Preposition Of Quantity Or Measure Dan Contoh Kalimatnya


Masih membahas seputar preposition, kali ini kita akan mempelajari pengertian serta contoh dari preposition of quantity or measure. Materi kali ini juga merupakan salah satu jenis dari preposition, yakni other preposition. Nah, pastinya sekarang sobat penasaran kan seperti apa sih penjelasan materi kita kali ini, yuk langsung saja kita simak materi nya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian Dan Contoh Kalimat Preposition Of Quality Or Measure

Preposition Of Quantity Or Measure

Pengertian Preposition of Quantity or Measure

Preposition of quantity or measure merupakan salah satu jenis dari preposition (kata depan) yang fungsinya adalah untuk mengenalkan informasi berupa hubungan “kuantitas” atau “ukuran” antara objek dengan kata kata lain dalam kalimat. Agak sulit memang menjelaskannya dengan kata kata, untuk itu kami juga sudah menyediakan beberapa contoh kalimat yang menggunakan jenis preposition ini di dalamnya. Semoga bisa membantu ya sobat.

Sebelum menuju ke contoh kalimat, kita juga perlu tau bahwa saat digunakan dalam kalimat preposition ini juga akan dikemas dalam bentuk prepositional phrase, yang terdiri dari preposition of quantity or measure ditambah object of preposition yang dapat berupa noun, pronoun ataupun gerund.

Related: Penjelasan Lengkap Dan Contoh Kalimat Comparative Degree

Kita bisa mengetahui keberadaan preposition of quantity or measure dalam sebuah kalimat dengan memperhatikan prepositional phrase nya. Mengapa begitu? Karena nantinya prepositional phrase yang mengandung preposition of quantity or measure akan mampu memberikan jawaban untuk pertanyaan seperti “How much?” atau pun “How Long?”

Contoh Kalimat Preposition of Quantity or Measure

Oh ya sobat, sebelum kita melihat ke contoh kalimat, perlu kami beritahukan bahwa ada dua preposition yang termasuk dalam preposition of quantity or measure ini yaitu for dan by, yang nantinya bisa diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia sebagai: sejauh, seharga, ataupun per.

I bought this shoes for sixty thousand rupiah.

(Saya membeli sepatu ini seharga enampuluh ribu rupiah.)

My friend and I have to walk for three kilometers to reach our school.

(Saya dan teman saya harus berjalan sejauh tiga kilometer untuk sampai ke sekolah kami.)

I got the ancient map in exchange for my paintings.

(Saya mendapatkan peta kuno itu sebagai pertukaran atas lukisan saya.)

The earning of this website is measured by click.

(Pendapatan dari website ini dihitung per klik.)

If you work as a builder, you will be paid by day.

(Jika kamu bekerja sebagai tukang bangunan, kamu akan dibayar per hari.)

Istana Buah is the place where you can buy any fruit by kilo.

(Istana Buah adalah tempat dimana kamu bisa membeli buah apapun per kilo.)

Oke sobat, itulah tadi yang bisa kami sajikan mengenai preposition of quantity or measure. Kami harap contoh kalimat yang kami berikan cukup untuk membuatmu memahami materi kali ini. Mohon maaf jika ada kekurangan ya sobat. Kami pamit dulu, sampai jumpa di artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian Dan Contoh Preposition of Quantity or Measure – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-preposition-quantity-measure – Diakses tanggal 21 Desember 2016

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *