Present Perfect Tense Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Present Perfect Tense adalah pola kalimat yang kita gunakan saat kita lebih fokus terhadap dampak dari suatu kejadian dibandingkan dengan waktu terjadinya kejadian tersebut. Biasanya, saat saya sedang membahas Present Perfect Tense, saya akan memberi penekanan bahwa kalimat dalam bentuk Present Perfect Tense mengandung makna bahwa sesuatusudahterjadi. Mengapa begitu? Karena biasanya saat kita menerjemahkan sebuah kalimat Present Perfect Tense kedalam Bahasa Indonesia, akan muncul kata “sudah” atau “belum” dalam hasil terjemahannya.

Dalam kesempatan kali ini, saya ingin mengajak sobat untuk mempelajari dari awal tentang Present Perfect Tense. Jika selama ini sobat merasa masih bingung dengan konsep dan cara penggunaan tenses yang satu ini, saya harap setelah membaca penjelasan yang saya sajikan di bawah ini, sobat akan bisa memahaminya dengan mudah. Supaya proses pembelajaran kita terstruktur dengan rapi, pertama kita akan mempelajari pengertian Present Perfect Tense supaya kita tau seperti apa konsepnya, kemudian kita juga akan membahas rumus Present Perfect Tense, dan tentunya kita juga akan mengamati beberapa contoh kalimat Present Perfect Tense. Sudah siap belajar? Yuk langsung kita simak selengkapnya. – Bigbanktheories.com

Present Perfect Tense Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Present Perfect Tense

Present Perfect Tense adalah tenses yang menunjukkan suatu keterkaitan antara masa lalu dengan masa kini. Sebuah kalimat yang menggunakan pola Present Perfect Tense ini mungkin merujuk pada suatu aksi atau tindakan yang terjadi di masa lalu dengan tanpa adanya penjelasan akan titik waktu tertentu sebagai patokan kapan terjadinya hal itu (fokusnya adalah bahwa sesuatu itu “sudahterjadi, entah kapan terjadinya itu tidak penting dalam Present Perfect Tense) atau bisa juga merujuk pada suatu hal yang telah dimulai pada satu titik di masa lalu dan masih berlanjut hingga saat ini (misalnya saja saat kamu mengungkapkan bahwa kamu telah tinggal di Jakarta sejak tahun 2010 namun hingga kini kamu masih tinggal di Jakarta).

Related: Future Perfect Continuous Tense Beserta Rumus Dan Contohnya

Seperti yang telah saya sampaikan di atas bahwa Present Perfect Tense lebih fokus terhadap dampak dari suatu kejadian yang telah terjadi dibandingkan dengan informasi tentang kapan terjadinya hal itu. Dampak atau efek inilah yang merupakan salah satu bentuk keterkaitan antara masa lalu dengan masa kini seperti yang saya sebutkan dalam definisi Present Perfect Tense di atas. Apa sih maksudnya? Jika masih bingung, coba perhatikan ilustrasi berikut ini sobat.

Suatu hari teman kantormu menghampirimu dan mengajakmu sarapan di kantin kantor. Sayangnya, pagi itu sebelum berangkat ke kantor, kamu sudah sarapan di rumah bersama keluargamu. Lalu kamu pun bilang pada teman kantormu yang mengajak sarapan itu, “waduh, saya sudah sarapan lho, maaf ya”. Menurutmu, apa makna yang sebenarnya ingin kamu ungkapkan lewat kalimatmu tadi? Yap, benar sekali, sebenarnya kalimat yang kamu ucapkan itu merupakan sebuahpenolakan” atas ajakan sarapan bareng yang diberikan oleh teman kantormu. Mengapa kamu menolak? Jawabannya karena kamu tadi sudah sarapan. Memangnya kenapa kalau kamu sudah sarapan? Jawabannya, karena ada “dampak” yang terjadi dari kegiatan sarapanmu di masa lalu (pagi tadi sebelum berangkat kantor) terhadap kondisimu saat itu (saat rekan kerjamu memberi tawaran sarapan bersama). Apa dampaknya? Dampaknya adalahkamu merasa kenyang saat itu” jadi kamu tidak sanggup kalau harus makan lagi bersama rekan kerjamu.

Bagaimana sobat, sudah jelas kan apa yang dimaksud dengan “dampak” atau “efek” dalam definisi Present Perfect Tense di atas? Saya harap begitu ya, namun jika belum, saya sangat menyarankan sobat untuk membaca ulang ilustrasi yang saya berikan.

Kembali lagi ke pambahasan materi kita, kalimat yang kamu ucapkan kepada rekan kerjamu dalam ilustrasi di atas adalah salah satu contoh penggunaan Present Perfect Tense. Jika kita tuliskan dalam Bahasa Inggris dan dengan mengikuti aturan rumus Present Perfect Tense, maka kalimat itu akan terlihat seperti berikut ini:

Contoh: I have had my breakfast.

Sederhana sekali kan ternyata konsep Present Perfect Tense itu. Oh ya sobat, seperti yang kita bahas dalam ilustrasi di atas, nampak jelas bagi kita bahwa saat kita menggunakan Present Perfect Tense dalam kalimat kita, sebenarnya kita tidak sekedar menyatakan suatu informasi saja ya, namun ada “fungsi” atau “tujuan” tertentu yang sebenarnya ingin kita capai dengan mengutarakan kalimat kita dalam bentuk Present Perfect Tense. Salah satunya adalah “penolakan” seperti yang kita lihat dalam ilustrasi di atas.

Inilah yang membedakan Present Perfect Tense dengan tenses lainnya sobat, karena umumnya tenses lain hanya bersifat informative saja, misalnya saat kamu menggunakan Simple Present Tense untuk memperkenalkan diri dengan kalimat “My name is Julio”. Kalimat itu ya begitu saja, hanya memberi tahu orang lain bahwa nama saya Julio dan udah selesai. Tapi dalam Present Perfect Tense tidak seperti itu, karena pernyataan kita dalam tenses ini bisa menimbulkan dampak atau makna lain seperti halnya yang saya contohkan dalam ilustrasi di atas.

Penggunaan For dan Since dalam Present Perfect Tense

Dalam kalimat Present Perfect Tense, kita akan sering sekali menjumpai penggunaan kata For dan Since. Jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, “For” artinya “Selama” dan “Since” artinya “Sejak”. Keduanya sama-sama digunakan untuk merujuk pada hitungan waktu / masa, namun bedanya “For” digunakan untuk menunjukkan “durasi waktu” sedangkan “Since” digunakan untuk menunjukkan “titik awal / titik mula” hitungan waktu tersebut.

Contoh Penggunaan For dan Since

For six hours = selama enam jam

For two days = selama dua hari

For three years = selama tiga tahun

Since yesterday = sejak kemarin

Since last night = sejak semalam

Since 2010 = sejak tahun 2010

Ungkapan Umum dalam Present Perfect Tense

Dalam Present Perfect Tense, kita juga mengenal beberapa ungkapan umum atau common expression. Pelajarilah ungkapan-ungkapan umum di bawah ini supaya kamu terdengar lebih natural nantinya saat ingin menggunakan Present Perfect Tense dalam kalimat.

Have been to

Ungkapan “have been to” biasanya digunakan untuk membicarakan pengalaman mengunjungi suatu tempat (negara / kota / tempat terkenal). Perhatikan contoh berikut ini:

I have been to Madagascar. (Saya pernah ke Madagascar.)

She has been to Italy. (Dia pernah ke Italia)

Have you ever been to . . . ?

Ungkapan ini masih berhubungan dengan yang di atas, namun kali ini digunakan untuk menanyakan pengalaman berkunjung ke suatu tempat. Perhatikan contoh berikut ini:

Have you ever been to Indonesia? Yes, I have / No, I haven’t.

(Apakah kamu pernah ke Indonesia? Ya, saya pernah / Tidak, saya belum pernah.)

Have never . . .

Ungkapan ini digunakan untuk mengungkapkan hal yang belum pernah dilakukan. Perhatikan contoh berikut:

I have never been to Australia. (Saya belum pernah ke Australia)

I have never seen anything like it. (Saya belum pernah melihat hal yang seperti itu.)

There have been . . . / There has been . . .

Ungkapan ini digunakan untuk menyatakan bahwa suatu hal telah terjadi. Perhatikan contoh berikut:

There has been a report of UFO sightings on Machu Picchu island.

(Telah ada laporan penampakan UFO di pulau Machu Picchu.)

Rumus Present Perfect Tense

Berikut ini adalah rumus Present Perfect Tense. Pahami dan coba gunakan rumus di bawah ini untuk membuat berbagai contoh kalimat agar sobat semakin mahir dalam menggunakan Present Perfect Tense.

Rumus Kalimat Verbal Present Perfect Tense (mengandung verb / kata kerja)

(+) Subject + have / has + Past Participle (Verb 3)

Contoh: I have lived in Jakarta since 2010.

(-) Subject + have / has + not + Past Participle (Verb 3)

Contoh: She has not eaten anything.

(?) Have / Has + Subject + Past Participle (Verb 3)

Contoh: Have you finished your homework?

Rumus Kalimat Nominal Present Perfect Tense (tanpa verb / kata kerja)

(+) Subject + have / has + been

Contoh: I have been an English teacher for six years.

(-) Subject + have / has + not + been

Contoh: Miss Anita has not been herself lately.

(?) Have / Has + Subject + been

Contoh: Have you been to Paris?

Seperti itulah tadi sobat rumus Present Perfect Tense beserta contoh kalimatnya. Jika sobat perhatikan ada pilihan antara “Have / Has” dalam rumus di atas ya. Nah cara penggunaannya disesuaikan dengan subject kalimat itu. Jika subject kalimatnya tergolong kedalam third person singular (she / he / it / nama orang tunggal), maka yang digunakan adalah “Has”. Namun jika subjectnya plural (they / we) atau “You” dan “I”, yang digunakan adalah “Have”.

Contoh Kalimat Present Perfect Tense

Pada bagian ini saya akan menampilkan beberapa contoh kalimat Present Perfect Tense. Silahkan disimak.

Rania has worked in this company for fifteen years.

(Rania sudah bekerja di perusahaan ini selama lima belas tahun.)

Jamaludin and Kohli have watched this movie several times.

(Jamaludin dan Kohli sudah menonton film ini beberapa kali.)

The bird has not taken the bait.

(Burung itu belum mengambil umpan itu.)

I have not written anything on my page.

(Saya belum menuliskan apapun pada lembaran saya.)

Have you ever done anything dangerous in your life?

(Pernahkah kamu melakukan sesuatu yang berbahaya dalam hidupmu?)

I have been to this hotel before.

(Saya sudah pernah ke hotel ini sebelumnya.)

There have been many letters in your mailbox.

(Telah ada banyak surat dalam kotak suratmu.)

I have not been sick for a very long time.

(Saya sudah lama tidak sakit.)

She has never been in this difficult situation.

(Dia belum pernah berada dalam situasi sulit seperti ini.)

Have you been to Andi’s house recently?

(Apakah kamu pernah ke rumah Andi baru-baru ini?)

Baca Juga: 50 Contoh Kalimat Present Perfect Tense Baru Dan Variatif

Selesai sudah pembahasan singkat tentang Present Perfect Tense kali ini, silahkan dipelajari ulang supaya sobat lebih paham akan konsepnya. Terimakasih banyak sudah membaca tulisan kali ini hingga selesai, semoga informasi yang ada di dalamnya bermanfaat dan bisa membantu sobat dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Saya akhiri sampai di sini, silahkan lanjutkan dengan materi baru yang berjudul: Present Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya.

Referensi:

  1. Present Perfect Tense – https://www.ef.co.id/panduan-bahasa-inggris/tata-bahasa-inggris/present-perfect/ – Diakses tanggal 31 Juli 2019
  2. Present Perfect Tense – https://www.grammarly.com/blog/present-perfect-tense/ – Diakses tanggal 31 Juli 2019
  3. Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense – https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-present-perfect-tense – Diakses tanggal 31 Juli 2019
  4. Present Perfect Tense – https://www.englishpage.com/verbpage/presentperfect.html – Diakses tanggal 31 Juli 2019
  5. Present Perfect dengan FOR dan SINCE – https://www.ef.co.id/panduan-bahasa-inggris/tata-bahasa-inggris/present-perfect-dengan-dan/ – Diakses tanggal 31 Juli 2019
  6. English Grammar: “Have you ever been to (a place)?” | Present Perfect – http://www.englishteachermelanie.com/english-grammar-have-you-ever-been-to-a-place-present-perfect/ – Diakses tanggal 31 Juli 2019
  7. Verb 1-2-3 – http://verb123.com/ – Diakses tanggal 31 Juli 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *