Present Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya


Present Continuous Tense adalah salah satu tenses dasar dalam Bahasa Inggris yang wajib dan pasti diajarkan pada semua siswa di sekolah atau pada semua orang yang baru mulai mempelajari Bahasa Inggris. Mengapa begitu ya? Salah satu yang menjadi alasannya adalah karena kegunaannya dalam percakapan sehari-hari. Pola kalimat dalam Present Continuous Tense memegang peranan penting dalam komunikasi karena dengan menggunakan pola inilah kita bisa mengekspresikan suatu kegiatan yang sedang berlangsung disaat kita membicarakannya.

Misalnya saja saat kamu sedang berada di kamar, kemudian kakakmu masuk dan bertanya “eh, lagi ngapain dek?” dan kamu pun menjawab “lagi ngerjain PR”. Kalimat yang kamu gunakan untuk membicarakan kegiatan yang sedang kamu kerjakan inilah yang kita ungkapkan dalam bentuk Present Continuous Tense dalam Bahasa Inggris. Saya rasa sekarang sobat mulai mendapat gambaran ya seperti apa konsepnya tenses yang satu ini. Nah, melalui artikel kali ini, kita akan mempelajari secara khusus tentang Present Continuous Tense, mulai dari pengertiannya, rumusnya serta tidak ketinggalan, contoh kalimatnya. Yuk kita simak selengkapnya dalam penjelasan singkat berikut ini. – Bigbanktheories.com

Present Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya

Present Continuous Tense

Present Continuous Tense adalah pola kalimat yang mengindikasikan suatu tindakan atau kegiatan yang sedang berlangsung saat itu, atau dengan kata lain aksi yang belum berakhir. Tenses ini terkadang juga digunakan untuk membicarakan suatu perubahan yang sedang berlangsung dan biasanya membutuhkan proses yang cukup memakan waktu, misalnya saja dalam pernyataan “we are getting older every day“. Proses pertambahan usia merupakan salah satu contoh perubahan yang sedang berlangsung dan membutuhkan proses yang lama.

Related: 200 Contoh Kalimat Simple Past Tense Terbaru Dan Variatif

Contoh kejadian yang dapat diungkapkan dalam Present Continuous Tense misalnya seperti ilustrasi yang saya berikan di atas, yaitu saat kita menyatakan bahwa “saya sedang mengerjakan PR” dan disaat kita mengucapkan kalimat tersebut, memang tindakan itu sedang kita lakukan. Seperti inilah konsep sederhana yang terkandung dalam Present Continuous Tense. Jika kita tuliskan dalam Bahasa Inggris, maka contoh kalimat tersebut akan menjadi seperti ini:

Contoh: I am doing my homework. (Saya sedang mengerjakan PR.)

Present Continuous Tense juga dikenal dengan istilah lain yaitu Present Progressive. Alasannya karena memang jika kita coba cermati, hal yang diungkapkan dalam Present Continuous Tense adalah hal yang melibatkanprogress” atau dalam Bahasa Indonesianya kemajuan, yang intinya ia menunjukkan bahwa ada suatu proses yang “sedang terjadi” di sana.

Perlu sobat pahami bahwa hal yang dibicarakan dengan menggunakan Present Continuous Tense menunjukkan bahwa kita sebagai orang yang menggunakan atau mengucapkan kalimat tersebut tau bahwa hal itu merupakan sesuatu yang bersifat “temporary” atau sementara. Disinilah letak bedanya Present Continuous Tense dengan Simple Present Tense.

Dalam Present Continuous Tense, fokus kita adalah bahwa suatu kejadian sedang terjadi pada saat kita membicarakannya. Sedangkan dalam Simple Present Tense, fokusnya bukan hal itu, tapi fokusnya adalah bahwa suatu kejadian itu merupakan sebuah kebiasaan, sebuah fakta atau suatu yang kita anggap tidak pernah berubah.

Penjelasan sederhananya seperti ini sobat, saat kita tadi mengatakan “I am doing my homework”, yang ingin kita ungkapkan adalah bahwa “saya sedang mengerjakan PR saat itu”. Namun jika kita ubah kalimatnya dan menggunakan pola Simple Present Tense menjadi “I do my homework every night”, yang ingin kita ungkapkan adalah bahwa “ngerjain PR malam hari itu adalah hal yang biasa saya lakukan”. Apakah saat itu kita sedang mengerjakan PR atau tidak, itu bukan masalahnya, karena jika kita menggunakan kalimat Simple Present Tense seperti contoh itu, bisa saja saat mengucapkan kalimat itu kita sedang bersantai dan menonton TV, yang jelas “ngerjain PR setiap malam” itu adalah kebiasaan saya.

Sampai di sini saya harap bisa dipahami dengan mudah ya konsep Present Continuous Tense yang saya coba jelaskan.

Rumus Present Continuous Tense

Seperti halnya tenses yang lain, Present Continuous Tense pun memiliki pola nya sendiri. Berikut ini adalah rumus Present Continuous Tense dalam bentuk positive, negative dan juga interrogative.

(+) Subject + to be (is / am / are) + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: I am singing.

(-) Subject + to be (is / am / are) + not + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: She is not running.

(?) to be (is / am / are) + Subject + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: Are they playing badminton right now?

Nah, seperti itulah tadi rumus Present Continuous Tense sobat. Jika kamu perhatikan, di sini kita menggunakan bentuk “to be” yang sama ya dengan yang kita pakai dalam Simple Present Tense. Dengan begini bisa kita simpulkan bahwa “to be” untuk Present Tense adalah: is / am / are.

Contoh Kalimat Present Continuous Tense

Setelah sobat memahami konsep dan rumus Present Continuous Tense, kini saatnya saya menampilkan beberapa contoh kalimat Present Continuous Tense untuk sobat amati.

Conita is writing a letter for her parents.

(Conita sedang menulis surat untuk kedua orang tuanya.)

Ranggita is not playing guitar right now.

(Ranggita tidak sedang bermain gitar saat ini.)

Jeremy and Marian are not practicing their speeches.

(Jeremy dan Marian tidak sedang berlatih pidato mereka.)

Are you telling the truth?

(Apakah kamu mengatakan yang sebenarnya?)

Is she doing something important at the moment?

(Apakah dia sedang melakukan hal yang penting saat ini?)

Am I driving too fast?

(Apakah saya mengendarai terlalu cepat?)

I am making an omelette.

(Aku sedang membuat telur dadar.)

Shania is not studying right now.

(Shania tidak sedang belajar saat ini.)

Mr. Dikta is teaching at 7b.

(Mr. Dikta sedang mengajar di kelas 7b.)

Julio, Gean and Mino are helping Mr. Richard to bring his stuff home.

(Julio, Gean dan Mino sedang membantu Mr. Richard membawa barang-barangnya ke rumah.)

Baca Juga: 100 Contoh Kalimat Present Continuous Tense Terbaru Lengkap

Oke deh sobat, itulah pembahasan singkat tentang Present Continuous Tense dalam Bahasa Inggris, silahkan dibaca ulang jika sobat masih merasa bingung akan penjelasan yang saya sajikan. Terimakasih banyak atas waktu yang sudah sobat luangkan, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat pembaca semua. Sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Pengertian, Rumus, Fungsi, Contoh Kalimat Present Continuous Tense – https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-present-continuous-tense – Diakses tanggal 30 Juli 2019
  2. Present Continuous Tense – https://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/present-continuous-tense.aspx – Diakses tanggal 30 Juli 2019
  3. Present Continuous – https://www.grammarly.com/blog/present-continuous/ – Diakses tanggal 30 Juli 2019
  4. Present Continuous Tense Examples – https://examples.yourdictionary.com/present-continuous-tense-examples.html – Diakses tanggal 30 Juli 2019
  5. Present Continuous Tense – https://www.englishpage.com/verbpage/presentcontinuous.html – Diakses tanggal 30 Juli 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *