Preposition Of Purpose Dibahas Secara Lengkap Disini


Bagitu banyak jenis preposition yang perlu kita pelajari jika kita pecah lagi menjadi bagian kecil dengan fungsi khususnya. Tapi jangan khawatir sobat, tim kami akan selalu berusaha mengumpulkan informasi penting seputar preposition dan jenis nya agar kami bisa menyajikannya dalam artikel yang menarik serta bisa dipahami dengan mudah.

Salah satu dari sekian banyak jenis preposition adalah preposition of purpose yang akan kita bahas kali ini. Dari berbagai sumber, kami menemukan bermacam macam versi penjelasan tentang materi ini, namun secara garis besarnya adalah seperti rangkuman yang akan kami tampilkan di bawah ini. Tentunya kamu penasaran bukan, nah ayo langsung saja baca sajian materi dari kami. – Bigbanktheories.com

Contoh Preposition Of Purpose

Preposition Of Purpose

Pengertian Preposition Of Purpose

Sesuai dengan namanya, Preposition of purpose adalah salah satu jenis dari preposition yang berfungsi untuk mengenalkan informasi berupa hubungan “tujuan” antara objek dengan kata kata lain dalam suatu kalimat. Dalam penggunaannya di dalam kalimat, preposition ini akan dikemas dalam bentuk prepositional phrase yang terdiri dari preposition of purpose ditambah dengan object of preposition yang dapat berupa noun, pronoun ataupun gerund.

Related: Contoh Soal Singular And Plural Nouns Lengkap Dengan Jawaban

Kita bisa mengetahui keberadaan preposition of purpose dalam sebuah kalimat dengan melihat prepositional phrase nya. Taukah kamu alasannya? Hal ini karena nantinya sebuah prepositional phrase yang memiliki preposition of purpose di dalamnya akan mampu menjadi jawaban untuk pertanyaan “why was it done?” atau dalam Bahasa Indonesia nya mengapa sesuatu itu dilakukan.

Contoh Kalimat Preposition Of Purpose

Sebelum beralih ke contoh kalimat dari preposition of purpose, ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu apa saja yang termasuk kedalam jenis preposition of purpose ini. Dari beberapa sumber yang kami temukan, kami telah merangkum bahwa kosakata yang termasuk dalam preposition of purpose adalah sebagai berikut: for, in order to, to, so as to. Sekarang ayo kita lihat penggunaannya dalam kalimat.

This elevator is for VIP resident only.

(Lift ini khusus untuk penghuni VIP.)

I am sorry for your loss.

(Saya turut bersedih atas kehilanganmu.)

They want to learn physics.

(Mereka ingin belajar Fisika.)

I consume two spoons of honey in order to regain my vitality.

(Saya mengkonsumsi dua sendok madu dengan tujuan untuk mengembalikan tenaga saya.)

Kami akhiri sampai disini dulu sobat pembahasan materi tentang preposition of purpose dan penggunaannya dalam kalimat. Semoga penjelasan singkat dari kami bisa bermanfaat dan bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih banyak untuk kunjungannya, sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Pengertian Dan Contoh Kalimat Preposition Of Purpose – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-preposition-of-purpose – Diakses tanggal 22 Desember 2016
  2. Prepositions Of Purpose: “To” & “For” – http://www.theenglishbug.com/prepositions-of-purpose-to-for/ – Diakses tanggal 22 Desember 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *