Sentence Adverbs Dan Fungsinya Dalam Kalimat Bahasa Inggris


Jika kita sering berinteraksi dengan Bahasa Inggris maka mungkin kita pernah mendengar penggunaan adverb yang diletakkan di depan sebuah kalimat. Dan tenyata adverb ini tidak seperti biasanya yang hanya menerangkan salah satu bagian dari kalimat saja, namun akan mempengaruhi keseluruhan makna dari kalimat tersebut. Inilah yang disebut dengan istilah sentence adverbs atau sentence adverbial.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari bersama tentang sentence adverb ini sobat. Nah buat kamu yang lagi santai atau memang sedang ingin belajar Bahasa Inggris, nggak ada salahnya deh kamu mengikuti penjelasan materi dari kita kali ini. Karena sentence adverbs ini sangat sering sekali digunakan terutama dalam percakapan Bahasa Inggris, dan tentunya akan sangat bermanfaat buat kamu kalau kamu mengetahuinya. Selamat membaca. – Bigbanktheories.com

Contoh Sentence Adverbial

Sentence Adverbs Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Sentence Adverb

Sentence adverb merupakan salah satu istilah dalam grammar Bahasa Inggris yang artinya adalah sebuah kata yang memodifikasi makna keseluruhan kalimat atau keseluruhan clause dalam sebuah kalimat. Sentence adverb ini biasa dikenal juga dengan istilah sentence adverbial atau disjunct. Fungsinya dalam kalimat adalah sebagai komentar, menunjukkan sikap atau pendapat dari pembicara atau penulis terhadap situasi tertentu.

Related: Panduan Penggunaan Punctuation Marks Dalam Bahasa Inggris

Tidak hanya single word adverb saja ternyata yang dapat berperan sebagai sentence adverb dalam suatu kalimat, namun juga adverbial phrase atau phrase yang bersifat sebagai adverb, dan dalam hal ini yang umum digunakan adalah sebuah prepositional phrase seperti : in time, in my opinion, on the other hand, dan sebagainya.

Dalam penggunaannya, sentence adverb biasanya berada di depan sentence atau clause yang diterangkannya. Dan pada penulisannya, akan di tambahkan tanda koma setelah sentence adverb tersebut.

Beberapa kosakata yang dapat kita gunakan sebagai sentence adverb diantaranya : actually, accordingly, apparently, basically, briefly, certainly, clearly, conceivably, confidentially, consequently, curiously, evidently, fortunately, frankly, further-more, hopefully, honestly, however, ideally, incidentally, indeed, interestingly, in my opinion, ironically, naturally, predictably, presumably, regrettably, seriously, strangely, surprisingly, thankfully, theoretically, therefore, truthfully, ultimately, unfortunately, wisely.

Nah sekarang ayo kita lihat contoh penggunaan sentence adverbs dalam kalimat.

Contoh Sentence Adverb Dalam Kalimat

Apparently, the window is already broken.

(Ternyata, jendela itu sudah rusak.)

Unfortunately, her husband didn’t save any money.

(Sayangnya, suami nya tidak menyimpan uang sama sekali.)

Thankfully, I remember to bring my umbrella.

(Untungnya, saya ingat untuk membawa payung saya.)

Ideally, a teacher must have a vast knowledge.

(Sebaiknya, seorang guru harus memiliki pengetahuan yang luas.)

Bagaimana sobat, kamu tentunya sudah familiar kan dengan penggunaan sentence adverbs dalam kalimat. Bagus deh kalau begitu. Kami akhiri dulu sampai disini ya sobat. Semoga pembahasan materi kali bermanfaat untuk mu. Oh ya, sekilas info saja ya, kalau kamu sedang ada waktu, cobalah cari di youtube sebuah video dengan judul “Apparently boy”. Didalam video itu menampilkan seorang anak kecil yang mengucapkan banyak sekali kalimat dalam Bahasa Inggris dan selalu mengawali setiap kalimatnya dengan salah satu sentence adverbs “Apparently”, sangat lucu lho sobat, terbukti dengan begitu banyaknya orang yang sudah menonton video tersebut. Selamat mencoba, dan have fun ya !

Referensi :

  1. Sentence Adverb – http://grammar.about.com/od/rs/g/sentadverb.htm – Diakses tanggal 16 November 2016
  2. Pengertian Dan Contoh Kalimat Sentence Adverb – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-sentence-adverb – Diakses tanggal 16 November 2016
  3. Sentence Adverbs – https://en.oxforddictionaries.com/grammar/sentence-adverbs – Diakses tanggal 16 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *