Positive Degree Dalam Bahasa Inggris Dibahas Tuntas Disini


Positive degree merupakan tingkatan pertama jika diurutkan dari tiga tingkatan degree of comparison. Arti kata degree itu sendiri adalah “derajat”, jadi degree of comparison artinya derajat perbandingan. Jika sobat belum sempat membaca penjelasan dari dua tingakatan yang lainnya, kamu bisa langsung membuka artikel yang telah kami sediakan tentang comparative degree dan superlative degree. Sedangkan untuk pembahasan materi tentang positive degree akan teman teman temukan dalam artikel ini.

Seperti yang telah kami sebutkan di atas bahwa ada tiga tingkatan dari degree of comparison dan positive degree ini merupakan tingkatan yang pertama. Tentunya sobat ingin tau dong, seperti apa sebenarnya positive degree itu, dan apa pula yang membuatnya berbeda dengan tingkatan yang lain. Jawaban untuk semua pertanyaan tersebut akan bisa kamu temukan dengan membaca artikel ini sampai selesai, so, selamat membaca ya. – Bigbanktheories.com

Contoh Positive Degree

Positive Degree Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Positive Degree

Istilah positive degree berhubungan dengan adjective (kata sifat) dan juga adverb (kata keterangan). Sebuah adjective ataupun adverb yang dikatakan termasuk dalam positive degree adalah saat mereka tidak membuat sebuah perbandingan. Dengan kata lain, positive degree adalah bentuk normal dari adjective atau adverb tersebut. Contohnya: rich, poor, diligent, lazy, handsome, beautiful, good, bad dan sebagainya. Berikut contoh penggunaannya dalam kalimat:

Related: Adverbs Of Degree Serta Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

Hendro is rich.

Margaret is beautiful.

Dua kalimat seperti contoh di atas sudah bisa dikatan menggunakan bentuk positive degree, karena tidak ada unsur yang menunjukkan perbandingan atau menunjukkan bahwa suatu hal bernilai lebih dibandingkan dengan hal lainnya. Hal ini tentu berbeda dengan yang akan kita temukan dalam comparative degree yang memang fungsinya untuk menunjukkan perbandingan bahwa suatu benda memiliki kualitas yang lebih atau juga pada superlative degree yang menunjukkan tingkatan paling.

Contohnya:

Fast (Positive Degree) – Faster (Comparative Degree) – Fastest (Superlative Degree)

Dengan pengertian positive degree yang telah kami sampaikan di atas, bukan berarti bahwa bentuk positive degree tidak bisa digunakan untuk membicarakan tentang kualitas atau nilai dari dua benda. Hal ini bisa saja di lakukan, namun dengan catatan bahwa kita akan mengungkapkan bahwa dua benda memiliki kualitas atau nilai yang sama, dan bukan untuk menunjukkan suatu hal lebih dari yang lainnya. Untuk itulah, untuk menyatakan perbandingan dalam positive degree, harus dimunculkan kata ( as ) yang mengapit bentuk normal adjective atau adverb nya, jadi bisa dibilang bahwa penggunaan “as” ini adalah rumus dari positive degree. Perhatikan contoh berikut:

Your pencil is as long as mine.

(Pensil milikmu sepanjang/sama panjang dengan milikku.)

I cannot draw as good as you.

(Saya tidak bisa menggambar sebaik kamu.)

Bagaimana sobat, bisa dipahami kan pola atau rumus positive degree di atas. Ingat, dalam positive degree kita hanya menggunakan bentuk normal dari adjective ataupun adverb. Yang dimaksud dengan bentuk normal disini adalah, adjective ataupun adverb tersebut tidak ditambahi dengan modifikasi apapun yang akan merubah maknanya.

Baiklah sobat, itulah tadi yang bisa kami sampaikan seputar materi positive degree dalam Bahasa Inggris. Kami harap apa yang kami sajikan sudah mencakup keseluruhan informasi yang perlu teman teman ketahui. Jangan lupa pelajari juga bentuk comparative degree yang lainnya supaya kamu bisa membandingkan ketiganya dan tentunya akan lebih memahami masing masing materi. Terimakasih untuk kunjungannya, sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Positive Degree – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-positive-degree – Diakses tanggal 6 Januari 2017
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat Positive Degree Bahasa Inggris – http://www.tutorialbahasainggris.com/pengertian-dan-contoh-kalimat-positive-degree-bahasa-inggris.html – Diakses tanggal 6 Januari 2017
  3. What Is The Positive Degree (With Examples) – http://www.grammar-monster.com/glossary/positive_degree.htm – Diakses tanggal 6 Januari 2017

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *