Possessive Adjective Serta Penjelasan Dan Contoh Kalimatnya


Possessive adjective adalah salah satu cara selain possessive pronoun yang bisa kita gunakan dalam kalimat baik secara lisan maupun dalam bentuk tulisan untuk menunjukkan kepemilikan atas suatu benda. Banyak orang yang masih bingung dengan perbedaan antara possessive adjective dengan possessive pronoun ini, bahkan tidak sedikit yang menganggapnya sebagai satu hal yang sama. Taukah kamu mengapa bisa begitu? Ini tentu saja karena keduanya sama sama kita gunakan untuk mengungkapkan possession atau kepemilikan atas sesuatu.

Jika kita perhatikan dengan lebih teliti, sebenarnya possessive adjective ini memiliki ciri sendiri, yang tentunya bisa kita bedakan dari possessive pronoun. Untuk mengetahui lebih jauh tentang seperti apa possessive adjective dalam aturan grammar Bahasa Inggris itu sebenarnya,ayo ikuti pembahasan materi kali ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Possessive Adjective

Possessive Adjective Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Possessive Adjective

Possessive adjective adalah salah satu jenis determiner, biasa dikenal juga dengan sebutan special adjective yang digunakan untuk menjelaskan siapa yang memiliki suatu benda yang sedang dibicarakan. Sama halnya dengan adjective pada umumnya, possessive adjective juga berfungsi untuk menerangkan noun (kata benda), dengan begini noun yang diterangkan juga harus ada atau muncul bersama possessive adjective nya. Dalam penggunaannya, hal ini biasanya diletakkan di depan noun yang diterangkan.

Related: Pengertian Dan Contoh Predeterminer Dalam Bahasa Inggris

Possessive adjective, seperti yang telah kami sebutkan di atas, juga tergolong kedalam jenis adjective (kata sifat), karena berfungsi untuk menjelaskan noun yang muncul setelahnya. Noun yang muncul setelah possessive adjective ini bisa berupa singular and plural noun, maupun countable and uncountable noun. Banyak orang yang meyakini bahwa bentuk possessive adjective ini digunakan untuk menggantikan possessive noun dalam suatu kalimat, namun dengan catatan bahwa pemilik yang dirujuk atau reference-nya dianggap sudah jelas dan diketahui oleh semua orang yang terlibat dalam situasi dimana kalimat tersebut digunakan. Perhatikan ilustrasi berikut.

Possessive Noun: Budi’s car (mobil Budi)

Possessive Adjective: His car (mobil nya/dia)

Bentuk “Budi’s car” merupakan contoh dari possessive noun, tentunya sobat sudah sangat akrab dengan bentuk seperti ini. Nah, bentuk seperti ini bisa kita gantikan dengan menggunakan possessive adjective dan merubahnya menjadi “his car”, dengan catatan bahwa si pembicara dan pendengar sudah tau orang yang dirujuk sebagai pemilik barang tersebut meski tanpa harus menggunakan possessive noun.

Sekarang tentunya sobat ingin tau kan apa saja kosakata yang termasuk kedalam possessive adjective? Berikut ini daftarnya: my (… saya / … ku), your (… mu), her (… nya), his (… nya), its (… nya), our (… kami/… kita), their (… mereka).

Dilihat dari kosakata yang termasuk didalamnya, kita bisa lho membedakan possessive adjective dengan possessive pronoun. Coba saja deh bandingkan dengan daftar possessive pronoun berikut ini: mine (milikku), yours (milikmu), hers (miliknya), his (miliknya), its (miliknya), ours (milik kami/kita), theirs (milik mereka). Bagaimana, berbeda kan. Selain itu juga sobat, dilihat dari fungsinya, possessive pronoun digunakan untuk menggantikan noun, dengan begini noun yang dirujuk sudah tidak ada atau tidak perlu disebutkan lagi. Perhatikan contoh berikut:

Possessive Adjective: Your car is red. (Mobilmu warnanya merah.)

Possessive Pronoun: Mine is blue. (Milikku warnanya biru.)

Kedua kalimat diatas sebenarnya sama sama membicarakan tentang sebuah “mobil/car” namun jika kita lihat di kalimat kedua, noun nya sudah tidak disebutkan lagi dan langsung digantikan dengan bentuk possessive pronoun.

Oh ya sobat, perlu kamu ketahui juga, saat digunakan dalam kalimat, possessive adjective bisa langsung ditemukan dengan noun yang diterangkan dan bisa juga diselingi dengan determiner lain ataupun adjective, misalnya saja : my dog (langsung), my naughty dog (diselingi adjective).

Sekarang, ayo kita lihat contoh penggunaan possessive adjective dalam kalimat.

Contoh Kalimat Menggunakan Possessive Adjective

My house is my paradise.

(Rumahku adalah sorgaku.)

I like your paintings.

(Saya suka lukisan kamu.)

I put the popcorn in her bag.

(Saya menaruh popcorn itu didalam tas nya.)

Bagaimana sobat, apa penjelasan materi yang kami berikan sudah bisa dipahami dengan baik? Mudah mudahan sudah ya, kalaupun ada yang masih ingin kamu ketahui tentang possessive adjective dalam Bahasa Inggris dan belum kami bahas dalam artikel ini, jangan ragu untuk bertanya lewat kolom komentar. Terimakasih banyak untuk kunjungannya hari ini, semoga kami selalu bisa menyajikan informasi bermanfaat bagimu. Sampai jumpa lagi di artikel lainnya ya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Possessive Adjective – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-possessive-adjectives – Diakses tanggal 4 Januari 2017
  2. Perbedaan Possessive Adjective Dan Possessive Pronoun – http://kelasbahasainggris.com/perbedaan-possessive-adjective-dan-possessive-pronoun/ – Diakses tanggal 4 Januari 2017
  3. Possessive Adjective – http://belajarbahasainggrisonlinegratis.blogspot.co.id/2012/03/possessive-adjective.html – Diakses tanggal 4 Januari 2017

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *