Some And Any Serta Aturan Penggunaannya Dalam Bahasa Inggris


Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana kamu ingin menjelaskan sesuatu yang kamu tidak ketahui secara pasti jumlahnya ? Jika pernah, apa yang kamu lakukan saat itu ? Nah, dalam Bahasa Inggris, ada dua kata yang bisa membantu kita dalam menjelaskan sesuatu yang kita tidak tau jumlah pasti nya, kata tersebut adalah “Some” dan “Any”. Dan seperti yang sudah kamu duga, tentu ada perbedaan diantara keduanya. Apa sajakah perbedaan antara kata “Some” dan “Any” ini, dan bagaimanakah aturan penggunaan keduanya dalam kalimat ? Temukan penjelasannya dalam artikel berikut ini. – Bigbanktheories.com

Some And Any Grammar

Perbedaan Some Dan Any

Pengertian Some Dan Any

Kata “Some” dan “Any” saat digunakan dalam kalimat dapat berfungsi sebagai determiner ataupun pronoun, yang digunakan saat pembicara tidak tau secara pasti jumlah noun yang sedang diterangkan atau memang sengaja tidak ingin menyebutkan jumlahnya.

Jika kita terjemahkan dengan menggunakan kamus, kata “Some” artinya sementara / beberapa / sedikit. Sedangkan kata “Any” artinya apa saja / yang mana saja / satu atau beberapa. Namun saat kita sudah menggunakannya dalam kalimat, makna dari kedua kata ini akan menyesuaikan dengan konteks kalimat saat itu.

Related: Kernel Sentence Dalam Bahasa Inggris

Noun yang dapat diterangkan dengan menggunakan kata “Some” dan “Any” bisa berupa countable noun ataupun uncountable noun. Kedua kata ini juga bisa digunakan bersama singular dan juga plural verb dan ini semua akan mengikuti noun (benda) yang digantikannya.

Aturan Penggunaan Kata Some Dan Any Dalam Kalimat

Dalam menggunakan kata “Some” dan “Any” ada aturan yang perlu kita ketahui dan perhatikan. Karena pemakaian kedua kata ini dalam kalimat sebenarnya akan memberikan perbedaan makna yang cukup signifikan. Oleh karena itu, perhatikanlah beberapa peraturan berikut ini :

Gunakanlah kata “some” saat kita ingin membicarakan jumlah yang terbatas dari suatu noun.

Gunakanlah kata “any” saat kita ingin membicarakan jumlah yang tak terbatas dari suatu noun.

Bagaimana sih maksudnya jumlah terbatas dan jumlah tak terbatas dalam peraturan di atas ? Nah untuk membantumu memahami peraturan di atas, ayo perhatikan contoh kalimat berikut ini dengan makna nya.

Contoh Kalimat Some Dan Any

He drinks any kind of booze.

(Dia minum semua jenis minuman beralkohol.)

He doesn’t drink any kind of booze.

(Dia tidak minum jenis minuman beralkohol apapun.)

He drinks some kind of booze.

(Dia minum beberapa jenis minuman beralkohol.)

He doesn’t drink some kind of booze.

(Dia tidak minum beberapa jenis minuman beralkohol.)

Ayo kita pahami contoh kalimat pertama dan kedua yang sama sama menggunakan kata any. Dalam kalimat pertama dinyatakan bahwa si subject meminum semua jenis (unlimited) minuman berakohol, inilah yang dimaksud dengan jumlah yang tak terbatas, karena semua jenis minuman, apapun itu akan diminumnya. Dan dalam kalimat negative nya pada kalimat kedua, dinyatakan bahwa si subject sama sekali tidak meminum minuman beralkohol jenis apapun. Jadi bisa dibilang jika kita menggunakan kata “any” maka ada dua pilihan, yaitu mencakup semua atau tidak sama sekali.

Hal berbeda terjadi dengan kalimat yang menggunakan kata “some”. Bisa kita lihat dari pengertian kalimat nya, bahwa si subject hanya meminum beberapa jenis minuman saja, yang artinya Nampak sekali ada pembatasan disini, yaitu pada jenis minuman tertentu. Begitu juga dalam kalimat negative nya yaitu kalimat ke empat.

Gunakan kata “some” saat kita ingin membuat positive sentences.

Gunakan kata “any” saat kita ingin membuat negative sentences.

Supaya lebih jelas, perhatikanlah contoh kalimat berikut ini :

Contoh Kalimat Some Dan Any

We bring some coffee.

(Kami membawa sedikit kopi.)

There isn’t any coffee left.

(Tidak ada sedikitpun kopi yang tersisa.)

Gunakan kata “some” saat kita ingin membuat sebuah tawaran (offering).

Contohnya : would you like some tea ? (Apakah anda mau the ?)

Gunakan kata “some” saat kita ingin membuat sebuah permintaan (requests)

Contohnya : Can I borrow some money ? (Bolehkah saya meminjam sedikit uang ?)

Gunakan kata “any” saat kita ingin membuat sebuah pertanyaan (questions).

Contohnya : Is there any coffee ? (Apakah masih ada kopi tersisa ?)

Sampai disini dulu ya sobat penjelasan dari kami seputar kata some dan any serta aturan penggunaannya dalam Bahasa Inggris. Kami harap penjelasan dari kami bisa dipahami dengan mudah ya. Oh ya, ada sedikit tambahan, beberapa orang berpendapat kalau penggunaan kata “some” dalam kalimat menandakan bahwa si pembicara mengharapkan jawaban “Yes” karena kita tau bahwa sesuatu itu ada dan bisa kita dapatkan. Hal ini berbeda dengan kata “any” yang memang kita sebagai pembicara benar benar tidak tau apa jawabannya.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih buat semua pengunjung setia bigbanktheories.com, semoga kamu makin pinter dari hari ke hari. Sampai besok, dan sampai jumpa lagi.

Referensi :

  1. Pengertian Dan Contoh Kalimat Penggunaan Some And Any – http://www.wordsmile.com/penggunaan-contoh-kalimat-some-any – Diakses tanggal 9 November 2016
  2. How To Use Some And Any – http://www.ecenglish.com/learnenglish/lessons/how-use-some-and-any – Diakses tanggal 9 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *