Perbedaan Its Dan It’s Beserta Contoh Penggunaannya


Saya juga baru menyadari bahwa perbedaan Its dan It’s itu merupakan hal yang begitu penting untuk dipelajari. Alasannya tentu karena hingga kini pun kesalahan dalam menggunakan Its dan It’s  masih sangat sering terjadi. Hal ini sangat wajar sebenarnya, karena pelafalan atau pengucapan Its dan It’s memang terdengar sama. Selain itu memang sebagian orang ternyata belum memahami dengan jelas Its dan It’s itu artinya apa, karena sebenarnya jika kita sudah mengetahui pengertian dari keduanya, maka akan sangat mudah bagi kita membedakan penggunaan Its dan It’s dalam kalimat.

Menyadari akan tingginya kebutuhan atas penjelasan tentang beda penggunaan Its dan It’s menyebabkan banyak sekali sumber materi Bahasa Inggris, khususnya yang berbentuk online, yang membahas perbedaan Its dan It’s ini. Hal yang menurut saya cukup mengejutkan adalah saat saya menemukan sebuah website yang benar benar khusus membahas penggunaan serta perbedaan Its serta It’s saja, tapi ternyata pengunjungnya cukup ramai. Untuk saya, hal ini menunjukkan bahwa pemahaman tentang cara menggunakan Its dan It’s dengan tepat masih sangat diperlukan oleh banyak orang.

Karena tidak mau ketinggalan, kami pun ingin ikut serta dalam memberikan penjelasan tentang perbedaan serta penggunaan Its dan It’s. Bagi sobat yang ingin tau penjelasan lengkapnya, baca artikel kami yang satu ini ya. – Bigbanktheories.com

Related: Pengertian Dan Contoh Kalimat Phrasal Modal Verb
Its dan It's Artinya

Perbedaan Its Dan It’s Beserta Contoh Penggunaannya

Perbedaan Its dan It’s

Memahami perbedaan Its dan It’s itu ternyata cukup mudah. Dua poin penjelasan berikut akan membantumu dalam memahaminya.

Its merupakan salah satu possessive adjective yang fungsinya untuk menunjukkan kepemilikan.

It’s merupakan contraction atau singkatan dari “it is” atau “it has”.

Dengan membaca kedua poin penjelasan di atas, kini kita tau bahwa It’s bukanlah sebuah kata, namun merupakan dua kata yang digabungkan atau disingkat sehingga terlihat seperti satu kata. Nah terkadang ada satu bentuk lagi yang mirip dan sering menyebabkan kekeliruan yaitu Its’, dengan apostrophe di akhir. Perlu diingat bentuk ini tidak ada atau bisa dibilang salah total, jadi jangan pernah menggunakannya.

Bagaimana sobat, simple kan penjelasannya. Nah sekarang apa kamu sudah mengerti tentang perbedaan Its dan It’s? Jika kamu masih kesulitan dalam memahami penjelasan yang kami bagikan kali ini, cobalah untuk memeperhatikan beberapa contoh kalimat berikut, mudah mudahan bisa membantumu supaya lebih paham.

Contoh Kalimat Its dan It’s

The dog is trying to bite its tail.

(Anjing itu sedang berusaha menggigit ekornya sendiri.)

It’s time for me to return the favor. (It is)

(Ini saatnya untukku membalas kebaikan itu.)

It’s been a long day without you my friend. (It has)

(Ini telah menjadi hari yang panjang tanpamu teman.)

It’s wonderful. (It is)

(Itu menakjubkan.)

It’s got to be a joke. (It has)

(Itu pasti sebuah lelucon.)

The cat is crippled after the man accidentally stepped on its foot.

(Kucing itu jadi pincang setelah pria itu secara tidak sengaja menginjak kaki nya.)

Itulah sobat beberapa contoh kalimat menggunakan kata Its dan It’s. Semoga penjelasan materi serta contoh yang kami tampilkan bisa membantumu dalammemahami perbedaan antara Its dan It’s, sehingga kedepannya sobat tidak akan salah dalam menggunakannya. Terimakasih untuk kunjungannya, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Penggunaan dan Contoh Kalimat It’s/Its – http://www.wordsmile.com/pengertian-penggunaan-contoh-kalimat-its – Diakses tanggal 5 Februari 2017
  2. It’s not Its – http://its-not-its.info/ – Diakses tanggal 5 Februari 2017
  3. Its and It’s (The Difference) – http://www.grammar-monster.com/easily_confused/its_its.htm – Diakses tanggal 5 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *