Possessive Noun Dan Aturan Penggunaan Apostrophe


Possessive noun adalah salah satu cara untuk menunjukkan kepemilikan atas suatu noun dalam kalimat. Cara ini bisa dikatakan sebagai cara termudah untuk mengungkapkan possession dalam kalimat jika dibandingkan dengan dua cara alternative lainnya yaitu possessive adjective dan possessive pronoun. Penasaran bagaimana penjelasan lengkapnya? Baca artikel ini sampai selesai. – Bigbanktheories.com

Kumpulan Contoh Possessive Noun

Possessive Noun Dan Aturan Penggunaan Apostrophe

Pengertian Possessive Noun

Possessive noun adalah salah satu jenis dari possessive forms (bentuk kepemilikan) dimana noun yang berperan sebagai owner atau pemilik dari suatu benda. Selain untuk menyatakan kepemilikan, kita juga bisa menggunakan possessive noun untuk mengungkapkan hubungan antara noun yang dirujuk dengan noun yang menerangkannya. Pada umumnya noun owner ini berupa nama orang, namun tidak menutup kemungkinan juga muncul dalam bentuk common noun lainnya. Possessive noun ini memiliki hubungan erat dengan possessive adjective karena jika pembicara dan pendengar sudah sama sama mengetahui secara pasti siapakah noun owner yang sedang dibicarakan, maka possessive noun tersebut bisa digantikan dengan bentuk possessive adjective yang sesuai.

Possessive noun bisa dianggap sebagai bentuk yang sangat mudah untuk dipelajari dibandingkan dengan possessive forms lainnya karena dalam proses pembentukannya,kita hanya memerlukan tambahan berupa punctuation (tanda baca) apostrophe ( ‘ ) diikuti oleh satu huruf “ s ” saja. Tambahan ini kita letakkan di akhir noun owner nya. Misalnya saja seperti:

Related: Penjelasan Dan Contoh Kalimat Simple Sentence Termudah

Buku milik Marni – Marni’s book

Rumah Edward – Edward’s house

Bagaimana sobat? Mudah sekali kan. Tapi sebenarnya tidak hanya itu yang perlu kita ketahui tentang possessive noun dalam Bahasa Inggris, karena ada aturan aturan khusus tentang penggunaan tanda baca apostrophe dalam possessive noun. Berikut penjelasan lengkapnya.

Aturan Penggunaan Apostrophe Dalam Possessive Noun

Kita menggunakan tanda baca apostrophe untuk menunjukkan possession. Dalam penggunaannya, kita harus berhati hati karena ada beberapa aturan khusus yang harus kita perhatikan. Berikut aturan aturan penggunaan apostrophe tersebut.

Untuk menunjukkan bentuk possessive dengan menggunakan sebuah singular noun, tambahkanlah sebuah apostrophe diikuti dengan satu huruf “s”.

Contoh Singular Possessive Noun:

Book’s cover

Computer’s keyboard

Joanne’s shoes

School’s fee

Sun’s rays

Untuk common noun ataupun proper noun yang berakhiran huruf ( s, z, atau x) , misalnya seperti: lens, cactus, bus, Max, Jules, Anas, Texas dan sebagainya, masih terdapat perbedaan pendapat hingga kini. Sebagian beranggapan bahwa kita bisa menggunakan tanda apostrophe saja tanpa harus menambahkan huruf “s” setelahnya, sebagian beranggapan tetap pada pola apostrophe plus “s”, keduanya di bolehkan, yang terpenting adalah konsistensi.

Contoh Possessive Noun Dari Noun Berakhiran S, Z atau X

Max’s car / Max’ car

Jules’s book / Jules’ book

Texas’s cops / Texas’ cops

Untuk noun owner yang berbentuk plural (jamak) dengan akhiran “s” seperti: guys, birds, girls dan sebagainya, cukup tambahkan tanda baca apostrophe saja untuk merubahnya kedalam bentuk possessive. Namun jika tidak berakhiran “s”, maka gunakan pola penambahan apostrophe s ( ‘s ) di akhir noun owner.

Contoh Possessive Noun Dari Plural Noun

The girls’ room

The children’s shoes

Untuk compound noun, tambahkan tanda baca apostrophe diikuti dengan huruf s ( ‘s ).

Contoh Possessive Noun Dari Compound Noun

Notre Dame’s tower

My sister-in-law’s car

Attorney General’s job

Middle class’s income

Untuk noun yang di hubungkan dengan coordinate conjunction, tambahkan apostrophe s ( ‘s ) pada noun yang terakhir disebut. Kita bisa melakukan ini dengan anggapan bahwa noun yang di rujuk merupakan milik bersama dari noun owner yang disebutkan sebelumnya.

Contoh Possessive Noun Dari Noun Dengan Penghubung Coordinate Conjunction

Hansel and Gretel’s adventure

Salt and pepper’s flavors

Man and wife’s vows

Untuk indefinite pronoun, tambahkan tanda baca apostrophe diikuti dengan huruf s ( ‘s ) jika ingin merubahnya kedalam bentuk possessive.

Contoh Possessive Noun Dari Indefinite Pronoun

Everyone’s bag

Each other’s head

Oke deh sobat, itulah tadi sekilas ringkasan materi Bahasa Inggris tentang possessive noun dalam Bahasa Inggris beserta aturan penggunaan tanda baca apostrophe dalam membuat bentuk bentuk possessive tersebut. Mudah mudahan bisa dipahami dengan mudah, dan semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan mu. Terimakasih sudah menjadi pengunjung setia website kami, kami tunggu kedatanganmu lagi besok, sampai jumpa.

Referensi:

  1. Possessive Form: Noun and Pronoun – http://www.wordsmile.com/possessive-form – Diakses tanggal 6 Januari 2017
  2. Possessive Adjective – http://belajarbahasainggrisonlinegratis.blogspot.co.id/2012/03/possessive-adjective.html – Diakses tanggal 6 Januari 2017
  3. Apostrophes – http://www.grammarbook.com/punctuation/apostro.asp – Diakses tanggal 6 Januari 2017
  4. Examples of Possessive Nouns – http://examples.yourdictionary.com/examples-of-possessive-nouns.html – Diakses tanggal 6 Januari 2017
  5. Possessive Nouns – http://catatanbahasainggris.blogspot.co.id/2009/02/possessive-nouns.html – Diakses tanggal 6 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *