Present Perfect Continuous Tense Beserta Rumus Dan Contohnya


Hai sobat, selamat datang lagi di Bigbanktheories. Tulisan saya kali ini akan membahas tentang Present Perfect Continuous Tense secara rinci. Bagi sobat pengunjung yang sedang mencoba memahami tenses ini, silahkan baca penjelasan di bawah ini yang sudah mencakup pengertian Present Perfect Continuous Tense, rumus dan juga contoh kalimatnya.

Secara sederhana, Present Perfect Continuous Tense adalah tenses yang mengandung unsur Present Perfect Tense dan juga Present Continuous Tense. Mengapa begitu? Karena hal yang dibicarakan dalam sebuah kalimat yang mengikuti pola Present Perfect Continuous Tense adalah hal yang “sudah” terjadi dan “masih” berlangsung hingga saat hal itu dibicarakan. Bagi sobat yang belum sempat mempelajari kedua tenses di atas silahkan pahami dulu konsepnya supaya kamu akan lebih mudah dalam memahami konsep Present Perfect Continuous Tense ini. – Bigbanktheories.com

Present Perfect Continuous Tense Beserta Rumus Dan Contohnya

Present Perfect Continuous Tense

Present Perfect Continuous Tense adalah pola kalimat dalam Bahasa Inggris yang isinya membahas tentang suatu tindakan yang telah dimulai pada satu titik di masa lalu dan masih berlanjut hingga saat ini (saat membicarakan hal itu). Dengan kata lain, aksi yang dibicarakan itu belum berakhir dan “sedangdilakukan saat hal itu dibicarakan. Tenses ini dikenal juga dengan nama lain yaitu Present Perfect Progressive tense.

Related: Past Perfect Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya

Contoh sederhana yang mungkin bisa membantumu memahami pengertian Present Perfect Continuous Tense di atas misalnya saat ada tamu datang ke rumahmu. Tamu tersebut ingin bertemu dengan ayahmu. Kebetulan saat tamu itu datang ke rumahmu, ayahmu belum pulang dari kantor. Kamu pun mempersilahkan tamu itu duduk di ruang tamu dan menunggu ayahmu pulang. Sambil ngobrol dengan tamu itu, kamu menemaninya menunggu ayahmu pulang dari kantor. Tanpa terasa waktu sudah berlalu 15 menit dan ayahmu belum juga pulang. Kamu pun berinisiatif untuk menghubungi ayahmu lewat telepon karena merasa tidak enak sudah membuat tamu itu menunggu begitu lama. Saat ayahmu mengangkat teleponmu, kamu pun memberitahu bahwa ada tamu yang sedang menunggunya di rumah, lalu ayahmu bertanya “sudah lama tamu nya nunggu?” kemudian kamu pun menjawab “sudah yah, sudah sekitar 15 menit tamunya menunggu ayah”. Kemudian ayahmu pun bergegas pulang setelah menerima telepon darimu.

Kejadian seperti dalam ilustrasi di atas tadi adalah salah satu contoh hal yang bisa kita ungkapkan dalam Present Perfect Continuous Tense. Mengapa begitu? Karena kegiatan “menunggu” yang dilakukan si tamu itu sudah berjalan selama 15 menit, artinya hal itu sudah dimulai sejak 15 menit yang lalu (di masa lampau) dan pada saat kamu menceritakan hal itu pada ayahmu di telepon, kegiatanmenunggu” itu masih terus berjalan, karena faktanya saat itu si tamu masih berada di sana dan masih menunggu.

Terlepas dari penting atau tidaknya durasi dari suatu aksi yang dibicarakan dalam Present Perfect Continuous Tense, fokus utamanya adalah menyatakan bahwa suatu halsudahdilakukan dan “masihterus berjalan atau berlanjut. Jika ilustrasi di atas kita tuliskan dalam sebuah contoh kalimat Present Perfect Continuous Tense, maka kalimatnya akan jadi seperti berikut ini:

Contoh: The guest has been waiting for you for about fifteen minutes. (Tamu itu sudah menunggu anda selama sekitar lima belas menit.)

Catatan tambahan! Selain untuk mengungkapkan tindakan yang sudah terjadi dan masih berlangsung hingga saat ini, ternyata Present Perfect Continuous Tense bisa juga digunakan untuk membicarakan kejadian yang “baru saja selesai, dengan catatan bahwa yang menjadi fokus kita bukan kejadian itu, namun dampak dari kejadian itu. Misalnya saja contoh berikut ini:

Contoh: Someone has been eating my birthday cake. (Seseorang telah memakan kue ulang tahunku)

Jika kita terjemahkan, memang arti nya seperti yang bisa sobat lihat di atas ya. Namun jangan salah, dalam kalimat ini, kondisi yang digambarkan adalah bahwa kue ulang tahun itu sudah dimakan sebagian namun belum habis. Tapi pada saat kita menemukan kue ulang tahun itu, sedang tidak ada orang lain yang menyentuh atau memakannya. Itulah sebabnya kita mengatakan “someone”, karena pada dasarnya kita tidak tau siapa yang udah “makaninkue ulang tahun itu. Yang jelas kue ulang tahun itu tadinya kita simpan dan utuh di kulkas, tapi waktu kita membuka kulkas dan memeriksa nya kue itu udahcuil” atau sudah ada yang memotong dan memakannya sebagian. Fokus kita di sini adalah “dampakdari aksi seseorang yang “makanin” kue ulang tahun itu, yaitu “kue nya tidak utuh lagi”.

Time Signal dalam Present Perfect Continuous Tense

Dalam Present Perfect Continuous Tense ternyata ada beberapa tanda yang dapat kita jadikan sebagai patokan bahwa tenses ini bisa digunakan. Tanda-tanda seperti ini dikenal dengan sebutan Time Signal. Berikut beberapa kata dan frasa yang menjadi Time Signal dalam Present Perfect Continuous Tense:

All day = sepanjang hari

The whole day = sepanjang hari

Since = sejak

For = selama

Recently = baru saja / belakangan ini

Lately = akhir-akhir ini / belakangan ini

Dan ditambah lagi dengan berbagai pertanyaan yang diawali frasa “How long . . .

Jadi, jika suatu saat kamu bertemu dengan salah satu time signal di atas, kamu tau bahwa Present Perfect Continuous Tense akan muncul di sana.

Rumus Present Perfect Continuous Tense

Pada bagian ini akan saya tampilkan rumus Present Perfect Continuous Tense. Silahkan pelajari dan gunakan rumus berikut ini untuk berlatih membuat contoh kalimat dalam bentuk Present Perfect Continuous Tense.

(+) Subject + have / has + been + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: I have been doing this homework for two hours.

(-) Subject + have / has + not + been + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: She has not been swimming since three years ago.

(?) Have / Has + Subject + been + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: Have you been drinking lately?

Itulah tadi rumus Present Perfect Continuous Tense beserta contoh kalimatnya, silahkan diamati dengan baik supaya sobat bisa mengingatnya. Kunjungi tautan yang berisi contoh Present Perfect Continuous Tense ini jika sobat ingin melihat variasi contoh yang lebih banyak. Jangan lupa, sesuaikan penggunaan “Have / Has” dengan subject kalimat. Gunakanlah “Has” saat subjectnya adalah “She / He / It”, dan untuk subject selain ketiga itu, gunakanlah “Have”.

Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense

Di bawah ini sudah saya siapkan beberapa contoh kalimat Present Perfect Continuous Tense untuk sobat pelajari. Saya harap dengan mengamati berbagai contoh yang saya sajikan, sobat akan semakin paham dengan materi kali ini dan mampu membuat contoh kalimat versi mu sendiri.

The dog has been living in the sewer for weeks.

(Anjing itu telah tinggal di selokan selama berminggu-minggu.)

Cassie, Rena and Molly haven’t been sleeping for days.

(Cassie, Rena dan Molly belum tidur selama berhari-hari.)

Have you been exercising recently?

(Apakah anda sudah berolahraga baru-baru ini?)

I have been crying all day because of you.

(Aku menangis sepanjang hari karena kamu.)

Calista hasn’t been working since yesterday.

(Calista belum bekerja sejak kemarin.)

Has he been staring at me?

(Apakah dia menatapku dari tadi?)

Baca Juga: 25 Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense Terbaru

Sobat, seperti itulah tadi contoh kalimat Present Perfect Continuous Tense, semoga contoh yang saya sajikan ini bisa memberi inspirasi serta bisa dijadikan panduan untuk membuat lebih banyak lagi contoh kalimat yang baru. Demikian penjelasan singkat tentang Present Perfect Continuous Tense kali ini, semoga materi kali ini bisa dipahami dengan mudah dan bisa bermanfaat bagi sobat pembaca semua. Saya akhiri sampai di sini, sampai jumpa lagi dan terimakasih banyak atas waktu yang telah kamu luangkan kali ini.

Referensi:

  1. Present Perfect Continuous – https://www.ef.co.id/panduan-bahasa-inggris/tata-bahasa-inggris/present-perfect-continuous/ – Diakses tanggal 1 Agustus 2019
  2. Present Perfect Continuous Tense – https://www.grammarly.com/blog/present-perfect-continuous-tense/ – Diakses tanggal 1 Agustus 2019
  3. Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense – https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-present-perfect-continuous-tense – Diakses tanggal 1 Agustus 2019
  4. Signal words for the Present Perfect Progressive – https://www.englisch-hilfen.de/en/grammar/present_perfect_progressive_signal_words.htm – Diakses tanggal 1 Agustus 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *