Sentence Fragment Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Revisinya


Pernahkah kamu berbicara dengan seseorang tapi tidak bisa memahami apa yang sedang dibicarakan ? Atau mungkin juga kamu pernah mendengar seseorang mengucapkan kalimat yang kamu tidak bisa mengerti dan malah menimbulkan pertanyaan ? Jika pernah, jangan buru buru menilai orang tersebut aneh ya sobat, hal ini mungkin terjadi karena mereka menggunakan sentence fragment.

Apa sih sentence fragment itu ? sentence fragment sebenarnya merupakan kelompok kata juga dan terlihat seperti sentence (kalimat), padahal mereka tidak bisa disebut sebagai kalimat. Mengapa begitu ? dan bagaimana juga contohnya ? Nah untuk mengetahui lebih jauh, silahkan baca penjelasan singkat dari kemi berikut ini ya sobat. Selain penjelasan, kami juga akan memberikan beberapa contoh sentence fragment dalam Bahasa Inggris dan juga contoh revisi atau perbaikan yang mungkin dilakukan terhadap sentence fragment tersebut agar bisa menjadi sentence yang sebenarnya. – Bigbanktheories.com

Pengertian Sentence Fragment

Sentence Fragment Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Sentence Fragment

Sentence fragment adalah sekumpulan kata yang terlihat seperti kalimat namun sebenarnya bukan. Untuk bisa disebut sebagai sebuah sentence atau kalimat sekelompok kata tersebut haruslah memiliki paling tidak satu independent clause. Dan seperti yang kita ketahui, independent clause adalah sekelompok kata yang memiliki subject dan predicate serta memiliki makna yang utuh untuk bisa berdiri sendiri. Sedangkan sentence fragment ini tidak seperti itu. Sentence fragments ini bisa berbentuk dependent clause ataupun phrase.

Related: Daftar Kata Kerja Yang Bisa Transitive Dan Juga Intransitive

Ada beberapa alasan yang menyebabkan sentence fragments gagal atau tidak bisa disebut sebagai sebuah sentence. Alasan tersebut diantaranya adalah :

Sentence fragments tersebut menunjukkan lokasi atau waktu atas suatu hal dengan menggunakan sebuah prepositional phrase atau phrase lainnya yang berfungsi sama, namun kurang menunjukkan atau tidak memiliki subject-verb relationship di dalamnya.

Contohnya : In Berlin, during the cold war and just before the truce.

Bagaimana sobat, kalau kita baca sekilas saja, memang seperti kalimat utuh ya. Tapi, bisakah kamu menemukan subject kalimat tersebut ? dan manakah verb nya ? Dengan membaca contoh di atas, mungkin akan muncul pertanyaan di pikiran kita, siapa yang berada di Berlin ? dan apa yang terjadi di sana sebenarnya ? Nah, inilah sobat yang disebut dengan sentence fragments. Sekarang saya yakin sobat sudah lebih jelas ya tentang materi kali ini.

Sentence fragments tersebut mengandung kesalahan dalam penggunaan verb.

Contohnya : Some of my friends sleeping in my library last night.

Kita perhatikan ya sobat, disini ada kealahan dalam penggunan verb, mengapa begitu ? karena verb dalam bentuk –ing perlu ditemani dengan bentuk auxiliary verb.

Ada beberapa alasan lainnya yang bisa menyebabkan terbentuknya sentence fragment. Untuk penyebab lainnya bisa kita pelajari bersama sambil melihat contoh contoh sentence fragment berikut ini beserta bentuk revisi atau perbaikannya.

Contoh Sentence Fragment Beserta Revisinya

I take.

Alasan : Tidak ada object

Revisi : I take the plate.

Since the plane landed.

Alasan : Makna tidak utuh

Revisi : She felt unhealthy since the plane landed.

Mr. Oliver looks healthy. Because he always exercise.

Alasan : Diawali subordinate conjunction (seharusnya tidak terpisah)

Revisi : Mr. Oliver looks healthy because he always exercise.

Itulah tadi sobat sedikit contoh sentence fragment serta bentuk revisinya. Dengan memperhatikan contoh di atas mungkin kamu semakin mengerti ya tentang materi ini. Tapi mungkin juga kamu masih bertanya tanya, jadi bagaimana caranya kita bisa mengetahui atau mengenali bahwa suatu kalimat tersebut termasuk dalam sentence fragment atau tidak? Untuk itu, baca penjelasan berikut ini.

Cara Mengenali Sentence Fragment

Cara yang pertama untuk mengenali sebuah kalimat termasuk sentence fragment atau tidak sebenarnya sangat mudah sobat, karena seperti yang sudah di contohkan di atas, jika kalimat tersebut masih menimbulkan pertanyaan di benak kita, misalnya tentang siapa subjectnya, atau apa yang dilakukan subject tersebut, atau apa yang terjjadi kemudian, maka yang sedang kita hadapi tersebut bukanlah sebuah sentence atau kalimat, tapi sebuah sentence fragments.

Cara lainnya adalah dengan memperhatikan daftar kata atau frasa berikut ini. Jika dalam contoh kalimat yang kita temui ada kata kata berikut ini, kita perlu memperhatikan baik baik, karena kalimat tersebut membutuhkan bagian lain yang dapat melengkapi maknanya. Kata kata tersebut adalah sebagai berikut ini :

After, Although, As, As if, As soon as, because, before, by the time, even if, even though, every time, if, in case, in the event that, just in case, now that, once, only if, since, the first time, though, unless, until, when, whenever, whereas, whether or not, whichever, whoever, while.

Jadi, begitulah sobat pembahasan tentang sentence fragment dan contoh revisinya. Kami harap setelah membaca artikel ini sobat jadi mengerti tentang apa itu sentence fragments dalam Bahasa Inggris dan akan lebih berhati hati kedepannya dalam membuat sebuah kalimat agar tidak terjadi sentence fragments. Kami akhiri dulu sampai disini, terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa lagi.

Referensi :

  1. Sentence Fragments – http://www.myenglishteacher.net/sentencefragments.html – Diakses tanggal 16 November 2016
  2. What is a sentence fragment? – Definition and examples – http://study.com/academy/lesson/what-is-a-sentence-fragment-definition-examples-quiz.html – Diakses tanggal 16 November 2016
  3. Sentence Fragments – http://grammar.ccc.commnet.edu/grammar/fragments.htm – Diakses tanggal 16 November 2016

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *