Sebutan Tanda Titik Dalam Bahasa Inggris Dan Penggunaannya


Istilah tentang tanda baca dalam Bahasa Inggris memang terkadang masih membingungkan bagi sebagian orang. Contohnya saja, hingga saat ini mungkin kita masih bingung, apa sebutan yang tepat untuk tanda baca TITIK dalam Bahasa Inggris, padahal selama kita belajar Bahasa Inggris, saya yakin kita sudah sering bersentuhan dengan penggunaan tanda baca ini. Lalu apa yang menyebabkan kebingungan ini? Menurut saya, mungkin alasannya adalah karena selama ini kita pernah mendengar dua istilah untuk tanda titik dalam Bahasa Inggris, yaitu “Full Stop” dan juga “Period”, dan kita belum pernah dijelaskan secara rinci apa perbedaan keduanya, karena selama ini mungkin kita terlalu terfokus pada memahami cara penggunaan tanda baca titik ini saja, yang memang sebenarnya merupakan bagian terpenting dari mempelajari suatu tanda baca atau Punctuation Mark.

Kali ini kami ingin mengajak sobat semua untuk sedikit mengulas tentang hal ini. Ayoo jangan biarkan diri kita tetap berada dalam kebingungan akan sebutan atau istilah yang tepat untuk menyebut tanda baca titik dalam Bahasa Inggris yang sebenarnya sangat mudah untuk dipahami dan penjelasannya sangat sederhana ini. Tidak perlu ambil buku catatanmu, cukup baca penjelasan singkat yang kami sajikan di bawah ini dan kami yakin sobat akan bisa mengingat dengan mudah istilah apa yang digunakan untuk menamai tanda titik dalam Bahasa Inggris. Kami juga akan melengkapi penjelasan di bawah ini dengan contoh contoh penggunaan dan fungsi tanda titik dalam Bahasa Inggris, jadi akan komplit deh. Silahkan dibaca ya. – Bigbanktheories.com

Sebutan Tanda Titik Dalam Bahasa Inggris Dan Penggunaannya

Penjelasan Tentang Tanda Baca Titik Dalam Bahasa Inggris

Tanda Titik Dalam Bahasa Inggris

Perlu kita ketahui bahwa tanda Titik dalam Bahasa Inggris disebut dengan istilah Full Stop atau Period. Ini artinya keduanya bisa digunakan sebagai sebutan untuk tanda baca titik di dalam Bahasa Inggris. Tidak ada yang salah dalam penggunaan keduanya, dua istilah tersebut hanyalaj merupakan cara yang berbeda untuk menamai suatu hal yang sama, namun jika kita pelajari lagi, memang ada asal usulnya mengapa sampai muncul dua istilah seperti ini.

Related: Penggunaan Used To Dan Would Dalam Mengungkapkan Past Habit

Dari sumber yang kami baca, ternyata hal yang membedakan istilah Full Stop dan Period untuk tanda baca titik dalam Bahasa Inggris adalah asal nya. Dalam American English yang umum digunakan adalah istilah “Period”, sedangkan dalam British English yang digunakan adalah “Full Stop”. Dan ternyata antara keduanya, penggunaan istilah Full Stop dianggap lebih tua umurnya dibandingkan dengan istilah Period, namun keduanya dipercaya mulai muncul sejak abad ke 16. Nah hal yang unik adalah, ternyata di luar kawasan Amerika dan Inggris, istilah Full Stop ternyata lebih populer penggunaannya sobat, salah satu contohnya ya di Indonesia ini. Itulah sebabnya lebih banyak orang yang meyakini kalau istilah Full Stop lah yang benar untuk menyebut tanda baca titik dalam Bahasa Inggris, padahal tidak begitu ya hehe.

Berbagai Macam Cara Membaca Tanda Titik Dalam Bahasa Inggris

Apa nih maksudnya? Bukannya sudah dijelaskan di atas ya cara membaca tanda titik dalam Bahasa Inggris itu ada dua yaitu “Full Stop” dan “Period”. Nah, perlu diperhatikan ya sobat ini sekedar informasi tambahan yang mungkin tidak begitu penting, namun karena menurut kami informasi ini masih berhubungan, maka kami sengaja memunculkannya dalam artikel ini.

Begini sobat, pernahkah kamu diminta guru Bahasa Inggris mu di sekolah untuk membaca suatu teks atau mengeja seuatu dalam Bahasa Inggris? Jika pernah, maka hal yang akan kami beritahukan ini penting untuk mu.

Tanda “Titik” secara umum disimbolkan dengan bentuk bulat / lingkaran kecil yang bagian tengahnya tidak bolong (terisi penuh), simbol yang digunakan adalan bentuk seperti berikut ini “.”. Tanda atau simbol ini ternyata memiliki banyak fungsi dan bukan hanya digunakan sebagai tanda baca saja. Dalam Bahasa Indonesia, meski fungsi nya berbeda, kita akan membaca nya dengan cara yang sama yaitu “Titik”, namun hal ini berbeda dengan aturan dalam Bahasa Inggris.

Tanda Titik bisa dibaca sebagai Full Stop /  Period saat digunakan sebagai tanda baca. Artinya penggunaannya berhubungan dengan bacaan. Dalam posisi seperti ini, tanda titik berfungsi sebagai penanda akhir kalimat yang berbentuk pernyataan, digunakan pada singkatan, serta pada indirect question (pertanyaan tak langsung). Berikut contoh penggunaan tanda titik dalam kalimat serta cara membacanya.

Contoh: My name is Kurnia Pradana.

Cara Membaca: My name is Kurnia Pradana (full stop / period)

Contoh: David Beckham is about 6 ft. tall.

Cara Membaca: David Beckham is about 6 ef ti (full stop / Period) tall (full stop / period).

Sampai disini apa bisa dipahami sobat? Kami harap begitu ya, namun untuk yang masih belum paham, yang kami tuliskan di atas adalah ilustrasi cara membaca nya. Bayangkan saja sobat mendapat tugas untuk mendikte sebuah teks dalam Bahasa Inggris di depan kelas dan kawan kawan mu yang lain harus menulis ulang apa yang kamu bacakan, nah agar yang disalin oleh temanmu sama dengan yang tertulis di buku sumber, tentu kamu harus bisa membacanya dengan cara yang tepat dong, contohnya saja, pada kalimat di atas terdapat sebuah singkatan yaitu “ft.” yang merupakan singkatan dari kata “feet” yang artinya “kaki”, supaya pendengar bisa menuliskan ulang dengan tepat, pada bagian ini tentu kamu harus mengeja dong, nah itulah sebabnya saya memunculkan bentuk ejaan nya dalam cara membaca di atas yaitu “ef ti (full stop)” atau kalau dalam Bahasa Indonesianya “ef te (titik)”. Bagaimana, mengerti kan? Siip ya.

Tanda titik ternyata juga bisa dibaca dengan sebutan “Dot” atau “Point”, khususnya saat penggunaannya berhubungan dengan istilah matematika dan hitungan. Contoh paling simpel nya adalah cara membaca alamat website atau alamat email, tentu kamu sudah sangat familiar dengan penggunaan kata “Dot” di sini ya.

Contoh: www.bigbanktheories.com

Cara Membaca: www(dot)bigbanktheories(dot)com

Sedangkan untuk “Point” biasanya dipakai dalam menyebutkan pecahan desmial.

Contoh: 1.5 kilogram.

Cara Membaca: One(point)five kilogram.

Bagaimana sobat, ternyata mudah kan penjelasannya. Sekarang kamu jadi tau bahwa tanda “Titik” dalam Bahasa Inggris bisa dibaca dengan sebutan Full Stop / Period / Dot / Point, tergantung dengan penggunaan yang kamu temui.

Aturan Penggunaan Full Stop atau Period

Bagian ini sih kami yakin sobat sudah ngerti semua, jadi ini tidak bermaksud mengajari ya sobat hehe, hanya sekedar menyegarkan ingatan supaya lebih kuat lagi ingatannya (sebenernya biar artikel nya panjang aja sih hehe).

Dalam menggunakan tanda baca Titik atau Full Stop / Period, perhatikan aturan berikut ini:

Antara kata terakhir dalam kalimat dengan tanda Full Stop “Tidak Ada Spasi”.

Misalnya:

Jakarta is the capital city of Indonesia. (Benar)

Jakarta is the capital city of Indonesia . (Salah)

Antara tanda Full Stop dengan kata pertama dalam kalimat lanjutannya “Ada Satu Spasi”.

Misalnya:

My name is Barry Allen. I am the fastest man alive. (Benar)

My name is Barry Allen.I am the fastest man alive. (Salah)

Oke deh sobat, itulah tadi sekilas penjelasan yang bisa kami berikan mengenai tanda Titik dalam Bahasa Inggris dan penggunaannya, semoga bermanfaat ya. Terimakasih sudah berkunjung ke website kami hari ini, temukan berbagai materi menarik seputar pelajaran Bahasa Inggris yang kamu butuhkan di sini. Jangan lupa kunjungi juga artikel kami sebelumnya yang berjudul Contoh Descriptive Text Tentang Pemain Sepak Bola Terganteng. Sampai ketemu lagi dalam materi menarik lainnya.

Referensi:

  1. Full stop vs. period – http://grammarist.com/usage/full-stop-period/ – Diakses tanggal 5 Juni 2017
  2. Full stop – https://en.wikipedia.org/wiki/Full_stop – Diakses tanggal 5 Juni 2017
  3. Pengertian dan Penggunaan Full Stop (Titik) Dalam Bahasa Inggris – https://www.wordsmile.com/penggunaan-full-stop-titik-bahasa-inggris – Diakses tanggal 5 Juni 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *