Split Infinitive, Cara Lama Yang Masih Digunakan Hingga Kini


Mungkin kamu belum pernah mendengar istilah ini sebelumnya. Padahal sebenarnya split infinitive sudah ada sejak dahulu dan masih digunakan hingga kini terutama dalam spoken English. Bahkan jika kamu adalah seseorang yang aktif menggunakan Bahasa Inggris dalam komunikasi, mungkin saja kamu secara tidak sadar sebenarnya sudah pernah menggunakannya. Karena split infinitive ini adalah gaya bahasa yang digunakan agar bahasa yang kita gunakan tidak terasa kaku dalam percakapan.

Wah, jadi penasaran nih seperti apa ya split infinitive itu ? dan apa iya kita masih mempertahankan gaya bahasa yang sudah ada sejak zaman dahulu ? Nah, untuk menjawab rasa penasaranmu, langsung saja baca penjelasan berikut ini. – Bigbanktheories.com

Split Infinitive Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Dan Contoh Split Infinitive

Pengertian Split Infinitive Dalam Bahasa Inggris

Walaupun kamu belum tau pengertian split infinitive, tapi saya yakin banget deh, kamu pastinya sudah tau kan apa yang dimaksud dengan infinitive. Ya benar sekali, infinitive adalah bentuk verb dasar dengan tambahan particle “to” di depannya (to + verb). Jadi bisa kita bilang kalau definisi split infinitive itu adalah saat kita men-Split (memisahkan) sebuah infinitive. Split infinitive adalah gaya dalam berbahasa yang sudah ada sejak dahulu tepatnya sejak sekitar tahun 1800 an. Split infinitive terbentuk saat kita memisahkan infinitive dengan menggunakan sebuah adverb. Maksudnya disini adalah, kita bisa meletakkan sebuah adverb diantara “to” dan sebuah “verb” untuk membentuk sebuah split infinitive. Misalnya saja seperti contoh kalimat berikut ini :

Related: Definisi Verbal Noun Dan Contoh Kalimat Terlengkap

You have to scientifically explain your theory.

Sebenarnya jika kita menghilangkan adverb dalam kalimat tersebut (scientifically), kalimat tersebut masih akan bermakna lengkap. Namun dengan penambahan adverb, kalimat tersebut terdengar lebih luwes. Selain itu, split infinitive seperti contoh di atas, tidak hanya menambah style saja, namun juga memberikan penekanan khusus terhadap kalimat tersebut, dan secara signifikan member makna baru. Mari kita artiken bersama kalimat tersebut dengan dan tanpa split infinitive.

You have to explain your theory. (Kamu harus menjelaskan teori mu.)

You have to scientifically explain your theory. (Kamu harus secara ilmiah menjelaskan teorimu.)

Sebagian orang hingga saat ini masih beranggapan bahwa split infinitive secara grammatical salah dan tidak bisa digunakan dalam kondisi bagaimanapun. Tapi dalam kenyataannya tidak sedikit juga yang dengan tegas menentang anggapan ini dan masih menggunakan split infinitive secara bebas. Jadi pada akhirnya, sangat disarankan bagi kita untuk menghindari penggunaan split infinitive ini dalam penulisan formal, namun kita tentu tetap bisa menggunakannya secara bebas dalam percakapan.

Contoh Kalimat Split Infinitive

We have to carefully unlock the door.

I have to quickly read the book.

They want to silently go out tonight.

Bagitulah ceritanya sobat tentang split infinitive yang ternyata masih kita pertahankan penggunaannya hingga saat ini. Semoga informasi menarik ini bisa menambah luas wawasanmu, dan juga membuatmu semakin menyukai Bahasa Inggris. Terimakasih banyak untuk kunjungannya hari ini, kami mohon maaf bila website ini masih belum lengkap, kami akan terus berusaha untuk melengkapinya. Sampai jumpa lagi di artikel lainnya.

Referensi :

  1. Split Infinitives – http://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/split-infinitives – Diakses tanggal 7 November 2016
  2. Split Infinitives – https://en.oxforddictionaries.com/grammar/split-infinitives – Diakses tanggal 7 November 2016
  3. Pengertian Dan Contoh Kalimat Split Infinitive – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-split-infinitive – Diakses tanggal 7 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *