Program Atau Programme Ejaan Yang Benar Dalam Bahasa Inggris


Kita seringkali disibukkan dengan pencarian istilah yang tepat dalam Bahasa Inggris. Salah satu contohnya adalah saat kita harus membedakan antara kata “Program” dan “Programme” sebagai terjemahan dari kata “program / acara” dalam Bahasa Indonesia. Saat ini apakah sobat sudah tau manakah sebenarnya bentuk spelling atau ejaan yang benar,  apakah “Program” atau “Programme”? Jika sobat belum yakin dengan jawabannya, itu sangat wajar, karena kita sering sekali menjumpai penggunaan keduanya di keseharian kita.

Program dan Programme adalah kosakata yang masih sering membuat kita ragu. Mungkin sebagian dari kita ada yang menduga bahwa “Programme” adalah terjemahan Bahasa Inggris dari kata “Program” dalam Bahasa Indonesia. Namun pada kenyataannya, tidak jarang juga kita menemui penggunaan kata “Program” dalam teks Bahasa Inggris, misalnya saja seperti istilah “Computer Program”. Ini artinya kata ini pun ada dalam Bahasa Inggris. Lalu pertanyaannya sekarang adakah perbedaan antara “Program” dan “Programme” dalam Bahasa Inggris? Mari kita pelajari bersama. – Bigbanktheories.com

Program or Programme

Program Atau Programme Ejaan Yang Benar Dalam Bahasa Inggris

Program atau Programme

Secara singkat, kata “Program” dan juga “Programme”, semua nya acceptable dalam Bahasa Inggris atau dengan kata lain semua nya benar dan bisa digunakan dalam Bahasa Inggris. Jadi suatu saat jika kamu perlu menggunakan kata ini, tidak perlu bingung lagi, pilihlah salah satu diantara kedua kata itu. Tapi, eh ada tapi nya hehe. Ada informasi tambahan yang penting untuk sobat ketahui juga, supaya sobat memiliki alasan yang lebih kuat nantinya dalam menentukan pilihan antara menggunakan kata “Program” atau “Programme” dalam Bahasa Inggris.

Related: Nama Hari Dalam Bahasa Inggris Dan Istilah Unik Tentang Hari

American English

Dalam American English, ternyata yang diakui hanyalah kata “Program” saja. Maka jika audience kamu adalah native Amerika, saran saya gunakanlah kata “Programdalam konteks apapun.

British English

Dalam British English, kedua kata ini bisa digunakan, namun ada tempat-tempatnya tersendiri. Penjelasan detail nya adalah sebagai berikut:

Gunakan kata “Program” jika kita sedang membahas sesuatu yang berhubungan dengan komputer, dan juga saat kata ini kita gunakan sebagai verb (kata kerja)

Gunakan kata “Programme” jika yang kita maksudkan adalah kegiatan atau acara seperti misalnya rencana perjalanan, acara di Televisi dan radio, atau yang berhubungan dengan suatu proyek.

Australian English

Dalam Australian English, kedua kata ini bisa digunakan tanpa ada syarat tertentu, namun sepertinya yang di sarankan untuk digunakan pada konteks resmi adalah kata “Program”.

Nah, seperti itulah sobat informasi tambahan yang perlu kamu tau. Oh ya, jika menelusuri dari sejarahnya, sepertinya kata “Programme” menjadi berkembang karena pengaruh dari Bahasa Perancis yang ternyata memiliki kata yang sama dalam bahasa mereka yaitu “Programme”.

Sekarang setelah kamu tau penjelasan dibalik perbedaan kata “Program” dan “Programme”, kini saatnya kamu mengamati beberapa contoh kalimat yang menggunakan kedua kata ini baik sebagai noun (kata benda) maupun verb.

Contoh Penggunaan Kata “Program” dan “Programme” dalam Kalimat

I want to program a new diet system for me and my wife.

(Saya ingin memprogram sebuah pola makam baru bagi saya dan istri saya.)

I don’t want to go with you tonight. I want to watch my favorite programme on TV.

(Saya tidak mau pergi bersamamu malam ini. Saya ingin menonton acara kesukaan saya di TV.)

Alya thinks that this is a good television program.

(Menurut Alya ini adalah acara TV yang bagus.)

Bagyo programmed this robot to detect and extinguish fire.

(Bagyo memprogram robot ini untuk mendeteksi dan memadamkan api.)

Selesai sudah sobat penjelasan singkat tentang perbedaan kata Program dan Programme kali ini, mudah-mudahan bisa dipahami dengan mudah. Saya harap setelah ini sobat tidak akan bingung lagi ya dalam memilih antara kata Program atau Programme saat membutuhkannya. Saya akhiri sampai di sini, silahkan lanjutkan dengan membaca artikel terbaru saya yang berjudul: Beda Center Dan Centre Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya.

Referensi:

  1. Program vs. Programme – What’s the Difference? – https://www.grammarly.com/blog/program-programme/ – Diakses tanggal 17 Mei 2019
  2. The difference between program and programme – https://www.grammar-monster.com/easily_confused/program_programme.htm – Diakses tanggal 17 Mei 2019
  3. Program vs. programme – https://grammarist.com/spelling/program-programme/ – Diakses tanggal 17 Mei 2019
  4. Program vs. Programme – https://www.dailywritingtips.com/get-with-the-programme/ – Diakses tanggal 17 Mei 2019
  5. Pemakaian Kata Program dan Programme – https://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/pemakaian-kata-program-dan-programme.aspx – Diakses tanggal 17 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *