Perbedaan Serta Pengertian Let’s Dan Lets


Halo sobat, bisakah kamu mengucapkan Lets dan Let’s secara bergantian? Jika iya, coba lakukan sekarang. Bagaimana menurutmu setelah mengucapkan keduanya? Apakah terdengar sama bunyi hasil pelafalannya? Ya, ternyata pengucapan Let’s dan Lets itu sama, karenanya mereka termasuk kedalam homophone, yaitu kata kata yang memiliki kesamaan bunyi pengucapan atau pelafalan tapi memiliki arti yang berbeda.

Jika sobat ingin tau perbedaan serta pengertian Let’s dan Lets, bacalah secara teliti artikel ini sampai selesai. Karena dalam artikel kali ini kami akan menampilkan penjelasan singkat yang akan membantu sobat dalam memahami penggunaan Let’s dan Lets. Dan tentunya materi ini sangat penting untuk dipelajari, karena hingga saat ini masih banyak sekali yang sering salah dalam menggunakan kedua kata ini, bahkan masih ada yang menganggap bahwa Let’s dan Lets itu sama.

Tanpa menunggu terlalu lama lagi, yuk kita simak penjelasan materi kali ini. – Bigbanktheories.com

Related: Pronoun Antecedent Agreement Serta Contoh Dan Penjelasannya
Pengertian Let's Dan Lets

Perbedaan Let’s Dan Lets

Pengertian Let’s dan Lets

Agar kita bisa memahami perbedaan serta cara yang tepat untuk menggunakannya, tentu terlebih dahulu kita perlu untuk mengetahui pengertian Let’s dan juga Lets. Penjelasan singkatnya adalah seperti berikut ini:

Let’s sebenarnya adalah gabungan dari dua kata yaitu “let us” yang telah dirubah kedalam bentuk contraction dengan cara menghilangkan satu huruf atau lebih sebelum digabungkan hingga terlihat seperti sebuah kata. Dengan begini pengertian Let’s adalah sama seperti “let us” yaitu “ayo” atau “mari kita” yang artinya ini berbentuk ajakan atau saran yang berlaku juga bagi diri pembicara sendiri. Misalnya saja expression “let’s see” artinya “ayo kita lihat” atau yang lebih naturalnya diterjemahkan dengan “kita lihat saja”, serta ada juga expression yang sangat sering kita dengar yaitu “let’s go” yang dalam Bahasa Indonesia artinya “ayo pergi” atau “ayo kita pergi”. Nah, itulah sekilas penjelasan tentang Let’s, selanjutnya kami akan menerangkan kata Lets.

Lets yang sering dianggap sebagai cara penulisan Let’s sebenarnya berasal dari kata “Let” dan merupakan kata kerja dasar (verb 1) yang mendapat imbuhan “s” saat berada dalam present tense dengan subject berupa she, he atau it. Sobat tentunya masih ingat dong rumus atau aturan dalam simple present tense. Dengan begini pengertian kata Lets ini adalah “membiarkan”, “mengizinkan” atau “melepaskan”, sesuai dengan arti dari kata dasar nya yaitu Let.

Bagaimana sobat? Sudah paham kan bedanya antara Let’s dan Lets. Kedepannya usahakan jangan sampai tertukar lagi ya. Selanjutnya sebagai penutup, ayo kita lihat beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata Lets dan juga Let’s di dalamnya.

Contoh Kalimat Let’s dan Lets

Let’s go home, brother.

(Ayo kita pulang, kakak.)

Let’s not argue in front of the children.

(Mari jangan berdebat di depan anak anak.)

The owner of the magic shop lets me play with his flying card.

(Pemilik toko sulap itu membiarkan saya bermain dengan kartu terbang miliknya.)

She lets me look at her new diamond ring.

(Dia membiarkan saya melihat cincin berlian baru miliknya.)

Okedeh sobat, sekian yang bisa kami sampaikan tentang perbedan serta pengertian Let’s dan Lets, semoga bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih untuk kunjungannya hari ini, kami harap setelah membaca artikel ini kamu akan bisa menggunakan kedua kosakata baru ini dengan tepat. Tetap semangat belajar, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Perbedaan antara Lets dan Let’s – http://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-lets – Diakses tanggal 1 Februari 2017
  2. Let, Let’s – http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/let-let-s – Diakses tanggal 1 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *