Sit Dan Set Itu Berbeda Lho, Baca Disini Penjelasannya


Mulai dari membaca judulnya dan melihat dua kata tersebut mungkin sobat bakalan bilang “ya memang beda lah” hehe saya juga berfikiran begitu tadinya. Tapi saya juga baru tau lho sobat, ternyata banyak sekali lho yang mencari penjelasan sit versus set ini. Awalnya saya juga heran, kenapa harus dijelaskan, padahal kan memang sudah jelas itu dua kata yang berbeda, akhirnya saya memutuskan untuk membaca penjelasan dalam beberapa artikel itu. Dan ternyata yang saya temukan sangat menarik. Ingin tau apa saja yang saya temukan tentang perbedaan sit dan set ? Baca penjelasan berikut ini ya sobat. – Bigbanktheories.com

Sit Versus Set

Perbedaan Kata Sit Dan Set

Sit Versus Set

Kata “Sit” termasuk kedalam intransitive verb (tidak diikuti direct object), sedangkan kata “Set” termasuk kedalam transitive verb (diikuti direct object). Kata “Set” yang membutuhkan object langsung ini bisa diterjemahkan sebagai “meletakkan / mengatur sesuatu”, misalnya saja : I set the novel on the cabinet (saya meletakkan buku diatas lemari kaca). Beberapa hal yang bisa kamu “set” misalnya : time, date, timer, clock dan sebagainya.

Sedangkan untuk kata “Sit” tentunya kamu sudah kenal kata ini sejak SMP ya, atau bahkan SD. Jika kita terjemahkan, maka sit artinya duduk. Berbeda dengan kata “Set”, kata “Sit” ini menceritakan hal yang kita lakukan. Contoh nya : I sit on the floor (saya duduk di lantai).

Related: Pengertian Dan Penggunaan Needa Dalam Bahasa Inggris

Ada cara unik yang saya temukan dalam artikel yang say abaca untuk membantu kita agar lebih mudah mengingat perbedaan sit dan set. Caranya adalah dengan membayangkan kita sedang melatih hewan peliharaan. Sobat pastinya pernah ya menonton di televise, khususnya film Hollywood yang berbahasa Inggris dan ada adegan dimana tokoh dalam film tersebut sedang bermain bersama anjingnya. Perintah perintah seingkat seperti catch (tangkap), run (lari), dan bite (gigit) tentunya sudah tidak asing bukan. Nah salah satu perintah singkat yang paling sering digunakan terhadap anjing adalah “Sit” yaitu perintah untuk membuatanjing tersebut duduk manis. Nah jadi ingatlah, yang digunakan untuk menyuruh anjing peliharaan duduk adalah kata “Sit” bukan kata “Set”.

Belum selesai sampai disini saja sobat, masih ada penjelasan lainnya yaitu tentang kata “Set”. Untuk mengingat arti dan penggunaan kata “Set” kita juga bisa menggunakan contoh yang berhubungan dengan pelatihan hewan peliharaan seperti di atas. Contohnya saja seperti kalimat berikut ini : I set the dog leash on the pole (saya mengikatkan tali kekang anjing itu di tiang).

Bagaimana sobat ? cukup jelas kan materi yang kami bagikan kali ini. Semoga bisa dipahami dengan mudah ya. Kami akhiri dulu sampai disini, semoga bermanfaat bagi kita semua, mohon maaf bila ada kesalahan kata dan kekurangan dalam penjelasan kami kali ini, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi :

  1. Sit Versus Set – http://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/sit-versus-set – Diakses tanggal 11 November 2016
  2. Perbedaan Antara Sit Dan Set – http://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-sit-set – Diakses tanggal 11 November 2016

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *