Plural Family Name Bahasa Inggris Dan Cara Membentuknya


Halo sobat, kamu tau istilah “family name” nggak? Iya itu lho yang dalam Bahasa Indonesianya kita kenal dengan “nama keluarga”, seperti misalnya keluarga Baskoro, atau keluarga Budiman, dan biasanya sih kalau di Indonesia nama keluarga atau family name ini diambil dari nama Ayah atau kepala keluarga nya, atau bisa juga dari nama kakek yang mungkin tergolong terkenal sejak lama.

Nah, kira kira bagaimana ya cara membentuk family name dalam Bahasa Inggris? Kalau dalam Bahasa Indonesia kan enak tuh, tinggal tambahin kata “keluarga” aja di depan nama nya, kalau dalam Bahasa Inggris, masa iya kita harus menambahkan kata “family” sih, misalnya Family Budiman gitu? Jadi agak aneh ya hehe. Penasaran kan tentang how to make plural family name in English? Simak penjelasan kami berikut ini ya. – Bigbanktheories.com

Cara Membentuk Family Name Dalam Bentuk Plural

Plural Family Name Bahasa Inggris

Cara Membentuk Family Name Menjadi Plural

Pada dasarnya untuk membuat family name dalam Bahasa Inggris adalah dengan membuat nama nya menjadi plural, mengapa? Ya,tentu saja karena family name mengindikasikan sebuah keluarga yang tentu terdiri dari banyak orang. Oleh karena itulah, sebenarnya yang perlu kita pelajari adalah, bagaimana caranya kita bisa membentuk family name ini menjadi bentuk plural (jamak). Oh ya sobat, perlu kami beritahukan juga bahwa dalam Bahasa Inggris atau bisa dibilang dalam tradisi di Inggris ataupun Amerika, yang di ambil untuk dijadikan family name adalah nama belakang atau last name, jadi dengan mempelajari materi ini bisa dikatakan kalau kita juga mempelajari tentang bagaimana caranya membuat last name menjadi plural atau dalam Bahasa Inggris nya “how to make your last name plural”.

Related: Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Inggris Keren Dan Romantis

Perlu kita ketahui juga bahwa family names atau nama keluarga itu sama halnya dengan nama merek suatu barang tertentu seperti Samsung, BlackBerry, Sony, Nokia dan sebagainya. Maka kita juga akan memperlakukannya secara sama, yaitu kita tidak akan mengubah ejaan dasar dari nama atau merek tersebut, karena jika ejaannya kita rubah tentu saja itu sudah bukan hal yang sama lagi. Oleh karena itu kita harus berhati hati dalam mengubahnya ke bentuk plural, seperti contohnya “blackberry” jika kita membentuknya menjadi plural dengan merubah ejaan dasar nya dengan mengganti huruf “Y” dengan “ies” seperti aturan pembentukan plural noun, maka yang kita rujuk ini sudah bukan merek handphone “BlackBerry” lagi, melainkan jenis buah bery yang tumbuh di hutan dan berwarna hitam. Bagaimana, bisa dimengerti kan sobat.

Jadi bagaimana dong cara nya membentuk family names menjadi plural? Pada dasarnya mudah sekali kok sobat, ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk membuat plural family name, yang pertama dengan menambahkan akhiran (-s), dan yang kedua dengan menambahkan akhiran (-es) khusus untuk family name yang berakhiran huruf s, x, ch, sh dan z. Perhatikan contoh contoh berikut ini:

Contoh Plural Family Name dengan Penambahan (-s)

The Starks, The Targaryens, The Lannisters, The Snows, The Greyjoys, The Baratheons

Contoh Plural Family Name dengan Penambahan (-es)

The Jameses, The Joneses, The Foxes, The Barches, The Bushes, The Martinezes, The Alvarezes

Gimana sobat, gampang kan ternyata. Coba sekarang kamu tambah daftar contoh plural family name yang telah kami bagikan di atas, bisa nggak kamu menemukan beberapa contoh lagi selain yang sudah kami sebutkan? Pastinya bisa dong.

Anggapan Yang Salah Tentang Penggunaan Apostrophe Untuk Membentuk Plural Family Name

Mungkin karena belum tersosialisasikan dengan baik ya, banyak anggapan bahwa kita bisa membentuk plural family name dengan menambahkan tanda baca apostrophe ( ‘ ), padahal tidak begitu lho sobat. Memang mungkin kamu akan menemui bentuk bentuk seperti “The Starks’ house” dan sebagainya, tapi ini sebenarnya merupakan bentuk possessive form dari family name yang telah di plural kan sebelumnya, jadi jangan sampai salah sangka ya.

Possessive Form dari Plural Family Name

Berhubung telah disinggung di atas, kita juga akan membahas tentang bentuk possessive atau possessive form dari plural family name. Seperti yang pernah kita pelajari dalam materi possessive form bahwa bentuk possessive bisa kita dapatkan dengan cara menambahkan punctuation (tanda baca) apostrophe dan diikuti oleh huruf ( s ). Sama halnya dengan possessive form dalam plural family name ini, namun biasanya huruf ( s ) sudah tidak dimunculkan lagi karena dianggap sudah dimengerti, maka contoh yang umum dari possessive form untuk plural family name adalah seperti ( The Starks’ house, The Lanisters’ kingdom, The Targaryens’ dragon) dan sebagainya.

Sedangkan untuk family name dengan penambahan (-es) dibelakangnya, seperti: The Jameses, The Foxes, The Bushes dan lain lain, yang lebih umum dilakukan untuk membentuk possessive form nya adalah dengan menghilangkan tambahan (-es) terlebih dahulu. Maka bentuknya akan menjadi : The James’ company, The Fox’ residence, The Bush’ legacy dan sebagainya.

Oke deh sobat, itulah yang bisa kami ulas seputar plural family name dalam Bahasa Inggris dan cara membentuknya, mudah mudahan bermanfaat ya. Terimakasih sudah berkunjung ke website kami, jika ini kali pertama mu berkunjung ke bigbanktheories.com, jangan lupa untuk melihat lihat artikel menarik lainnya yang sudah kami sediakan di website ini.

Referensi:

  1. Cara Membentuk dan Contoh Plural Family Name – http://www.wordsmile.com/cara-membentuk-contoh-plural-family-name – Diakses tanggal 7 Januari 2017
  2. How To Make Family Names Plural – http://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/how-to-make-family-names-plural – Diakses tanggal 7 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *