verb (kata kerja). Contoh predicate dalam kalimat misalnya :

Andika is clever. – Predicate : is clever

Mirna loves children. – Predicate : loves children

Penjelasan Complete Subject

Complete subject (subjek lengkap) terdiri dari noun (bisa satu atau lebih) atau pronoun, bersama dengan modifier nya (jika ada), yang bisa berupa adjective, prepositional phrase, ataupun article. Selain noun, gerund dan infinitive bisa juga berperan sebagai subject dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris.

Penjelasan Complete Predicate

Yang dimaksud dengan complete predicate (predikat lengkap) dalam sebuah kalimat dapat berupa verb ataupun compound verb beserta tambahan modifier dan complement (jika ada). Modifier disini bisa berupa adverb ataupun prepositional phrase. Sedangkan untuk complement, bisa berupa direct object, dan juga subject complement.

Itulah tadi sobat sedikit ulasan materi yang perlu kita ketahui seputar subject and predicate kalimat dalam Bahasa Inggris. Jika kamu sudah memahami penjelasan di atas, kamu bisa mulai mencoba menganalisa bentuk bentuk subject dan predicate dari kalimat Bahasa Inggris yang kamu jumpai dalam buku cetak Bahasa Inggris di sekolahmu. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di kesempatan lainnya.

Referensi :

  1. Pengertian Dan Contoh Kalimat Subject And Predicate – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-subject-predicate – Diakses tanggal 3 November 2016
  2. Subject And Predicate – http://www.myschoolhouse.com/courses/O/1/55.asp – Diakses tanggal 3 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *