Polite Request Dalam Bahasa Inggris Serta Contoh Kalimatnya


Bicara tentang polite request, saya jadi ingat waktu saya masih kuliah dan sedang menysun skripsi dulu. Kebetulan waktu itu skripsi yang saya kerjakan adalah tentang analysis of request and politeness strategies dari kalimat kalimat yang diproduksi oleh siswa saat mereka sedang berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Jadi agak berhubungan deh dengan materi yang akan kita bahas kali ini.

Butuh waktu sekitar satu tahun bagi saya untuk bisa menyelesaikan skripsi saya, tapi ini bukan karena dosen pembimbing killer dan susah di temui lho sobat, bukan juga karena penelitian ini memakan waktu lama, tapi karena waktu itu saya nggak serius mengerjakannya hehe. Saat memulai pengerjaan skripsi, saya sempat berhenti sekitar  satu semester gara gara saya kenal game DOTA, wahaha hayo siapa yang suka sama game ini, hmm siap siap ya skripsimu bakal lama.

Oh ya sobat, pengen tau nggak kenapa saya memilih tema tentang politeness dan request sebagai bahan skripsi saya? Ini dia alasannya. – Bigbanktheories.com

Related: Berbagai Respon Untuk Ucapan Thank You Dalam Bahasa Inggris
Contoh Dialog Polite Request

Polite Request Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Pengertian Polite Request

Untuk memahami pengertian polite request, saya rasa kita harus tau terlebih dahulu request atau act of request itu seperti apa. Jika dilihat dari pengertian request dalam Bahasa Inggris, maka request artinya permintaan atau permohonan. Namun jika dijelaskan secara lebih terperinci, request atau act of request ini adalah suatu tindakan dimana kita membuat orang lain melakukan sesuatu untuk kita atau terhadap kita. Dengan begini sangat wajar atau bahkan bisa dibilang sangat penting bagi kita untuk bisa melakukannya dengan penuh kesopan santunan (polite). Inilah sobat yang melatar belakangi tema dalam skripsi saya, dan ini juga yang menjadi alasan kuat bagi kita untuk mempelajarinya.

Dalam materi ini, bukan hanya pengertian polite request saja yang penting untuk diketahui sobat, namun lebih kepada bagaimana caranya kita bisa menggunakan polite request dalam kalimat kita serta cara cara apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuat request yang kita ungkapkan memiliki kesan yang sopan atau polite. Karena ternyata polite request itu ada pola atau rumusnya yang tentunya bisa kita hapalkan. Yuk kita simak penjelasan tentang rumus polite request berikut ini.

Rumus Polite Request

Terdapat berbagai jenis request yang bisa kita ungkapkan dalam kalimat dan masing masingnya akan kita bahas dalam artikel ini, namun pada umumnya semuanya dibentuk dengan modal auxiliary verb berikut ini: would, could, will, can.

Formal Polite Request

Untuk membentuk polite request agar terdengar lebih formal, umumnya digunakan modal tertentu yaitu “could” dan “would”.

Asking for permission (Meminta izin)

Rumus: Can/Could/May/Might + I + bare infinitive + Complement (optional) + ?

Contoh: Could I borrow your camera? (Bolehkah aku meminjam kameramu?)

Asking for help (Meminta bantuan)

Rumus:

Can/Could/Will/Would + You (please) + bare infinitive + Complement (optional) + ?

ATAU

Would + You mind + Gerund + Complement (optional) + ?

Contoh: Would you mind returning this to Mr.Padolski? (Maukah kamu mengembalikan ini kepada Mr.Padolski?)

Informal Polite Request

Sedangkan untuk membuat polite request terdengar lebih santai kita bisa menggunakan “can” dan “will”.

Contoh:

Can I borrow your pencil? (Bolehkah saya meminjam pensilmu?)

Will you give me your ticket to concert tonight? (Maukah kamu memberikanku tiketmu untuk konser mala mini?)

Informasi Tambahan Tentang Polite Request

Kita tidak bisa menggunakan kata “may” dalam polite request saat subject nya adalah “you”

Contoh: May you take the knife? (Salah) – Could you take the knife? (Benar)

Kita bisa menambahkan kata “Please” untuk membuat bentuk polite request semakin sopan.

Contoh: Could you explain it again, please?

Pola yang bisa kita pelajari tidak hanya pola kalimat polite request nya saja lho sobat, namun ada juga beberapa bentuk respon positif dan juga negative terhadap request tersebut. Ayo kita lihat beberapa contohnya dalam daftar berikut ini.

Positive Answers To Request

Yes, Sure, Okay, Of course, My pleasure, No problem, Certainly dan masih banyak yang lainnya.

Negative Answers To Request

Sorry, No, I’m sorry I can’t, Not now

Itulah tadi sobat beberapa contoh respon yang bisa kita berikan atas suatu request, tentunya masih banyak lagi respon atau jawaban atas sebuah polite request, dan kami yakin sobat pasti bisa menemukan lebih banyak lagi.

Karena request melibatkan lebih dari satu orang, maka kurang lengkap rasanya jika kami belum menampilkan contoh dialog polite request singkat. Silahkan disimak contohnya dibawah ini.

Contoh Dialog Polite Request

Anita: Could I borrow your camera?

Andre: Sure, why not.

Anita: Thank you, that’s really nice of you.

Andre: Don’t mention it, what do you want to do with it?

Anita: I want to take picture of my pet. Can you show me how to use it?

Andre: Oh okey, let me show you.

Okedeh sobat itulah tadi materi Bahasa Inggris tentang polite request, semoga bermanfaat dan bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih untuk kunjungannya hari ini, jangan lupa untuk mengunjungi website kami setiap hari agar kamu tidak ketinggalan update materi terbaru dari kami.

Referensi:

  1. Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat Polite Request – http://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-polite-request – Diakses tanggal 6 Januari 2017
  2. Modals of Polite Request: Would you, Could you, Will you, Can you – http://web2.uvcs.uvic.ca/elc/studyzone/330/grammar/330-modals-polite.htm – Diakses tanggal 6 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *