Possessive Pronouns Beserta Fungsi Dan Penjelasan Lengkapnya


Possessive pronouns adalah salah satu jenis kata ganti (pronoun) yang sangat sering digunakan dalam kalimat. Sebelum mempelajari lebih jauh tentang pengertian, fungsi dan contoh kalimat possessive pronouns, ada baiknya kita mengingat kembali sekilas materi tentang pronoun dalam Bahasa Inggris. Menurut pengertiannya, pronoun adalah kata ganti yang digunakan dalam kalimat dengan tujuan untuk menggantikan kata benda (noun) agar kata benda yang sama tidak perlu digunakan berulang ulang dan kalimat pun akan menjadi lebih efisien.

Jika kita lihat dari arti kata nya, maka possessive pronouns artinya kata ganti kepunyaan. Tapi apa benar begitu? Dan jika benar, seperti apa yang dimaksud dengan kepunyaan disini? Ayo kita pelajari selengkapnya dala artikel ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian dan Contoh Kalimat Possessive Pronouns

Possessive Pronouns Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Possessive Pronoun

Possessive pronoun adalah jenis pronoun (kata ganti) yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan atau ownerships atas sesuatu. Saat digunakan dalam kalimat, possessive pronoun bisa menempati posisi subject, subject complement ataupun direct object.

Related: Penjelasan Lengkap Dan Contoh Kalimat Complex Sentence

Seperti yang sudah pernah kita bahas dalam materi tentang pronoun dalam Bahasa Inggris bahwa ada dua cara untuk mengungkapkan kepemilikan yang bisa kita gunakan dalam kalimat. Yaitu dengan menggunakan possessive adjective dan possessive pronoun. Sampai saat ini pun masih banyak yang menganggap bahwa keduanya adalah satu hal yang sama, dan memang tidak salah sih, namun jika kita pelajari sedikit, ada perbedaan lho antara keduanya.

Perbedaan antara possessive pronoun dengan possessive adjective terletak pada bentuk pronoun yang digunakan dan juga pada fungsinya. Dilihat dari fungsinya, possessive pronoun digunakan dalam kalimat untuk menggantikan noun, dalam artian noun yang dimaksud tidak ada atau tidak disebutkan lagi. Sedangkan possessive adjective letaknya adalah sebelum noun dan fungsinya adalah untuk menerangkan milik siapakah noun tersebut. Dilihat dari bentuk pronoun, berikut ini adalah kosakata yang termasuk kedalam masing masing kelompok tersebut.

Possessive Pronoun: mine (milikku), yours (milikmu), hers (miliknya), his (miliknya), its (miliknya), ours (milik kami/kita), theirs (milik mereka).

Possessive Adjective: my (… saya / … ku), your (… mu), her (… nya), his (… nya), its (… nya), our (… kami/… kita), their (… mereka)

Bagaimana sobat, terlihat kan beda nya dari segi bentuk. Nah sekarang ayo kita lihat satu contoh kalimat menggunakan possessive pronoun dan juga satu kalimat menggunakan possessive adjective, supaya sobat bisa mengamatinya dan akan lebih mengerti tentang penjelasan kali ini.

Possessive Pronoun: This is mine. (Ini milikku.)

Possessive Adjective: This is my house. (Ini rumahku.)

Seperti contoh penggunaan possessive pronoun di atas, kita boleh tidak menyebutkan kata benda (noun) yang dimaksud. Tapi ingat, hal ini bisa dilakukan dengan anggapan bahwa noun tersebut sudah pernah disebut atau ditunjukkan sebelumnya.

Sebagai penutup, berikut ini kami tampilkan beberapa contoh kalimat menggunakan possessive pronoun. Selamat membaca.

Contoh Kalimat Menggunakan Possessive Pronoun

Your motorcycle is a lot faster than mine.

(Motormu jauh lebih cepat daripada milikku.)

This house is yours now.

(Rumah ini milikmu sekarang)

The key chain is hers.

(Gantungan kunci itu miliknya.)

This building is ours.

(Bangunan ini milik kita.)

Oh ya sobat, sedikit tambahan informasi mengenai possessive pronouns ya, tentu sobat ingat dulu pernah diajarkan jika ingin menunjukkan kepemilikan atas suatu benda kita bisa menambahkan ( ‘s ) pada pemiliknya. Contoh: Budi’s car (mobil milik budi). Tapi perlu diingat, bahwa kita tidak menambahkan ( ‘s ) setelah possessive pronoun.

Oke deh, itu saja mungkin yang bisa kami sampaikan tentang possessive pronouns dalam Bahasa Inggris melalui artikel kali ini. Jika apa yang kami tampilkan ternyata masih banyak kekurangan, kami harap bisa dimaklumi, dan jangan ragu untuk memberi masukan masukan positif untuk perkembangan website ini, caranya mudah, sobat hanya perlu meninggalkan pesan di kolom komentar. Terimakasih kunjungannya hari ini, selamat kembali dari libur panjang dan selamat kembali beraktifitas.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Possessive Pronouns – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-possessive-pronouns – Diakses tanggal 2 Januari 2017
  2. Possessive Pronouns – http://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/possessive-pronouns/ – Diakses tanggal 2 Januari 2017
  3. Pronouns: Possessive (my, mine, your, yours, etc.) – http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/pronouns/pronouns-possessive-my-mine-your-yours-etc – Diakses tanggal 2 Januari 2017

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *