Perbedaan Present Perfect Dan Present Perfect Continuous Tense


Mengetahui perbedaan antara present perfect dan present perfect continuous tense memanglah tidak mudah. Hal ini karena terdapat banyak kesamaan antara present perfect tense dan present perfect continuous. Lalu apasajakah yang perlu kita perhatikan untuk mengetahui perbedaan present perfect dan present perfect continuous tense? Setelah tim bigbanktheories.com muter-muter mencari jawabannya, berikut ini adalah rangkuman tentang beda antara tenses present perfect dengan tenses present perfect continuous tense. – Bigbanktheories.com

Ciri-Ciri Present Perfect Dan Present Perfect Continuous Tense

Perbedaan Present Perfect Dan Present Perfect Continuous Tense

Penjelasan Tentang Perbedaan Present Perfect Tense Dan Present Perfect Continuous Tense

Present perfect tense umumnya digunakan untuk menunjukkan suatu kegiatan atau aksi yang telah selesai. Sedangkan present perfect continuous tense mangacu pada tindakan atau aksi yang sedang dilakukan dan belum tentu kegiatan atau tindakan tersebut sudah selesai. Perhatikan contoh berikut ini :

He has been cleaning the window. (dia telah membersihkan jendela itu).

Related: Ini Soal Present Continuous Tense Paling Mudah, Yakin Bisa?

He has cleaned the window. (dia telah selesai membersihkan jendela itu).

Kalimat pertama berbentuk present perfect continuous tense, di sini subjek hanya menyatakan bahwa dia (seseorang) sedang melakukan sesuatu dalam jangka waktu tertentu dan kemungkinan kegiatan atau aksi tersebut belum selesai pada masa sekarang. Sedangkan dalam kalimat kedua yang berbentuk present perfect tense, subjek menyatakan bahwa kegiatan tersebut memang sudah selesai.

Jadi perlu kita ingat, saat kita lebih fokus atau memberikan penekanan pada tindakan yang masih berlangsung pada saat kita berbicara maka gunakanlah tenses present perfect continuous. Namun jika fokus kita lebih kepada menyatakan bahwa suatu kegiatan sudah selesai dan memiliki dampak atau akibat pada saat berbicara maka gunakanlah present perfect tense.

Walaupun ada perbedaan antara present perfect tense dan present perfect continuous tense, namun ternyata ada beberapa aksi atau tindakan yang dimulai pada masa lampau dan masih berlangsung pada masa sekarang atau baru saja selesai yang bisa diungkapkan dengan kedua tenses tersebut, baik present perfect tense maupun present perfect continuous tense. Berikut ini adalah beberapa aksi atau tindakan tersebut :

Expect (mengharapkan), hope (berharap), learn (mempelajari), lie (berbaring), live (hidup), look (melihat), rain (hujan), sleep (tidur), sit (duduk), snow (bersalju), stand (berdiri), stay (tinggal), study (belajar), teach (mengajar), wait (menunggu), want (menginginkan), dan work (bekerja).

meskipun kata-kata diatas bisa diungkapkan dalam kedua tenses baik tenses present perfect maupun present perfect continuous tense, tetap ada sedikit perbedaan jika dilihat dari sisi makna yang terkandung dalam kalimat tersebut, namun bukan berarti salah satu dari kalimat tersebut salah, keduanya tetap benar dan bisa digunakan. Perhatikan contoh berikut ini.

Faranisa has been living in Lampung for 3 weeks.

Faranisa has lived in Lampung since she was a baby.

Kalau kita perhatikan dari dua contoh kalimat di atas, kagiatan atau kata kerja “live” pada kedua kalimat hingga saat kalimat tersebut dibuat masih berlangsung. Namun kita juga tentunya menyadari adanya perbedaan antara kedua kalimat tersebut. Untuk kalimat pertama menunjukkan bahwa “Faranisa” sudah tinggal di Lampung selama 3 minggu dan mungkin akan berakhir atau hanya bersifat sementara. Sedangkan dalam kalimat kedua, menunjukkan bahwa “Faranisa” memang sejak dulu tinggal diLampung sejak ia masih bayi.

Memahami perbedaan antara Present Perfect Tense dan Present Perfect Continuous Tense memang tidak mudah

Bahkan bagi sebagian orang termasuk saya sendiri, kedua tenses ini memang tergolong tenses yang sulit hehe. Namun jika kita terus berlatih dan terus mencari informasi tambahan misalnya dengan membaca artikel tentang Perbedaan Present Perfect Dan Present Perfect Continuous Tense ini, perlahan-lahan kita juga akan memahami dan bisa mengenali kalimat present perfect tense dan present perfect continuous tense dengan lebih mudah.

Terimakasih untuk kunjungannya, saya minta maaf jika ada kekurangan, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

18 THOUGHTS ON “Perbedaan Present Perfect Dan Present Perfect Continuous Tense”

  1. Thnk you, it is very useful for me


    1. You are welcome iim πŸ˜€


  2. membingungkan min, sulit di mengerti…


    1. Halo wayan, maaf baru sempat membalas komentarmu sekarang ya, di bagian mana yang membingungkan? Kamimohon maaf jika penjelasan yang kami berikan sulit dipahami ya.


  3. bs di pahami bngt tks


    1. Sama sama Dwira, terimakasih juga kunjungan dan komentarnya ya.


  4. makasih yaa.. akhirnya paham juga πŸ™‚
    keep the good work ya


    1. Halo Desfika, wah kami senang sekali mendengarnya πŸ˜€ , terimakasih juga ya untuk kunjungan dan komentar nya, bener bener membawa semangat baru untuk tim kami.


  5. Aku juga masih bingung sih perbedaan PERFECT TENSE & PERFECT CONTINOUS TENSE
    But, I’m not givin’up yet
    Aku akan menggali informasi lagi lebih dalam mengenai hal ini

    THANKS


    1. Halo Robith, terimakasih kunjungan dan komentarnya, ayo semangat pelajari lagi perbedaan antara keduanya, kalau ada yang ingin ditanyakan juga boleh, mungkin kami bisa membantu.


  6. sangat bermanfaat terima kasih..


    1. Halo Ade, wah senang mendengarnya kalau artikel yang kami bagikan bisa membantumu. Terimakasih untuk komentar dan kunjungannya.


  7. Terus min, gimana kalau ‘kamu sudah melakukan yang terbaik’ tpi maksudnya itu masih berlangsung smpe sekarang. Apakah yg bagus ‘You’ve been doing well’ or ‘you’ve done well’?


    1. Halo Kezia, kami mohon maaf ya baru sempat memberi balasan untuk komentarmu sekarang. Mengenai pertanyaanmu, jika niatan yang ingin kamu ungkapkan seperti itu, maka kamu perlu menggunakan bentuk present perfect continuous tense. Tapi saya sempat mencari tambahan informasi barusan saat ingin menjawab pertanyaan dari Kezia ini, sepertinya penambahan kata kata “so far” di bagian akhir merupakan bentuk yang sering digunakan oleh native speaker, maka kalimatnya menjadi “you’ve done well so far”. mudah mudahan ini menjawab rasa penasaranmu ya, mohon maaf jika ada kesalahan dalam informasi yang kami sampaikan. Terimakasih banyak Kezia untuk pertanyaan nya, kamu sangat teliti dan kritis, Good Job! πŸ™‚



    1. Halo Endy, terimakasih juga untuk komentar mu ya, kami sangat senang mendengarnya kalau tulisan yang ada di website ini bermanfaat untuk kamu. Besok besok datang lagi ya.


  8. Luh Putu Eka Rai Yani

    hallo, mislnya saya sekarang lagi chattingan dengan teman saya di sosmed dan saya sudah membalas chatting tersebut dan menunggu balasannya. tetapi selama menunggu balasan tersebut , saya keluar ruangan sebentar dan bertemu dengan Susi. Saya bilang ” i have been chatting with him” atau ‘ I have chatted with him”? Note : saya tidak sedang mengetik (membalas) chatting dari nya


    1. Selamat pagi Luh Putu Eka, mohon maaf baru sempat menjawab pertanyaanmu sekarang ya. hmmm kalo situasi nya seperti yang km jelaskan, menurut saya yang kita gunakan adalah present perfect continuous tense, karena yang dibicarakan adalah suatu tindakan yang masih berlangsung. jadi kalimatnya yang digunakan adalah “I have been chatting with him”.

      Jika yang kamu gunakan adalah “I have chatted with him” maka kemungkinan yang terjadi adalah temanmu Susi akan bertanya “really? how was it?” dalam artian dia akan jadi penasaran dengan pernyataanmu itu “si dia itu gimana orang nya, seru nggak chattingan nya”. Karena jika yang kamu gunakan adalah kalimat “I have chatted with him” adalah bahwa ada efek tertentu dari event itu. misalnya begini deh, kalo kamu bilang “I have had my breakfast” itu efeknya kamu saat ini mungkin kenyang dan bermaksud menolak ajakan seseorang yang mengundangmu untuk sarapan. Oke deh, itu penjelasan singkat yang bisa saya berikan, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa dimengerti ya Luh Putu :D, saya tunggu kunjunganmu selanjutnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *