Perbedaan Whoever Dan Whomever Beserta Contoh Kalimatnya


Perbedaan penggunaan whoever dan whomever dalam kalimat ternyata memang membingungkan bahkan bagi native speaker atau penutur asli Bahasa Inggris sekalipun. Hal ini mungkin terjadi karena cara penggunaan kata whoever dan whomever memang jarang diajarkan disekolah. Meskipun begitu, ternyata bagi native speaker sendiri kemampuan menggunakan kata whoever dan whomever dalam kalimat dengan tepat masih menjadi penanda terpelajar atau tidaknya seseorang.

Wah unik juga ya, lalu bagaimana dengan kita yang memang bukan penutur asli Bahasa Inggris? Bagaimana cara kita agar tau perbedaan penggunaan whoever dan whomever dalam kalimat? Caranya adalah, simak baik baik artikel ini. Mudah – mudahan dengan sedikit penjelasan dalam artikel ini kamu akan mendapat sedikit gambaran tentang cara penggunaan kata whoever dan whomever yang tepat. – Bigbanktheories.com

Whoever VS Whomever

Perbedaan Whoever Dan Whomever

Inilah Perbedaan Whoever Dan Whomever Sebenarnya

Whoever dan whomever merupakan sebuah pronoun atau kata ganti. Baik whoever ataupun whomever, keduanya memiliki makna yang sama, yaitu “any person” atau “siapapun”. Jika kedua kata tersebut memiliki arti yang sama, jadi bagaimana cara membedakan penggunaan keduanya?

Related: Cara Mudah Untuk Mengingat Perbedaan Gerund Dan Infinitive

Untuk mengetahui perbedaan penggunaan whoever dan whomever, kali ini saya akan membagikan cara mudah yang akan membuat sobat pembaca semua tiba – tiba jadi bisa dan jadi tau perbedaan kata whoever dan whomever. Supaya tips mudah kali ini terasa mengejutkan, sebelumnya saya ingin meyakinkan dulu nih, sudah pada tau belum cara penggunaan whoever dan whomever? Kalau belum, silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

Mungkin sobat belum tau cara penggunaan whoever dan whomever. Tapi saya yakin semua sudah tau tentang I, He, She, We dan They serta fungsinya dalam kalimat. Nah, yang perlu kita ingat adalah kata “Whoever” memiliki fungsi yang sama dengan “I, He, She, We dan They” dalam kalimat. Sedangkan kata “Whomever” memiliki fungsi yang sama dengan “Me, Him, Her, Us dan Them”. Atau dalam hal ini berarti kata “Whoever” merupakan “Subject Pronoun” sedangkan “Whomever” adalah “Object Pronoun”. Sekali lagi ingat:

Whoever = I, He, She, We dan They

Whomever = Me, Him, Her, Us dan Them

Oke sekarang masuk ke bagian mengejutkannya, hehe. Pilih mana yang menurut kamu sebagai kata yang tepat untuk melengkapi kalimat berikut ini.

Give the money to whoever/whomever. – Give the money to he/him.

Yaap kamu bener banget! Jawaban yang tepat ya “Whomever” hehe. Kok kamu langsung bisa ya, kamu hebat banget deh. Ya itu karena sobat pembaca semuanya membaca artikel ini dengan serius dan teliti. Selamat kamu sekarang sudah bisa membedakan penggunaan whoever dan whomever dalam kalimat. Memang tidak semua kalimat dapat dibedakan semudah contoh diatas, namun setidaknya kamu sekarang sudah punya arahan dalam menentukan beda penggunaan whoever dan whomever. Ayo kita uji pemahamanmu dengan memilih kata yang tepat untuk beberapa kalimat dibawah ini.

We will hire whoever/whomever you recommend.

We eill hire whoever/whomever is most qualified.

Whoever/Whomever is elected will serve as governor for five years.

Whoever/Whomever you elect will serve as governor for five years.

Bagaimana? Sudah menentukan pilihan jawabanmu? Berikut ini adalah jawaban atau pilihan yang tepat untuk melengkapi kalimat kalimat diatas diurutkan dari kalimat pertama : Whomever, Whoever, Whoever, Whomever.

Sekian dulu pembahasan materi Bahasa Inggris kita kali ini. Semoga dengan sedikit penjelasan tentang Perbedaan Whoever Dan Whomever Beserta Contoh Kalimatnya di atas bisa membantu pembaca semua dalam memahami cara penggunaan kata whoever dan whomever yang tepat. Jika teman teman merasa artikel ini bagus dan berisi informasi yang menarik, jangan ragu untuk membagikannya kepada rekanmu yang lain, dan terus kunjungi website bigbanktheories.com ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Referensi :

  1. 2 Effective Ways to Deal with Whoever/Whomever Confusion – https://www.grammarly.com/blog/2-effective-ways-to-deal-with-whoeverwhomever-confusion/ – Diakses tanggal 22 Juni 2016
  2. Whoever  vs. Whomever – http://www.grammarbook.com/grammar/whoever.asp – Diakses tanggal 22 Juni 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *