Sebaiknya Kita Memakai Kata Especially Atau Specially Ya?


Hayo sobat, bagaimana pendapatmu tentang pertanyaan di judul artikel ini?Kalau kamu pribadi lebih memilih untuk menggunakan kata Especially atau kata Specially nih? Atau mungkin bagi kamu keduanya sama sama sering digunakan ya? Wah bagus banget kalau begitu, karena ternyata dalam situasi tertentu kedua kata ini memang bisa saling menggantikan sobat, namun ada juga beberapa kondisi dimana salah satu dari kata tersebut yang lebih tepat untuk digunakan. Hmm bagaimana ya contohnya? Yuk kita pelajari bersama dalam artikel ini.

Oh ya, sebelum masuk ke penjelasan yang lebih rinci kami ingin meyakinkan dulu nih, sobat sudah tau kan kata “Especially” itu artinya apa? Atau jangan jangan kamu malah sedang mencari terjemahan dari kata Especially ini ya? Wah wah, kalau begitu kita akan bahas semuanya dari awal ya, supaya tidak ada yang terlewatkan. Oke deh sobat, yuk langsung saja kita masuk ke penjelasan materinya, membacanya jangan terburu buru ya, karena perbedaan antara Especially dan Specially ini bisa dikatakan sangat tipis, jadi kalau tidak diperhatikan dengan teliti mungkin saja kita tidak akan menyadari perbedaan antara keduanya, sip ya! Berikut artikel lengkapnya. – Bigbanktheories.com

Especially Atau Specially

Perbedaan Antara Especially dan Specially

Especially Atau Specially

Memilih antara menggunakan kata “Especially” dan “Specially” bisa dibilang wuuuw membingungkan hehe. Untuk itu kami akan memulai pembahasan kali ini dari hal yang paling dasar yaitu pengertian dari Especially dan juga Specially.

Related: Pengertian Dan Penggunaan Wouldna Dalam Bahasa Inggris

Jika kita lihat terjemahan dalam kamus, Especially artinya “terutama”. Sedangkan kata Specially artinya “secara khusus” atau “khususnya”. Nah, dari sini saja kita bisa lihat ya bahwa memang ada kemiripan dari sisi makna yaitu “terutama” dengan “khususnya”, inilah yang menyebabkan sebagian orang menganggap bahwa kedua kata ini sama saja dan bisa dipakai secara bergantian kapanpun. Padahal ternyata tidak seperti itu lho sobat.

Sekarang coba deh kita bereksperimen dengan kedua kata ini, sobat pasti pernah dong menggunakan kata “terutama” dalam percakapan sehari hari, coba sebutkan contoh kalimatnya. Oke sudah bagus tuh kalimatnya, sekarang kita coba pakai kalimat buatan saya ya, seperti ini kalimatnya sobat:

“Wah, pilem tadi bagus banget ya, terutama pas adegan Thor duel sama Hulk itu, beeuuh keren banget deh pokoknya!”

Dalam situasi seperti di atas, kita bisa nih sobat menggunakan kata “Especially”. Karena ternyata penggunaan kata Especially dalam kalimat mampu menunjukkan keadaan dimana ada satu bagian yang dianggap lebih dari bagian lainnya, sama halnya dengan contoh kalimat yang saya buat, pilem yang saya tonton tadi itu semua bagiannya bagus, tapi ada bagian yang menurut saya “lebih” atau “paling” bagus, yaitu adegan duel Thos vs. Hulk. Bagaimana, bisa dipahami ya? Siip deh.

Sekarang untuk kata “Specially”, pernah nggak kamu menggunakan kata “secara khusus” dalam kalimat? Coba sebutkan contoh kalimatnya, saya juga punya nih kebetulan.

“Eh jangan gitu dong, saya nggak mau diperlakukan secara khusus.”

Dalam contoh ini, kata yang lebih tepat kita gunakan adalah kata “Specially” sobat, dan bukan kata “Especially”. Dari sini sudah dapat sedikit gambaran ya tentang penggunaan kata “Especially” dan juga “Specially”, sekarang kita akan melanjutkan dengan pembahasan tentang beberapa perbedaan antara keduanya yang lebih lengkap.

Perbedaan Antara Especially dan Specially

1.Especially ternyata dianggap lebih formal jika dibandingkan dengan penggunaan Specially.

2.Saat kita ingin mengungkapkan makna “untuk tujuan khusus” atau dalam Bahasa Inggris nya “for a special purpose”, serta untuk mengungkapkan makna “secara rinci” atau dalam Bahasa Inggris nya “specifically”, kita bisa menggunakan kedua kata “Especially” dan “Specially” secara bebas, silahkan pilih salah satunya.

Contoh: I made it especially / specially for her birthday.

3.Especially mengandung makna tentang sesuatu yang luar biasa serta menyiratkan bahwa ada sesuatu yang lain yang posisi atau kualitasnya lebih rendah.

Contoh: The movie is good especially the duel scene between Thor and Hulk.

4.Specially dapat merujuk kepada sesuatu dengan tujuan tertentu, seseorang yang berbeda dari yang lainnya, tanpa menyiratkan bahwa ada sesuatu atau seseorang yang posisi atau kualitasnya lebih rendah.

Contoh: These specially trained dogs can help the Police catching a fugitive.

Oke deh sobat, segitu saja yang bisa kami sajikan berkaitan dengan materi penggunaan kata Especially dan Specially dalam Bahasa Inggris, kami harap sedikit informasi yang kami sajikan kali ini bisa bermanfaat dan bisa dimengerti dengan mudah. Terimakasih banyak atas kunjungannya hari ini, semoga teman teman betah belajar di website kami. Temukan juga berbagai materi Bahasa Inggris menarik lainnya yang telah tersedia di website ini, salah satunya adalah artikel terbaru kami yang berjudul Defining Clause Dalam Bahasa Inggris dan Contohnya. Kami pamit dulu dan sampai ketemu lagi dalam materi lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kalimat Especially dan Specially – https://www.wordsmile.com/pengertian-pengunaan-contoh-kalimat-especially-specially – Diakses tanggal 20 Juli 2017
  2. Especially / Specially – https://www.vocabulary.com/articles/chooseyourwords/especially-specially/ – Diakses tanggal 20 Juli 2017
  3. What’s the difference between specially and especially? – http://www.learnersdictionary.com/qa/what-s-the-difference-between-specially-and-especially – Diakses tanggal 20 Juli 2017
  4. Especially or Specially? – http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/especially-or-specially – Diakses tanggal 20 Juli 2017
  5. Especially or Specially? – http://englishplus.com/grammar/00000287.htm – Diakses tanggal 20 Juli 2017
  6. ‘Especially’ or ‘Specially’? – https://en.oxforddictionaries.com/usage/especially-or-specially – Diakses tanggal 20 Juli 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *