Perbedaan Present Perfect Dan Present Perfect Continuous Tense


Mengetahui perbedaan antara present perfect dan present perfect continuous tense memanglah tidak mudah. Hal ini karena terdapat banyak kesamaan antara present perfect tense dan present perfect continuous. Lalu apasajakah yang perlu kita perhatikan untuk mengetahui perbedaan present perfect dan present perfect continuous tense? Setelah tim bigbanktheories.com muter-muter mencari jawabannya, berikut ini adalah rangkuman tentang beda antara tenses present perfect dengan tenses present perfect continuous tense. – Bigbanktheories.com

Ciri-Ciri Present Perfect Dan Present Perfect Continuous Tense

Perbedaan Present Perfect Dan Present Perfect Continuous Tense

Penjelasan Tentang Perbedaan Present Perfect Tense Dan Present Perfect Continuous Tense

Present perfect tense umumnya digunakan untuk menunjukkan suatu kegiatan atau aksi yang telah selesai. Sedangkan present perfect continuous tense mangacu pada tindakan atau aksi yang sedang dilakukan dan belum tentu kegiatan atau tindakan tersebut sudah selesai. Perhatikan contoh berikut ini :

He has been cleaning the window. (dia telah membersihkan jendela itu).

Related: Penjelasan Past Future Perfect Tense Dan Contoh Kalimatnya

He has cleaned the window. (dia telah selesai membersihkan jendela itu).

Kalimat pertama berbentuk present perfect continuous tense, di sini subjek hanya menyatakan bahwa dia (seseorang) sedang melakukan sesuatu dalam jangka waktu tertentu dan kemungkinan kegiatan atau aksi tersebut belum selesai pada masa sekarang. Sedangkan dalam kalimat kedua yang berbentuk present perfect tense, subjek menyatakan bahwa kegiatan tersebut memang sudah selesai.

Jadi perlu kita ingat, saat kita lebih fokus atau memberikan penekanan pada tindakan yang masih berlangsung pada saat kita berbicara maka gunakanlah tenses present perfect continuous. Namun jika fokus kita lebih kepada menyatakan bahwa suatu kegiatan sudah selesai dan memiliki dampak atau akibat pada saat berbicara maka gunakanlah present perfect tense.

Walaupun ada perbedaan antara present perfect tense dan present perfect continuous tense, namun ternyata ada beberapa aksi atau tindakan yang dimulai pada masa lampau dan masih berlangsung pada masa sekarang atau baru saja selesai yang bisa diungkapkan dengan kedua tenses tersebut, baik present perfect tense maupun present perfect continuous tense. Berikut ini adalah beberapa aksi atau tindakan tersebut :

Expect (mengharapkan), hope (berharap), learn (mempelajari), lie (berbaring), live (hidup), look (melihat), rain (hujan), sleep (tidur), sit (duduk), snow (bersalju), stand (berdiri), stay (tinggal), study (belajar), teach (mengajar), wait (menunggu), want (menginginkan), dan work (bekerja).

meskipun kata-kata diatas bisa diungkapkan dalam kedua tenses baik tenses present perfect maupun present perfect continuous tense, tetap ada sedikit perbedaan jika dilihat dari sisi makna yang terkandung dalam kalimat tersebut, namun bukan berarti salah satu dari kalimat tersebut salah, keduanya tetap benar dan bisa digunakan. Perhatikan contoh berikut ini.

Faranisa has been living in Lampung for 3 weeks.

Faranisa has lived in Lampung since she was a baby.

Kalau kita perhatikan dari dua contoh kalimat di atas, kagiatan atau kata kerja “live” pada kedua kalimat hingga saat kalimat tersebut dibuat masih berlangsung. Namun kita juga tentunya menyadari adanya perbedaan antara kedua kalimat tersebut. Untuk kalimat pertama menunjukkan bahwa “Faranisa” sudah tinggal di Lampung selama 3 minggu dan mungkin akan berakhir atau hanya bersifat sementara. Sedangkan dalam kalimat kedua, menunjukkan bahwa “Faranisa” memang sejak dulu tinggal diLampung sejak ia masih bayi.

Memahami perbedaan antara Present Perfect Tense dan Present Perfect Continuous Tense memang tidak mudah

Bahkan bagi sebagian orang termasuk saya sendiri, kedua tenses ini memang tergolong tenses yang sulit hehe. Namun jika kita terus berlatih dan terus mencari informasi tambahan misalnya dengan membaca artikel tentang Perbedaan Present Perfect Dan Present Perfect Continuous Tense ini, perlahan-lahan kita juga akan memahami dan bisa mengenali kalimat present perfect tense dan present perfect continuous tense dengan lebih mudah.

Terimakasih untuk kunjungannya, saya minta maaf jika ada kekurangan, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

6 THOUGHTS ON “Perbedaan Present Perfect Dan Present Perfect Continuous Tense”

  1. Thnk you, it is very useful for me


    1. You are welcome iim 😀


  2. membingungkan min, sulit di mengerti…


    1. Halo wayan, maaf baru sempat membalas komentarmu sekarang ya, di bagian mana yang membingungkan? Kamimohon maaf jika penjelasan yang kami berikan sulit dipahami ya.


  3. bs di pahami bngt tks


    1. Sama sama Dwira, terimakasih juga kunjungan dan komentarnya ya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *