Perbedaan Penggunaan Kata Be Dan Become Dalam Bahasa Inggris


Kata “be” dan kata “become” terkadang menimbulkan pertanyaan tentang cara pemakaiannya yang tepat. Sebagian orang berpendapat kalau kata “Be” dan kata “Become” sbenarnya sama saja, dan tidak terdapat perbedaan dalam penggunaan kata “Be” dan “Become” ini. Tapi apakah memang benar begitu? Jika keduanya memang sama dan selalu dapat menggantikan satu sama lain, lalu kenapa harus ada dua kata?

Artikel kali ini, akan memberikan sedikit pembahasan tentang perbedaan kata “Be” dan “Become” dalam penggunaannya di Bahasa Inggris. Sangat penting bagi temen-temen untuk mengetahui perbedaan kata “Be” dan “Become” ini, karena kedua kata ini sangat sering digunakan dalam keseharian maupun dalam tes-tes Bahasa Inggris. Sekarang, ayoo kita cari tau bersama tentang perbedaan penggunaan kata “Be” dan “Become” dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Be Or Become

Perbedaan Be dan Become

Penjelasan Tentang Perbedaan Kata “Be” Dan “Become” Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Pada kalimat seperti apakah temen-temen sering mendengan kata “Be” digunakan? Mungkin pada kalimat seperti contoh dibawah ini ya:

Related: Pengertian Dan Contoh Predicative Adjective Dalam Kalimat

I want to be a Teacher.

I will be a President.

Lalu pada kalimat seperti apa temen-temen sering mendengar kata become? Apa seperti contoh kalimat di bawah ini:

I want to become a Teacher.

I will become a President.

Waduh, kok sama ya? Hehe. Inilah yang terkadang menimbulkan pertanyaan tentang perbedaan kata “Be” dan “Become”. Tapi sebenarnya ada yang perlu kita ketahui temen-temen, “Be” memiliki bentuk past yaitu “Was dan Were”. Sedangkan “Become” bentuk past nya adalah “Became”. Nah, perbedaan antara kata “Be” dan “Become” akan terlihat lebih jelas bila di contohkan dalam kalimat Past Tense.

I was a Teacher, but I am an Entrepreneur now.

I became a President in 1945.

Bagaimana temen-temen, terlihat lebih jelas kan sekarang perbedaan kata “Be” dan “Become”.

Lalu bagaimana sebenernya penjelasannya?

Ada beberapa pendapat yang perlu kita ketahui tentang perbedaan kata “Be” dan “Become” ini temen-temen.

Yang pertama adalah, kata “Become” menyiratkan makna bahwa adanya perubahan dari suatu kondisi ke kondisi yang baru, sedangkan kata “Be” tidak menyiratkan hal itu.

Contohnya : a caterpillar becomes a butterfly.

Yang kedua yaitu, kata “Be” dianggap sebagai suatu keadaan yang berkelanjutan, sedangkan kata “Become” berfokus pada perubahan keadaannya.

Contohnya : I want to be an Architect. dan I want to become an Architect.

Perbedaan antara kedua kalimat tersebut adalah, kalimat pertama berfokus pada proses menjadi seorang arsitek, sedangkan kalimat kedua berfokus pada perubahan dari bukan arsitek menjadi arsitek.

Wah, membingungkan sekali ya penjelasan nya, hehe. Untuk itulah ada tambahan lagi, yaitu pendapat ketiga.

Yang ketiga, kata “Be” dan “Become” dapat bebas digunakan bergantian jika bermakna Future (hal yang akan datang). Tapi tidak bisa digunakan bergantian jika bermakna Past (hal yang sudah terjadi), karena akan terjadi perubahan makna yang jauh dan bisa merubah arti kalimatnya.

Pada dasarnya yang membuat perbedaan antara kata “Be” dan “Become” menjadi kurang jelas adalah karena memang kedua kata tersebut memiliki kesamaan dan dapat saling menggantikan. Namun jika temen-temen memahaminya dengan melihat contoh yang tepat, seperti pada kalimat past tense diatas, perbedaan antara “Be” dan “Become” akan sangat terasa dari segi maknanya.

Naah, segitu dulu penjelasan tentang Perbedaan Kata “Be” dan “Become” Dalam Bahasa Inggris. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu temen-temen utuk bisa memahami penggunaan kata “Be” dan “Become” yang tepat. Baca juga artikel saya tentang Penggunaan Apply For VS Apply To. Terimakasih sudah berkunjung lagi ke bigbanktheories.com, semoga temen-temen suka dengan artikel-artikel di website ini. Jangan lupa untuk menambahkan bigbanktheories jadi temen di twitter kamu, supaya temen-temen selalu dapet informasi terbaru dari bigbanktheories. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Referensi :

  1. The difference between “Be” and “Become” – http://arwinkim.blogspot.co.id/2012/12/the-difference-between-be-and-become.html – diakses tanggal 7 Maret 2016
  2. What is the difference between be and become – http://lang-8.com/590732/journals/110548138257430397803810104744560533092 – diakses tanggal 7 Maret 2016
  3. Difference between be and become – http://ell.stackexchange.com/questions/23053/difference-between-be-and-become – diakses tanggal 7 Maret 2016
  4. What is the difference between be and become? – https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-be-and-become – diakses tanggal 7 Maret 2016
  5. Penggunaan Be dan Become dalam Bahasa Inggris – http://grammarbahasainggrisblogspot.blogspot.co.id/2011/06/penggunaan-be-dan-become-dalam-bahasa.html – diakses tanggal 7 Maret 2016

2 THOUGHTS ON “Perbedaan Penggunaan Kata Be Dan Become Dalam Bahasa Inggris”

  1. Waaah thanx kaaak jadi udh l ih ngerti ttg be sama become ini


    1. hehe sama sama yoga, makasih kunjungannya broo, semoga lancar ya kuliahnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *