Possessive Case Dalam Pronoun Bahasa Inggris Serta Contohnya


Halo sobat, dalam artikel kali ini kita akan belajar tentang possessive case dalam grammar Bahasa Inggris. Apa ada diantara sobat pembaca yang sudah tau atau sempat mempelajari materi ini sebelumnya? Kalau sobat sudah pernah mengenal pelajaran ini, berarti isi artikel kali ini akan bisa sobat pahami dengan sangat mudah. Namun jika ini pertama kali sobat mendengar materi ini, jangan khawatir, materi ini tidak sulit kok.

Jika kita analisa secara singkat saja melalui judul artikel kali ini, bisa kita lihat bahwa materi possessive case ini berhubungan dengan materi pronoun dalam Bahasa Inggris. Dengan begini, sepertinya bisa kita tebak bahwa jenis pronoun yang mungkin berhubungan dengan materi possessive case ini adalah yang baru saja kita pelajari dalam artikel sebelumnya yaitu possessive pronoun. Tapi apa benar begitu? Ayo temukan penjelasannya dalam artikel ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Possessive Case Dalam Pronoun

Possessive Case Dalam Pronoun

Pengertian Possessive Case

Possessive case adalah sebuah case yang ditempati oleh pronoun (kata ganti) yang menunjukkan kepemilikan. Case ini umumnya dikenal juga dengan sebutan genetive case. Pronoun yang menempati case ini disebut dengan possessive pronoun, yang terdiri dari: mine, yours, his, hers, its, ours dan theirs. Jika teman teman masih bingung dengan apa yang dimaksud dengan case, secara singkatnya yang dimaksud dengan case adalah bagian dari sebuah kalimat, bayangkan jika suatu kalimat di bagi menjadi kotak kotak atau wadah, kemudian kotak tersebut akan diisi dengan kosakata yang berbeda yang menyesuaikan dengan unsur suatu kalimat, seperti subject, object, predicate dan lain sebagainya. Inilah yang mengakibatkan terciptanya case yang lainnya seperti subjective case dan objective case. Jika possessive case hanya bisa ditempati oleh possessive pronoun, begitu pula dengan subjective case hanya bisa diisi dengan kosakata yang bisa menjadi subject kalimat saja.

Related: Baca Artikel Ini Untuk Tau Perbedaan Antara Must Dan Have To

Sama halnya dengan yang telah kita pelajari dalam artikel tentang possessive pronoun, bahwa setiap possessive pronoun bisa digunakan sebagai subject maupun object, kitapun bisa melakukan hal yang sama pada pronoun yang menempati possessive case ini. Sekarang,mari kita lihat bagaimana contoh kalimat dengan possessive case.

Contoh Kalimat Possessive Case

Berikut ini beberapa contoh kalimat yang akan menunjukkan bagaimana penggunaan atau letak possessive case dalam kalimat.

Subject:

Yours is really well crafted.

(Milikmu dibuat dengan sangat baik.)

Object of Verb:

I like yours.

(Saya suka milikmu.)

Object of Preposition:

I will take care of my children, and you have to take care of yours.

(Saya akan mengurus anak anak saya, dan kamu harus mengurus (anak anakmu) milikmu.)

Itulah tadi sobat yang bisa kami sampaikan seputar possessive case dalam pronoun Bahasa Inggris, semoga bisa dipahami dengan baik. Terimakasih untuk kunjungannya, semoga apa yang kami sajikan dalam website ini bisa bermanfaat bagi sobat semua. Kami tunggu kunjunganmu lagi besok dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Possessive Case (Pronoun) – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-possessive-genetive-case-pronoun – Diakses tanggal 4 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *