Perbedaan Start, Begin Dan Commence Serta Contoh Lengkapnya


Kata start, begin dan commence memiliki pengertian yang sama sebagai kata kerja yaitu “memulai” atau “mengawali”. Dalam beberapa situasi ketiga kata ini memang bisa digunakan bergantian tanpa merubah makna kalimat. Namun kata start, begin dan commence tetap memiliki perbedaan yang membuat ketiganya terkadang tidak bisa saling menggantikan. Sekarang, mari kita pelajari persamaan dan juga perbedaan antara start, begin, dan commence ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Start Dan Begin

Perbedaan Start Begin Dan Commence

Perbedaan Start, Begin Dan Commence

Urutan Tingkat Formalitas

Berdasarkan tingkatan keseringan penggunaannya dalam situasi formal, maka urutannya dari yang paling formal ke yang paling kurang formal adalah : Commence, Begin, dan Start). Maksudnya adalah, jika kamu akan menggunakan salah satu antara ketiga kata tersebut dalam situasi formal, pilihlah commence atau begin. Seperti misalnya dalam bentuk tertulis. Berikut ini contoh penggunaan commence dalam kalimat :

Related: Perbedaan Antara Illness Dan Disease Dalam Bahasa Inggris

The new regulation will commence on this month.

(Peraturan baru akan dimulai pada bulan ini.)

Regular Dan Irregular Verb

Berdasarkan bentuk perubahan verb, kata start, begin dan juga commence bisa dikelompokkan kedalam regular dan irregular verb. Yang termasuk kedalam regular verb adalah : Start – Started – Started , dan juga Commence – Commenced – Commenced. Sedangkan yang termasuk kedalam irregular verb adalah : Begin – Began – Begun. Berikut ini contoh penggunaan begin dalam kalimat :

The ceremony always begins in the morning.

(Upacara selalu dimulai di pagi hari.)

Penggunaan Khusus Kata Start

Ada beberapa kondisi dimana hanya kata “start” sajalah yang cocok untuk digunakan. Kondisi tersebut diantaranya : untuk membicarakan menghidupkan atau menjalankan mesin, memulai usaha, maupun perjalanan. Berikut ini contoh penggunaan kata start dalam kalimat :

My motorcycle won’t start.

(Motor saya tidak mau dihidupkan.)

Click on the screen to start the cellphone.

(Klik pada layarnya untuk memualai menghidupkan telpon.)

I started a small restaurant in my hometown.

(Saya memulai usaha sebuah restoran di kota asal saya.)

Persamaan Start, Begin Dan Commence

Kata start dan begin sama sama bersifat informal jika dibandingkan dengan kata commence. Perbedaan antara keduanya pun sebenarnya tidak begitu jelas saat digunakan dalam kalimat. Inilah sebabnya, kata start dan begin ini bisa digunakan secara bergantian. Ayo kita lihat contoh penggunaan start dan begin dalam kalimat berikut ini :

My sister start / begin playing piano when she was thirteen years old.

(Adik perempuan saya mulai bermain piano saat dia berusia tiga belas tahun.)

Dalam contoh seperti di atas, meskipun kita menggunakan kata “start” ataupun “begin”, arti kalimat tersebut akan tetap sama, dan pendengar akan tetap mengerti maksud pembicaraan kita.

Tidak begitu sulit kan mengenali perbedaan kata start, begin dan commence dalam Bahasa Inggris. Saya yakin sobat semua sekarang sudah mengerti deh. Jadi ingat sekali lagi ya teman teman, ketiga kata tersebut memang bisa saling menggantikan, namun untuk beberapa kasus, kata “start” memiliki penggunaan khusus. Kami akhiri dulu sampai disini, semoga liburanmu menyenangkan, sampai jumpa lagi besok dan sambut hari sekolahmu dengan senang dan ceria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *