Should, Ought To Dan Had Better Dalam Kalimat Suggestion


Temen-temen, kali ini kita akan mempelajari contoh-contoh kalimat suggestion dalam Bahasa Inggris dan juga tidak ketinggalan tentang cara memberikan suggestion atau saran dalam Bahasa Inggris. Materi ini penting sekali ya temen-temen, disamping karena seringnya muncul dalam soal-soal Bahasa Inggris, kalimat giving suggestion atau kemampuan kita untuk mengutarakan saran dalam Bahasa Inggris adalah hal yang sangat sering kita gunakan. Dengan mempelajari penggunaan should, ought to, dan had better dalam kalimat suggestion Bahasa Inggris, kita akan mampu memberikan saran atau suggestion dengan cara yang tepat.

Banyak cara sebenarnya yang bisa temen-temen lakukan untuk mengutarakan advice atau suggestion dalam Bahasa Inggris. Salah satu cara yang bisa temen-temen lakukan adalah dengan menggunakan modal verb. Modal verb yang bisa kita gunakan adalah : should, ought to, dan had better. Lalu kenapa harus ada tiga? Ya, tentunya karena ada perbedaan antara ketiganya. Dalam hal apa sajakah perbedaan tersebut? Ayo kita temukan jawabannya pada pembahasan tentang penggunaan should, ought to, dan had better dalam kalimat suggestion Bahasa Inggris berikut ini. – Bigbanktheories.com

Should, Ought To dan Had Better Dalam Kalimat Suggestion Bahasa Inggris

Penggunaan Should, Ought To dan Had Better

Penggunaan Modal : Should, Ought To dan Had Better Dalam Kalimat Suggestion Bahasa Inggris

Kata “Should” memiliki banyak fungsi, misalnya saja, kata ini bisa digunakan untuk mengungkapkan keyakinan atau kepastian akan sesuatu, contohnya:

Related: WH Question Dan Contoh Penggunaannya Dalam Bahasa Inggris

She should be here by three o’clock. (Dia pasti sudah disini jam tiga)

Kata “Should” bisa juga menggantikan kata “If”, misalnya caja, mungkin temen-temen sudah pernah mendengar contoh kalimat berikut ini:

Should you need more information, just ask me. (Jika anda membutuhkan informasi tambahan, tanyakan saja pada saya).

Tapi kata “Should” sebenarnya lebih sering digunakan untuk memberikan suggestion atau advice yang bersifat friendly. Contohnya:

You should apply for that job. (Kamu sebaiknya melamar pekerjaan itu).

You should try some new medication. (Kamu sebaiknya mencoba beberapa cara pengobatan baru).

Salanjutnya kita akan membahas tentang penggunaan kata “Ought To”. Kata “ought to” juga digunakan untuk memberikan suggestion atau advice. Cara menggunakannya juga sama dengan penggunaan kata “Should”. Namun sebenarnya kata “Ought To” ini sangat jarang digunakan. Contohnya:

You ought to admit that you made a mistake. (Kamu sebaiknya mengakui kalau kamu melakukan kesalahan).

Selanjutnya tentang penggunaan kata “Had Better”. Kata “had better” atau yang umumnya disingkat menjadi “ ‘d better” juga digunakan untuk memberikan suggestion atau saran. Namun dibandingkan dengan “Should” dan “Ought to” kata “had better” ini cenderung lebih kuat dan membawa penekanan yang lebih atas saran yang diungkapkan, dan cenderung berbentuk seperti ancaman tak langsung. Pola kalimatnya sebenarnya sama saja dengan Should dan Ought to, yaitu: had better + Infinitive. Contohnya:

You had better finish your assignment. (Kamu sebaiknya menyelesaikan tugasmu).

Dalam kalimat diatas, terlihat bahwa kita tidak sedang memberikan saran sebenarnya, namun memberikan ancaman secara tidak langsung, yang berarti bahwa jika subjek tidak menyelesaikan tugasnya, maka akan terjadi sesuatu, atau akan membuat subjek berada dalam masalah.

Tapi, bukan berarti kata “had better” selalu bermakna mengancam atau tidak sopan ya, contohnya saja perhatikan kalimat berikut ini:

The train is leaving! You had better run! (Keretanya mulai berangkat, kamu sebaiknya berlari).

Dalam hal ini maksud si pembicara adalah jika si subjek tidak berlari, maka kemungkinan besar dia akan ketinggalan kereta nya. Walaupun tidak bermakna mengancam, tapi tetap saja, penekanan dalam kalimat tersebut sangat kuat.

Jadi sebenarnya temen-temen, kita dapat menggunakan ketiga bentuk modal (Should, Ought To, dan Had Better) tersebut untuk membuat kalimat suggestion dalam Bahasa Inggris. Namun ketiganya akan memberikan penekanan dan dampak yang berbeda. Jadi semua itu tergantung kita yang memilih untuk menggunakan pola yang mana.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai Should, Ought To Dan Had Better Dalam kalimat Suggestion Bahasa Inggris. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan bagi temen-temen yang membaca. Terimakasih sudah balik lagi ke bigbanktheories.com, temukan materi-materi Bahasa Inggris menarik lainnya di website ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Referensi :

  1. Everyday Grammar : You Had Better Learn Modals! – http://learningenglish.voanews.com/content/everyday-grammar-you-had-better-learn-modals/2865365.html – diakses tanggal 9 Maret 2016
  2. Had Better – http://www.englishgrammarsecrets.com/hadbetter/menu.php – diakses tanggal 9 Maret 2016
  3. Had better : form and meaning – http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/had-better – diakses tanggal 9 Maret 2016

ONE THOUGHTS ON “Should, Ought To Dan Had Better Dalam Kalimat Suggestion”


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *