Rumus Dan Contoh Kalimat Question Tag Dalam Bahasa Inggris


Temen-temen sudah pernah belajar tentang question tag? Kalau sudah pernah, pastinya temen-temen sudah mengenal rumus dan juga contoh kalimat question tag dalam Bahasa Inggris. Tapi mungkin materi tentang question tag ini masih sedikit membingungkan bagi beberapa orang, salah satu penyebabnya adalah karena dalam Bahasa Indonesia, tidak ada pola khusus tentang question tag, sedangkan dalam Bahasa Inggris, untuk membuat sebuah kalimat question tag, kita perlu memperhatikan pola-pola tertentu.

Sebenarnya apa sih question tag itu? Question tag adalah sebuah Pertanyaan singkat yang melekat pada sebuah Pernyataan dengan fungsi untuk memberi penekanan atau untuk  mendapatkan konfirmasi tentang kebenaran dari pernyataan tersebut. Penggunaan question tag ini sangat umum dalam kehidupan sehari-hari seorang native speaker, sebenarnya hal ini sama saja dengan keseharian kita di Indonesia, kita tentunya sering menambahkan pertanyaan singkat diakhir pernyataan yang kita buat seperti “kan?” atau “ya kan?”, inilah bentuk question tag dalam Bahasa Indonesia. Ini pulalah yang menyebabkan question tag dalam Bahasa Inggris umumnya diartiken kedalam Bahasa Indonesia menjadi kata “Kan? Atau Ya kan?”. Karena penggunaan question tag sangat umum atau sangat sering, sangat penting bagi kita untuk mempelajari materi ini.

Sekarang, ayo kita pelajari rumus dan contoh kalimat question tag dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Related: Perfect Modal Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Kalimatnya
Contoh Kalimat Question Tag Dalam Bahasa Inggris

Question Tag Dalam Bahasa Inggris

Rumus Question Tag Dalam kalimat Bahasa Inggris

Jika temen-temen ingin membuat sebuah kalimat yang mengandung question tag didalamnya, ikutilah pola berikut ini :

(To be / modal / auxiliary) + (-/not) + pronoun

Penjelasan :

To be : (is, am, are, was, were) menyesuaikan subject pernyataan.

Modal : ( will, would, may, might, can, could, shall, should) menyesuaikan dengan verb pada pernyataan.

Auxiliary : ( be, do, have) menyesuaikan dengan verb pada pernyataan.

(-/not) : menyesuaikan dengan pernyataan, jika pernyataan positif, maka question tag nya negative, sebaliknya jika pernyataan negative, maka question tag positif.

Pronoun : menyesuaikan dengan subject pada pernyataan.

Pola Pembentukan Question Tag Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Question Tag Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Contoh Question Tag

Seperti yang sudah di sebutkan diatas, dalam pembentukan question tag, jika pernyataan berbentuk negative, maka bentuk question nya adalah positif. Dan begitu pula sebaliknya. Namun perlu diingat, pernyataan yang mengandung kata never, seldom, rarely, barely, hardly, few, dan little, dianggap memiliki pengertian negative, oleh karena itu, question tag nya harus dalam bentuk positif.

Perhatikan juga jika pernyataan mengandung kata “I am”. Question tag untuk “I am” adalah “aren’t I”. Contohnya : I am the fastest runner, aren’t I?

Contoh Kalimat Question Tag Dalam Bahasa Inggris

Untuk mempermudah dalam memahami penjelasan tentang question tag diatas, perhatikanlah contoh-contoh penggunaan question tag dalam kalimat berikut ini:

He doesn’t like chocolate, does he?

She wanted to go to Bandung last month, didn’t she?

Your father can drive a car, can’t he?

Intonasi Dalam Penggunaan Question Tag

Karena seringnya question tag digunakan dalam percakapan sehari-hari, kita juga perlu mengetahui intonasi yang tepat saat mengucapkannya. Question tag terkadang memang merupakan pertanyaan yang kita tujukan untuk memperoleh jawaban dari seseorang, namun terkadang juga question tag hanyalah penekanan atau meminta persetujuan akan pernyataan yang sudah kita ketahui kebenarannya. Jadi, jika question tag tersebut memang merupakan sebuah pertanyaan, gunakanlah intonasi meninggi atau naik. Tapi jika kita sudah tau jawabannya dan question tag tersebut hanyalah untuk meminta persetujuan atau pembenaran maka gunakanlah intonasi menurun.

Oke deh temen-temen sampai disini dulu kita mempelajari Rumus Dan Contoh Kalimat Question Tag Dalam Bahasa Inggris. Semoga penjelasan dalam artikel ini bisa dengan udah dipahami oleh temen-temen. Materi tentang question tag ini tidak hanya sering muncul dalam percakapan sehari-hari, tapi juga sangat sering muncul dalam berbagai soal tes Bahasa inggris, jadi usahakanlah untuk terus melatih pemahaman tentang question tag dalam Bahasa Inggris ini. Jika temen-temen ingin menguji pemahaman tentang materi question tag, temen-temen bisa mencoba mengerjakan Contoh Soal Question Tag Online yang sudah tersedia di website ini. Terimakasih sudah berkunjung lagi ke bigbanktheories.com, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Referensi :

  1. Question Tags – http://learnenglish.britishcouncil.org/en/quick-grammar/question-tags – diakses tanggal 28 Maret 2016
  2. Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat Question Tags – http://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-question-tags – diakses tanggal 28 Maret 2016

2 THOUGHTS ON “Rumus Dan Contoh Kalimat Question Tag Dalam Bahasa Inggris”


    1. Yuhuu, makasih kunjungannya gan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *