Singkatan Bahasa Latin Yang Digunakan Dalam Bahasa Inggris


Sobat, taukah kamu kalau ternyata singkatan seperti etc. (et cetera), e.g (exempli gratia) dan juga i.e. (id est) sebenarnya merupakan singkatan dalam Bahasa Latin (latin abbreviations) yang digunakan dalam Bahasa Inggris hingga saat ini? Jika kamu belum tau, saya sangat menyarankan kamu untuk membaca postingan kali ini hingga selesai. Karena ternyata hingga saat ini masih banyak yang menganggap bahwa istilah-istilah seperti yang saya sebutkan di atas merupakan singkatan dari kosakata dalam Bahasa Inggris.

Selain untuk memperluas wawasanmu, pembahasan tentang singkatan Bahasa Latin yang digunakan dalam Bahasa Inggris ini juga bertujuan untuk membantumu agar bisa memahami teks Bahasa Inggris dengan lebih baik, karena tidak bisa kita pungkiri bahwa penggunaan singkatan seperti ini sangat sering kita temui dalam keseharian kita. Bila kita tidak benar-benar paham dari mana asalnya serta apa makna nya, kemungkinan besar kita akan menyalah artikannya atau bahkan salah dalam menggunakannya. Supaya kita bisa meminimalisir kemungkinan itu, pelajarilah penjelasan singkat di bawah ini dengan teliti. – Bigbanktheories.com

Latin Abbreviations

Singkatan Bahasa Latin Yang Digunakan Dalam Bahasa Inggris

Singkatan Bahasa Latin (Latin Abbreviations)

Di bawah ini telah saya siapkan daftar singkatan Bahasa Latin yang masih digunakan dalam Bahasa Inggris hingga saat ini beserta penjelasan singkatnya. Dalam beberapa sumber yang saya temukan, materi yang saya sajikan di bawah ini mereka sebut dengan “List of Common Latin Abbreviations Used in English”. Jika nantinya sobat merasa penjelasan yang saya berikan tidak lengkap, sobat bisa langsung menggunakan kata kunci tersebut untuk mencari sumber yang lebih lengkap di internet, atau kamu bisa juga langsung merujuk ke link referensi yang ada di bagian bawah artikel ini.

Related: Ini Lho Caranya Mengungkapkan Kata Akan Dalam Bahasa Inggris

A.D. – (anno Domini)

Arti: in the year of the Lord – Merupakan hitungan tahun yang dimulai setelah kelahiran Yesus (the birth of Christ). Dalam Bahasa Indonesia kita menganal istilah ini sebagai “tahun masehi” yang disingkat dengan “M”.

A.M. – (ante meridiem)

Arti: before noon / morning – Singkatan ini digunakan dalam penunjukan jam yang dimulai setelah tengah malam, jadi hitungan nya adalah jam 00.00 hingga jam 12 siang.

P.M. – (post meridiem)

Arti: sore dan malam – Sama hal nya dengan penggunaan singkatan A.M. , singkatan ini juga digunakan untuk menunjukkan jam yang dimulai dari jam 12 siang, hingga tengah malam.

Etc. – (et cetera)

Arti: and the rest / and so forth – Singkatan ini biasanya digunakan untuk menunjukkan bahwa ada tambahan dari apa yang sudah dinyatakan. Dalam Bahasa Indonesia kita mengenal istilah “dll” atau “dan lain-lain” yang bisa dibilang memiliki makna yang sama dengan singkatan Etc. ini.

e.g. – (exempli gratia)

Arti: for example – Ini merupakan salah satu singkatan Bahasa Latin yang paling sering kita temui. Singkatan ini digunakan saat kita ingin memberikan contoh dari pernyataan yang kita buat. Dalam Bahasa Indonesia mungkin kita bisa menggunakan “contohnya” atau “misalnya” sebagai ungkapan yang mirip dengan singkatan ini.

i.e. – (id est)

Arti: that is – Dalam Bahasa Indonesia mungkin kita bisa mengatakan “itu adalah” atau “yaitu” ya sebagai ungkapan yang mirip. Singkatan E.G. dan I.E. ternyata merupakan dua singkatan yang sering kali tertukar penggunaannya. Untuk memudahkan sobat mengingat perbedaan antara E.G. dan I.E. , pahami bahwa E.G. digunakan untuk menambahkan contoh, sedangkan I.E. digunakan untuk menambah penjelasan.

c. / ca. / ca / cca. – (circa)

Arti: around / about / approximately – digunakan untuk menunjukkan kisaran tanggal / tahun (waktu). Dalam Bahasa Indonesia mungkin kita bisa mengunakan ungkapan “sekitar” atau “kisaran”.

C.V. / cv / CV – (curriculum vitae)

Arti: course of life – Saat ini diterjemahkan menjadi sebuah dokumen berisi ringkasan atau rincian pengalaman kerja serta latar belakang pendidikan (biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan). Dalam Bahasa Indonesia kita mengenalnya dengan “Daftar Riwayat Hidup”.

et al. – (et alii / et alia / et alibi)

Arti: and others / and co-workers / and other things / and other places – Singkatan ini biasanya akan kita jumpai di bagian daftar pustaka, biasanya muncul saat penulis atau pengarang suatu buku terdiri lebih dari satu orang. Dalam Bahasa Indonesia kita mengenal nya dengan istilah “dkk” yang artinya “dan kawan-kawan”.

id. – (idem)

Arti: the same (man) – Digunakan untuk menghindari pengulangan nama penulis (laki-laki) (dalam kutipan, catatan kaki dsb). Untuk penulis perempuan biasanya digunakan “ead.” Dibaca “eadem”. Istilah ini teryata bisa juga digunakan dalam percakapan untuk menunjukkan sesuatu yang sama dengan yang sudah muncul sebelum nya. Istilah yang mirip dalam Bahasa Indonesia adalah “sda” dibaca “sama dengan atas”.

i.a. – (inter alia)

Arti: among other things – dalam Bahasa Indonesia kita mengenal nya dengan istilah “antara lain”. Digunakan untuk memberikan rincian.

lb. (singular) / lbs. (plural) – (libra)

Arti: scales – Satuan ukur timbangan di negara barat (mengindikasikan masa dalam pound).

M.A. – (Magister Artium)

Arti: Master of Arts – Gelar pascasarjana (S2) yang diberikan oleh universitas di berbagai negara. Mengindikasikan bahwa sang pemegang gelar telah melalui proses studi dalam bidang: seni, ilmu sosial, maupun ilmu keagamaan.

M.O. – (modus operandi)

Arti: method of operating – cara melakukan sesuatu. Kita lebih sering mendengar istilah ini dalam kaitan nya dengan tindakan kriminal yang menunjukkan “cara atau tekhnik si pelaku kejahatan dalam menjalankan kejahatannya.)

N.B. – (nota bene)

Arti: note well – Selama ini saya mengenal singkatan ini sebagai cara yang digunakan seseorang saat ingin menambahkan suatu informasi dalam surat yang ia tulis. Kalau saya pribadi selama ini tau nya arti dari singkatan ini adalah “nambah” hehe. Namun ternyata singkatan ini bisa kita baca sebagai “pay attention” dimana kita meminta pembaca memperhatikan pesan yang ada pada bagian ini.

per cent. – (per centum)

Arti: for each one hundred – inilah asal mula istilah “percent” dalam Bahasa Inggris, yang dalam Bahasa Indonesia kita sebut dengan “persen”.

Ph.D. – (Philosophiae Doctor)

Arti: Doctor of Philosophy – Di Indonesia, gelar ini setara dengan gelar Doktor (S3).

P.S. – (post scriptum)

Arti: after what has been written – Inilah ternyata singkatan yang benar untuk digunakan di bagian akhir surat yang mengindikasikan pesan atau informasi tambahan yang letaknya berada setelah tanda tangan.

R.I.P. – (requiescat in pace / requiescant in pace)

Arti: may he/she rest in peace – Sebenarnye merupakan bentuk doa bagi orang yang sudah meninggal. Biasanya singkatan ini akan di ukir di batu nisan. Saat ini lebih banyak orang yang mengenal R.I.P. sebagai singkatan “Rest In Peace”.

vs. / v. – (versus)

Arti: against – dalam Bahasa Indonesia artinya “melawan”. Biasanya digunakan dalam pertandingan, misalnya Tim A vs. Tim B.

Sobat setia bigbanktheories, itulah tadi beberapa singkatan Bahasa Latin beserta penjelasan singkatnya, saya harap pengetahuan tentang Latin Abbreviations ini bermanfaat bagimu. Sebenarnya masih ada begitu banyak singkatan Bahasa Latin yang lain yang juga masih digunakan dalam Bahasa Inggris hingga saat ini, namun setidaknya 20 contoh yang saya sajikan di atas merupakan yang umum digunakan dalam keseharian kita. Silahkan pelajari lebih jauh tentang materi ini melalui salah satu link referensi di bawah. Sampai jumpa lagi, dan jangan lupa kunjungi juga artikel terbaru saya yang berjudul Catenative Verbs Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya.

Referensi:

  1. List of Latin abbreviations – https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Latin_abbreviations – Diakses tanggal 10 Mei 2019
  2. Common Latin Abbreviations Used in English – https://www.thoughtco.com/useful-common-latin-abbreviations-120581 – Diakses tanggal 10 Mei 2019
  3. Latin Terms and Abbreviations – https://writingcenter.unc.edu/tips-and-tools/latin-terms-and-abbreviations/ – Diakses tanggal 10 Mei 2019
  4. Mengenal Singkatan-Singkatan Populer Bahasa Latin – https://www.bibliotika.com/2017/04/Bahasa-Latin.html – Diakses tanggal 10 Mei 2019
  5. 3 Cara untuk Menggunakan “i.e.” dengan “e.g.” – https://id.wikihow.com/Menggunakan-%22i.e.%22-dengan-%22e.g.%22 – Diakses tanggal 10 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *