Simple Past Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya


Simple Past Tense adalah jenis tenses Bahasa Inggris yang digunakan untuk membicarakan kejadian di masa lalu (past event). Tenses ini merupakan materi awal yang wajib kamu kuasai supaya bisa memahami jenis past tense lainnya yang merupakan pengembangan dari konsep dasar yang ada dalam Simple Past Tense. Jadi, jika sobat sudah bisa menguasai materi kali ini dengan baik, kamu tentunya akan lebih mudah untuk mempelajari jenis tenses lanjutannya.

Untuk membantumu agar lebih mudah dalam mempelajari materi hari ini, saya akan memulai pembahasan di bawah ini dengan definisi atau pengertian Simple Past Tense. Kemudian setelah membahas konsepnya, kita akan melanjutkan dengan pembahasan tentang struktur kalimat atau rumus Simple Past Tense. Setelah itu, baru di bagian akhir kita akan mengamati beberapa contoh kalimat Simple Past Tense. Saya harap dengan urutan yang rapi seperti ini, sobat akan lebih mudah untuk memahami penjelasan materi yang saya sajikan. – Bigbanktheories.com

Simple Past Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya

Simple Past Tense

Simple Past Tense digunakan untuk membicarakan kejadian atau aksi yang telah selesai dan terjadi di masa lampau. Artinya, hal yang kita bicarakan itu bermula di masa lalu dan berakhir di masa lalu juga. Penggunaan Simple Past Tense dalam kalimat juga menunjukkan bahwa sesuatu yang dibicarakan itu sudah tidak berlaku lagi untuk masa kini (present time). Misalnya saja contoh berikut ini:

Related: Present Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya

Contoh: I was a student. (Saya adalah seorang pelajar.) – Tapi “dulu” sekarang “tidak lagi”.

Jika kita bertumpuan dengan hasil terjemahan contoh kalimat di atas, mungkin kita menganggap bahwa subjectIadalah seorang pelajarsaat ini”. Padahal sebenarnya tidak begitu sobat. Contoh kalimat di atas menggunakan pola Simple Past Tense, yang artinya ia membicarakan hal di masa lalu, atau seperti yang saya sebutkan di atas bahwa hal itu “sudah tidak berlaku lagiuntuk masa kini. Jadi intinya, saat ini subject “Isudah bukan seorang pelajar lagi, bisa jadi dia saat ini sudah menjadi seorang guru, atau pengusaha, atau bahkan astronot.

Yang sering saya lakukan saat membahas materi Simple Past Tense adalah menambahkan katadulu” pada hasil terjemahannya. Hal ini saya rasa akan lebih mempermudah siswa untuk memahami konsepnya bahwa hal itutidak lagi berlaku”. Jadi untuk contoh kalimat di atas, saya biasanya akan menerjemahkannya menjadi “Saya dulu adalah seorang pelajar”. Hal ini ternyata juga dilakukan oleh Google Translate lho, kalau penasaran, coba deh buka Google Translate kemudian buat contoh kalimat dalam bentuk Simple Past Tense di kolom terjemahan yang disediakan.

Sampai di sini bisa dipahami kan sobat? Kalau begitu kita lanjutkan dengan membahas rumus Simple Past Tense ya.

Rumus Simple Past Tense

Berikut ini adalah rumus Simple Past Tense. Ikutilah pola yang ada di bawah ini jika kamu ingin membuat kalimat dalam bentuk Simple Past Tense.

Rumus Kalimat Verbal Simple Past Tense (mengandung verb / kata kerja)

(+) Subject + Verb 2 + Object / Complement

Contoh: I went to Pet Shop yesterday.

(-) Subject + did not + Verb 1 + Object / Complement

Contoh: My father did not sleep last night.

(?) Did + Subject + Verb 1 + Object / Complement

Contoh: Did the basketball team win the competition last season?

Rumus Kalimat Nominal Simple Past Tense (tanpa verb / kata kerja)

(+) Subject + To be + Object / Complement

Contoh: Miss Anita was my Biology teacher.

(-) Subject + To be + not + Object / Complement

Contoh: I was not rich ten years ago.

(?) To be + Subject + Object / Complement

Contoh: Were you here yesterday?

Seperti itulah sobat rumus Simple Past Tense dan contoh kalimatnya, sangat mudah kan ternyata. Selanjutnya saya akan membahas sedikit tentang “To be” yang muncul dalam rumus di atas, silahkan disimak.

To Be dalam Simple Past Tense

Bentuk “To be” dalam Simple Past Tense ada dua macam yaitu: was dan were. Penggunaan “To be” ini kita sesuaikan dengan Subject yang kita gunakan dalam kalimat tersebut. Berikut ini adalah pasangan antara subject dengan “To be” nya dalam Simple Past Tense.

I / She / He / ItWas

You / They / WeWere

Bagaimana sobat, gampang sekali kan ternyata. Setelah ini saya yakin sobat semua pasti langsung bisa deh menggunakan Simple Past Tense dengan lancar.

Adverb of Time Dalam Simple Past Tense

Jika sobat perhatikan dari beberapa contoh kalimat Simple Past Tense yang saya tampilkan di atas, saya seringkali menggunakan keterangan waktu di akhir kalimat seperti: yesterday, last night, last season dan juga ten years ago. Hal seperti ini kita kenal dengan istilah Adverb of Time. Dalam Simple Past Tense, ada beberapa adverb of time yang sering sekali digunakan. Perhatikan daftar berikut ini:

Yesterday = Kemarin

Last night = Semalam / Kemarin malam

Two days ago = Dua hari yang lalu

Five weeks ago = Lima minggu yang lalu

Last month = Bulan lalu

Last holiday = Liburan yang lalu

This morning = Pagi ini

In 1992 = pada tahun 1992

An hour ago = Satu jam yang lalu

Sebenarnya masih banyak lagi contoh keterangan waktu yang lainnya, tapi secara garis besar inilah beberapa adverb of time yang sering muncul. Jangan lupa, sobat tentunya bisa memodifikasi contoh di atas dan menghasilkan keterangan waktu yang baru, seperti misalnya menggantilast month” menjadi “last week” dan sebagainya.

Contoh Kalimat Simple Past Tense

Akhirnya kita sampai di bagian akhir materi kali ini. Pada bagian ini saya akan menunjukkan sedikit contoh kalimat Simple Past Tense untuk sobat pelajari. Kenapa hanya sedikit ya? Karena saya sudah menyiapkan artikel khusus untuk hal itu. Tautan atau link menuju artikel tersebut akan saya sediakan di bagian bawah artikel ini.

I made a necklace for you yesterday.

(Saya membuat kalung untukmu kemarin.)

Anggi didn’t come the reunion last year.

(Anggi tidak datang pada reuni tahun lalu.)

Did Mita and Desi tell you about the group assignment?

(Apakah Mita dan Desi memberitahu kamu tentang tugas kelompok itu?)

I was not in my office when the courier arrived.

(Saya tidak ada di kantor saat kurir itu tiba.)

Ted and Jack were in Jakarta last month.

(Ted dan Jack berada di Jakarta bulan lalu.)

Was Mr.Nino your soccer coach?

(Apakah dulu Mr. Nino adalah pelatih sepak bola mu?)

Nah, seperti inilah sobat sekilas contohnya, jika kamu ingin menemukan contoh yang lebih banyak lagi, silahkan langsung kunjungi: 200 Contoh Kalimat Simple Past Tense Terbaru Dan Variatif.

Baca Juga: Coba Taklukin Soal Simple Past Tense Yang Menjebak Ini

Sampai di sini dulu pembahasan materi kita kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih banyak atas kunjungannya kali ini, saya harap sobat memperoleh ilmu baru dalam setiap kunjungan sobat di website ini. Selanjutnya silahkan pelajari Present Perfect Continuous Tense Beserta Rumus Dan Contohnya.

Referensi:

  1. Simple Past Tense | What is the Simple Past Tense? – https://www.grammar-monster.com/glossary/simple_past_tense.htm – Diakses tanggal 2 Agustus 2019
  2. Simple Past Tense – https://www.grammarly.com/blog/simple-past/ – Diakses tanggal 2 Agustus 2019
  3. Simple Past Tense – https://www.ef.co.id/panduan-bahasa-inggris/tata-bahasa-inggris/simple-past-tense/ – Diakses tanggal 2 Agustus 2019
  4. Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Contoh Kalimat Simple Past Tense – https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-simple-past-tense – Diakses tanggal 2 Agustus 2019
  5. Verb 1-2-3 – http://verb123.com/ – Diakses tanggal 2 Agustus 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *