Simple Future Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya


Simple Future Tense itu menurut saya adalah salah satu tenses dalam Bahasa Inggris yang paling mudah untuk dipahami. Kalau sobat belum pernah mempelajari Future Tense ini sebelumnya, maka ini kesempatan yang sangat baik untuk kamu membuktikan bahwa Simple Future Tense itu sangat mudah untuk diingat dan digunakan. Kalau sobat tidak percaya, coba saya tanya deh, kamu pernah dengar penggunaanwill” dan “going to”? Jika iya, maka sebenarnya kamu sudah mengenal dasar dari Simple Future Tense.

Dalam artikel kali ini, kita tidak hanya akan membahas pengertian Simple Future Tense dalam Bahasa Inggris saja sobat. Namun kita juga akan mempelajari rumus atau pola kalimatnya dan tidak ketinggalan various example of Simple Future Tense atau dalam Bahasa Indonesianya berbagai contoh kalimat Simple Future Tense, mulai dari kalimat positive, negative dan juga interrogative. Wah, pasti materi kali ini akan seru banget untuk dipelajari ya. Kalau begitu, yuk langsung kita mulai. – Bigbanktheories.com

Simple Future Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya

Simple Future Tense

Simple Future Tense adalah bentuk tenses yang kita gunakan saat kita membicarakan hal-hal yang belum terjadi. Sebagian orang menyatakan bahwa tenses ini digunakan untuk membicarakan hal yang terjadi di masa depan dan menurut saya hal ini tidak salah. Namun kalau saya pribadi lebih memilih menggunakan definisi yang saya sebutkan di awal yaitu tenses yang membahas hal yang belum terjadi. Mengapa? Alasan saya karena kejadian di masa depan masih mungkin tidak terlaksana, jadi kalau kita mengatakan bahwa tenses ini berfungsi untuk membicarakan hal yang terjadi di masa depan, rasanya kita melewatkan kemungkinan bahwa hal itu “gagal” atau “tidak jadi” terlaksana.

Related: Ini Soal Present Continuous Tense Paling Mudah, Yakin Bisa?

Ada pula sebagian orang yang meyakini bahwa Simple Future Tense digunakan untuk membicarakan rencana di masa depan. Saya juga setuju dengan hal ini, namun apakah semua hal di masa depan adalah sebuah rencana? Ini merupakan salah satu hal yang bisa kita ungkapkan dengan menggunakan pola Simple Future Tense. Singkatnya, Simple Future Tense itu sebenarnya memegang berbagai fungsi atau kegunaan. Tapi satu hal yang pasti, apapun yang dibicarakan dengan menggunakan Simple Future Tense adalah hal yang belum terjadi.

Contoh: I will be a pilot one day. (Saya akan menjadi seorang pilot suatu hari nanti.)

Kalimat di atas merupakan contoh Simple Future Tense. Dari contoh itu kita bisa lihat ya bahwa yang di ungkapkan subject adalah berupa bayangan dia akan masa depannya atau dalam hal ini bisa kita sebut prediksi. Hal ini mungkin terlihat seperti harapan bagi beberapa orang ya, namun jika pernyataan itu hanya sekedar mengandung keinginan, seharusnya dia bisa menyatakannya dengan bentuk Simple Present Tense seperti berikut: I want to be a pilot one day. Namun dalam contoh kalimat kita di atas, si subject I selain berharap hal itu terjadi, dia juga memiliki sedikit keyakinan bahwa hal itu akan terjadi suatu hari (namun saat ini belum terjadi).

Fungsi Simple Future Tense

Simple Future Tense bisa kita gunakan untuk beberapa tujuan berikut ini:

Memperkirakan Kejadian di Masa depan

Contoh: It will be cloudy tomorrow.

Untuk mengungkapkan tindakan atau keputusan yang bersifat spontan (tidak direncanakan)

Contoh: I shall get you some drinks.

Untuk mengungkapkan kebersediaan / kesudian

Contoh: I’ll take the phone for you.

Untuk memberikan saran (menggunakan shall)

Contoh: Shall we go now?

Untuk meminta saran (menggunakan shall)

Contoh: Shall I tell my mother about this accident?

Untuk mengungkapkan ajakan / undangan

Contoh: Will you marry me?

Sepertinya jika di cari secara detil masih ada banyak fungsi lain yang bisa kita lakukan dengan Simple Future Tense ini sobat, tapi setidaknya beberapa contoh di atas sudah bisa memberikan gambaran tentang penggunaan tenses ini dalam keseharian kita.

Rumus Simple Future Tense

Sobat, berikut ini adalah rumus Simple Future Tense. Silahkan perhatikan dengan teliti agar kamu tau apa yang membedakan tenses ini dengan tenses lainnya dalam Bahasa Inggris. Saya harap setelah ini kamu langsung bisa mempraktikkan rumus di bawah ini untuk menghasilkan contoh kalimat buatanmu sendiri.

Rumus Kalimat Verbal Simple Future Tense (mengandung verb / kata kerja)

(+) Subject + will + Verb 1 + Object / Complement

Contoh: I will travel around the world before 30.

(-) Subject + will + not + Verb 1 + Object / Complement

Contoh: Rozak will not sell this bike.

(?) Will + Subject + Verb 1 + Object / Complement

Contoh: Will you go with me tonight?

Rumus Kalimat Nominal Simple Future Tense (tanpa verb / kata kerja)

(+) Subject + will + be + Object / Complement

Contoh: I will be there tomorrow.

(-) Subject + will + not + be + Object / Complement

Contoh: Jessica will not be here tomorrow.

(?) Will + Subject + be + Object / Complement

Contoh: Will Andi and Poyton be my teammate?

Catatan Tambahan!

Dalam penulisannya, biasanya “Will” akan disingkat menjadi (‘ll)

Contoh: You will menjadi You’ll

Sedangkan “Will not” biasanya disingkat menjadi (won’t)

Contoh: He will not menjadi He won’t

Bagaimana sobat? mudah sekali kan ternyata membuat contoh kalimat Simple Future Tense itu. Kalau begitu, ayo kita lanjutkan pembahasan materi kita.

Be Going To (to be + going to)

Selain dengan menggunakan rumus di atas, ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk membuat kalimat dalam bentuk Simple Future Tense, yaitu dengan menggunakan polabe going to” sebagai pengganti kata “will”.

Biasanya, pola ini kita gunakan saat kondisi yang kita bicarakan berbentuk sebuah rencana atau telah benar-benar diniatkan sebelumnya, sehingga kemungkinan untuk terlaksananya pun lebih besar jika dibandingkan dengan pada saat kita menggunakan kata “will”. Selain itu, saat kita menggunakan pola “be going todi dalam kalimat, kita bisa juga mengindikasikan bahwa sesuatu akan segera terjadi (misalnya langit sudah nampak gelap, maka bisa dipastikan sebentar lagi akan hujan).

Bentuk “be going to” ini jika kita jabarkan akan terlihat seperti berikut: to be + going to. Nah, untuk “to be” yang kita gunakan dalam pola ini adalah bentuk “to be” dari Simple Present Tense yaitu: is, am dan are. Dan seperti biasa, “to be” yang digunakan harus menyesuaikan dengan subject kalimat.

Rumus Kalimat Verbal Simple Future Tense menggunakan “be going to

(+) Subject + to be + going to + Verb 1 + Object / Complement

Contoh: I am going to go to Tangerang tonight.

(-) Subject + to be + not + going to + Verb 1 + Object / Complement

Contoh: Malira is not going to cut her hair tomorrow.

(?) To be + Subject + going to + Verb 1 + Object / Complement

Contoh: Are you going to tell your parents about this problem?

Rumus Kalimat Nominal Simple Future Tense menggunakan “be going to

(+) Subject + to be + going to + be + Object / Complement

Contoh: Kalila is going to be my wife soon.

(-) Subject + to be + not + going to + be + Object / Complement

Contoh: I am not going to be angry.

(?) To be + Subject + going to + be + Object / Complement

Contoh: are Dennise and Bill going to be your opponent?

Bagaimana sobat, sudah jelas kan sekarang. Kalau begitu, ayo kita lanjutkan.

Shall vs Will

Dalam Simple Future Tense, sebenarnya kita bisa juga menggunakan kata “Shall” untuk menggantikan kata “Will”, namun mungkin hal ini belum seberapa lumrah bagi sebagian orang. Meski bisa menggantikan peran kata “Will”, namun ada beberapa hal yang membedakan penggunaan Shall dan Will dalam Simple Future Tense yaitu:

Shall digunakan untuk SubjectI” dan “We” sedangkan “Will” bisa digunakan untuk semua subject, termasuk subject I dan We. Inilah sebabnya penggunaan “Willlebih dikenal banyak orang ketimbangShall”.

Contoh: I shall be in Shanghai next week.

Shall digunakan saat kalimat tersebut mengandung command atau perintah serta pernyataan yang tegas atau strong assertion.

Contoh: It shall be done. (Itu harus dilakukan.)

Catatan Tambahan! Shall dalam bentuk negative (Shall not) biasa disingkat menjadi “Shan’t

Keterangan Waktu Simple Future Tense

Sama halnya dengan tenses lain, Simple Future Tense pun memiliki ciri khas dalam hal keterangan waktu atau time expressions. Berikut ini adalah beberapa time expressions yang sering digunakan dalam kalimat Simple Future Tense:

Tonight = malam ini

Today = hari ini

Soon = segera

Tomorrow = besok

Next week = minggu depan

Next year = tahun depan

Until next month = hingga bulan depan

One day = suatu hari

Masih banyak lagi contoh keterangan waktu lainnya yang bisa kamu gunakan dalam Simple Future Tense. Silahkan temukan di berbagai sumber yang tersedia di internet.

Contoh Kalimat Simple Future Tense

Di bagian akhir ini kita akan mengamati beberapa contoh kalimat Simple Future Tense baik yang berbentuk verbal maupun yang berbentuk nominal. Silahkan disimak.

Mr. Pramino will announce the result of the robotic competition next week.

(Mr. Pramino akan mengumumkan hasil kompetisi robotic minggu depan.)

I am going to order some Pizzas right now.

(Saya akan memesan Pizza sekarang.)

Miss Jenita will not be available at her office until this afternoon.

(Miss Jenita tidak akan ada di kantornya hingga sore ini.)

Will Roxy come to our village again?

(Akankah Roxy datang ke desa kita lagi?)

This website will be the biggest learning source in Indonesia.

(Website ini akan menjadi sumber belajar terbesar di Indonesia.)

Sudah cukup ya sobat contoh kalimatnya hehe, jika kamu merasa contoh kalimat di atas kurang atau terlalu sedikit, langsung saja deh buka artikel berikut: 200 Contoh Kalimat Simple Future Tense Terbaru Dan Variatif.

Mau menguji pemahamanmu akan materi kali ini?

Baca Juga: 20 Soal Simple Future Tense Yang Tidak Pernah Kamu Bayangkan

Oke deh sobat, cukup sekian pembahasan materi kali ini, mohon maaf jika terlalu panjang, tapi saya yakin sobat tetap semangat mempelajari keseluruhan penjelasan yang ada dalam artikel kali ini. Terimakasih banyak untuk kunjungannya, semoga sobat memperoleh ilmu yang bermanfaat dari materi yang saya sajikan. Jika masih ada waktu luang, pelajari juga materi tentang Past Perfect Continuous Tense Beserta Rumus Dan Contohnya.

Referensi:

  1. Simple Future Tense – https://www.ef.com/ca/english-resources/english-grammar/simple-future-tense/ – Diakses tanggal 7 Agustus 2019
  2. Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Kalimat Simple Future Tense – https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-simple-future-tense – Diakses tanggal 7 Agustus 2019
  3. Simple Future Tense – https://www.grammarly.com/blog/simple-future/ – Diakses tanggal 7 Agustus 2019
  4. Shall vs. Will – https://www.englishclub.com/grammar/verbs-modals_shall-will.htm – Diakses tanggal 7 Agustus 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *