Performative Verb Dan Beberapa Contoh Penggunaannya


Selamat pagi sobat, pagi ini kami akan berbagi informasi mengenai performative verb dalam Bahasa Inggris. Kita mungkin sudah terbiasa dengan penggunaan verb (kata kerja), namun mungkin kita belum tau bahwa sebagian dari verb bisa digolongkan kedalam performative verb. Seperti apa ya pengertian dan contoh kalimat yang menggunakan performative verb itu? Yuk kita cari tau bersama lewat artikel ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Performative Verb

Performative Verb

Pengertian Performative Verb

Performative verb artinya saat kita mengucapkan atau menuliskan sebuah verb kita juga melakukan aksi yang dijelaskan oleh verb tersebut disaat yang sama. Misalnya saja nih, saat kita mengucapkan kata “promise”, ini berarti disaat yang sama kita memang sedang berjanji atau membuat janji. Inilah yang merupakan salah satu contoh dari performative verb. Coba kita bandingkan dengan kata “read” dalam kalimat berikut ini:

I read a newspaper every morning.

Related: Kalimat Subjunctive Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya

Kata “read” juga marupakan verb, namun tidak termasuk dalam performative verb. Mengapa? Karena kata ini hanya menunjukkan sebuah aksi, namun tidak menunjukkan bahwa kita melakukan hal tersebut tepat bersamaan disaat kita mengucapkannya. Contohnya, bisa saja kan kalimat diatas di ucapkan saat sedang makan malam. Perhatikan pernyataan berikut ini:

“Kita tidak membaca (read) hanya dengan mengucapkan kata “read”, namun kita memang berjanji (promise) saat kita mengucapkan kata “promise”.”

Bagaimana sobat, bisa dipahami kan pengertian dari performative verb di atas. Penting untuk diingat bahwa pada umumnya saat kita menggunakan performative verb, maka kita selalu menggunakan simple present tense.

Sekarang saatnya kami menampilkan daftar performative verb (performative verb list). Daftar ini tentunya akan berisi contoh verb yang masuk dalam kategori performative verb. Silahkan disimak.

Daftar Performative Verb (Performative Verb List)

Admit (mengakui), Advise (menasehati), Apologize (meminta maaf), Avow (mengakui), Affirm (menegaskan), Beg (meminta), Claim (menyatakan), Confess (mengakui), Congratulate (mengucapkan selamat), Declare (menyatakan), Demand (meminta), Deny (menyangkal), Forbid (melarang), Guarantee (menjamin), Invite (mengundang), Name (menamai), Order (memesan), Predict (meramalkan), Promise (berjanji), Quit (berhenti), Recommend (merekomendasikan), Refuse (menolak), Remind (mengingatkan), Resign (berhenti), Request (meminta), Suggest (menyarankan), Swear (bersumpah), Tell (mengatakan), Thank (berterima kasih), Warn (memperingatkan).

Contoh Penggunaan Performative Verb Dalam Kalimat

We guarantee the safety of your children.

(Kami menjamin keselamatan anak anak anda.)

I recommend this Chinese Restaurant as a place to propose your girlfriend.

(Saya merekomendasikan Restoran Cina ini sebagai tempat untuk melamar kekasihmu.)

I predict Barcelona will win the match tonight.

(Saya meramalkan Barcelona akan memenangkan pertandingan mala mini.)

I admit that it was my fault.

(Saya mengakui bahwa itu adalah kesalahan saya.)

Bagaimana sobat, sekarang kamu sudah paham kan apa itu performative verb dalam Bahasa Inggris. Sip deh kalau begitu, semoga informasiyang kami bagikan kali ini bermanfaat ya untuk kamu, terimakasih untuk kunjungannya. Temukan juga artikel menarik lainnya yang sudah kami sediakan di website ini.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Performative Verb – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-performative-verbs – Diakses tanggal 10 Januari 2017
  2. Performative verbs: when you say a word you do the action the word describes – http://poligo.com/en/articles/grammar/performative-verbs-when-you-say-word-you-do-action-word-describes – Diakses tanggal 10 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *