Perbedaan Who Dan Whom Dalam Relative Pronoun Bahasa Inggris


Apa sih beda antara Who dan Whom dalam relative pronoun? Untuk menjawab pertanyaan ini, sepertinya kita perlu mempelajari dulu nih apa pengertian relative pronoun dalam Bahasa Inggris. Karena kata Who akan memiliki makna yang berbeda saat berfungsi sebagai relative pronoun.

Relative pronoun adalah pronoun atau kata ganti yang berfungsi sebagai penghubung dalam kalimat. Ini berarti diantara relative pronoun terdapat “main clause (induk kalimat)” dan juga “subordinate clause (anak kalimat)”. Kata Who dan Whom dalam relative pronoun biasanya diartikan sebagai kata “yang”, dan keduanya digunakan sebagai kata ganti orang. – Bigbanktheories.com

Perbedaan Who Dan Whom

Who Dan Whom Dalam Relative Pronoun

Apakah Perbedaan Who Dan Whom Dalam Relative Pronoun

Setelah kita mengetahui pengertian relative pronoun, Kini saatnya kita mempelajari perbedaan antara Who dan Whom dalam relative pronoun. Perhatikan penjelasan berikut ini:

Related: Perbedaan Serta Pengertian Let’s Dan Lets

Who adalah “Subjective Pronoun”. Ini artinya, Who digunakan saat kita merujuk pada “Subject” dari kalimat. Sedangkan Whom adalah “Objective Pronoun”, yang arinya, kata Whom kita gunakan untuk merujuk pada “Object” kalimat. Wah, saya masih bingung tentang perbedaan Who dan Whom dalam relative pronoun, apa sih maksudnya subject dan object kalimat?

Dalam memahami perbedaan Who dan Whom sebagai relative pronoun dalam suatu kalimat, kita juga harus mengenal apa itu subject dan object dari suatu kalimat seperti yang kita jelaskan diatas. Subject suatu kalimat adalah yang “melakukan aksi” terhadap object, dan object suatu kalimat adalah yang “menerima aksi” dalam suatu kalimat. Untuk memahami perbedaan subject dan object kalimat, perhatikan contoh berikut ini :

Stevie cut the flower into two pieces. (Subject : Stevie, Aksi : Cut, Object : The Flower)

Mr. Surya loves his son. (Subject : Mr. Surya, Aksi : Loves, Object : His Son)

Sekarang pastinya sudah lebih jelas kan perbedaan antara subject dan object dalam kalimat. Ingat lagi, “Who” digunakan jika kita merujuk pada “Subject”, dan “Whom” jika kita merujuk pada “Object”. Ada cara yang lebih mudah untuk menentukan penggunaan Who atau Whom dalam suatu kalimat. Caranya adalah dengan mengganti noun dengan “He” atau “Him”. Dimana :

He = Who

Him = Whom

Contoh : Who/Whom wrote the letter?

Caranya mudah sekali, pilih mana yang benar : He wrote the letter. Atau Him wrote the letter. Tentu saja yang pertama ya, maka pilihan yang tepat untuk contoh diatas adalah “Who”, maka kalimatnya menjadi “Who wrote the letter?”

Perlu diingat juga, karena fungsi relative pronoun adalah untuk menghubungkan kalimat, maka akan ada dua klausa atau dua kalimat yang dihubungkan dengan menggunakan Who dan Whom. Perhatikan contoh berikut ini :

Kalimat Awal : The woman is my teacher. She speaks Japanese fluently.

Kalimat Hasil : The woman who speaks Japanese fluently is my teacher.

Berikut Ini Beberapa Contoh Kalimat Menggunakan Who Dan Whom

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Who

The woman who came to our house yesterday is my aunt.

The man who lost a car is Mr. Sugino.

The girl who is reading a novel is my sister.

The boy who is eating is Bambi.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Whom

The man whom I met yesterday is an actor.

The girl whom I gave the book to is the winner of writing competition.

The woman whom I have talked to will buy a car.

The girl whom Nita is going with has never been to Jogja.

Sampai disini artikel dengan judul Perbedaan Who Dan Whom Dalam Relative Pronoun Bahasa Inggris. Semoga penjelasan materi dalam artikel ini dapat dipahami dengan mudah. Banyaklah berlatih dalam menggunakan Who dan Whom dalam kalimat, karena materi ini merupakan salah satu jenis soal yang sering muncul dalam Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah.

Referensi :

  1. Relative Pronouns (Kata Ganti Penghubung) – https://kiddienglish.wordpress.com/relative-pronouns-kata-ganti-penghubung/ – Diakses tanggal 25 Juni 2016
  2. Relative Pronouns (Kata Ganti Penghubung) – http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/relative-pronouns-(kata-ganti-penghubung).aspx – Diakses tanggal 25 Juni 2016
  3. How and why to use whom in a sentence. – http://theoatmeal.com/comics/who_vs_whom – Diakses tanggal 25 Juni 2016
  4. Who, Whom, Whose – http://www.englishpage.com/minitutorials/who_whom.html – Diakses tanggal 25 Juni 2016

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *