Perbedaan Farther Dan Further Serta Contoh Penggunaannya


Hai sobat, apakah kamu masih sering bingung dalam menentukan perbedaan antara Farther dan Further saat ingin mengungkapkan makna “lebih jauh” dalam Bahasa Inggris? Jika iya, berarti saya tidak sendirian hehe karena pada awalnya saya juga bingung. Selama ini saya pikir tingkatan lebih dari kata “Far” adalah “Further” lho, jadi saya hanya menggunakan kata ini saja sampai saya akhirnya menemukan bahwa ada kata lain yang berhubungan dengan hal ini yaitu “Farther”, wah saya jadi bingung pada saat itu. Akhirnya saya memutuskan untuk mencari penjelasan nya dari berbagai sumber di internet dan menemukan jawabannya.

Untuk sobat yang memiliki pengalaman yang sama seperti saya, kali ini saya akan mencoba berbagi informasi yang saya temukan dan telah membantu saya dalam memahami perbedaan antara Farther dan Further. Silahkan baca cerita singkat yang saya bagikan berikut ini, semoga bisa dipahami dengan mudah. Saya juga berharap setelah membaca artikel kali ini sobat akan lebih merasa percaya diri dalam menggunakan kata Farther dan Further dalam kalimat. – Bigbanktheories.com

Penjelasan Dan Contoh Penggunaan Kata Farther dan Further Dalam Kalimat

Perbedaan Farther Dan Further Serta Contoh Penggunaannya

Perbedaan Farther dan Further

Jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, kata Farther artinya “lebih jauh” dan kata Further artinya juga sama yaitu “lebih jauh”, melihat keadaan ini, wajar dong jika kita bingung dan menganggap keduanya sama. Kalau sobat ingin tau apa perbedaan antara kedua kata tersebut, perhatikan penjelasan singkat dari kami berikut ini:

Related: Nama Penyakit Dalam Bahasa Inggris Yang Wajib Kamu Kenali

Farther = untuk menyatakan “physical distance” atau jarak sebenarnya yang bisa diukur dalam centimeter, meter dan satuan ukur lainnya.

Further = untuk menyatakan “metaphorical / figurative distance” atau jarak yang hanya berupa perumpamaan misalnya: memahami “lebih jauh”, bicara “lebih jauh”, dan sebagainya, dimana ungkapan “lebih jauh” tersebut tidak diukur secara fisik menggunakan satuan ukur seperti pada kata Farther. Kata further ini juga dianggap bermakna “additional” atau tambahan.

Bagaimana sobat, bisa dipahami kan sampai disini. Untuk lebih memperjelas keterangan di atas, silahkan perhatikan dua contoh kalimat berikut ini:

How much farther? Six miles.

In order to determine the effect of cucumber on burn further research is needed.

Setelah memperhatikan kedua contoh di atas, saya yakin sobat sudah mengerti deh sekarang perbedaan antara Farther dan Further. Intinya, jika yang dibicarakan adalah jarak yang sebenarnya maka gunakan Farther, jika bukan maka gunakan Further. Cara mencirikannya gampang sobat, ingat saja bahwa ada kata “Far” dalam “Farther” yang artinya jauh.

Eiits, apakah pembahasan ini berakhir sampai disini saja? Ternyata tidak sobat. Jika kamu masih ada waktu luang, silahkan baca kelanjutan pembahasan berikut ini, namun jika tidak maka tidak apa apa, yang penting sobat sudah paham akan perbedaan Farther dan Further dalam Bahasa Inggris.

Dalam beberapa kejadian yang kita hadapi, mungkin kita akan bingung untuk menentukan apakah jarak yang sedang dibicarakan ini berupa physical atau bukan. Ternyata, meski telah ada penjelasan tentang perbedaan Farther dan Further seperti di atas, namun tidak masalah jika kita menggunakan keduanya secara bergantian, karena pendengar akan tetap bisa memahami maksud ucapan kita. Namun, kita lebih disarankan untuk menggunakan kata “Further” saja agar lebih aman.

Dari beberapa sumber yang saya temukan, saya jadi tau bahwa kedua kata ini sudah digunakan bergantian secara bebas selama lebih dari ratusan tahun, dan tidak ada yang mempermasalahkannya. Bahkan dalam British English ditemukan bahwa kata Farther dan Further sama sama bisa digunakan untuk physical distance, meski memang penggunaan Farther lebih jarang dibandingkan Further karena memiliki beberapa batasan.

Oke deh, itulah sedikit cerita yang bisa saya bagikan kali ini, semoga artikel ini bisa membantumu dalam memahami penggunaan Farther dan Further dalam Bahasa Inggris. Terimakasih atas waktu dan kunjungannya, kami harap sekarang sobat sudah lebih percaya diri untuk menggunakan kedua kata tersebut. Jangan lupa baca artikel terbaru kami yang berjudul Beda Penggunaan Few dan Little Yang Perlu Kita Ketahui. Sampai ketemu lagi dalam materi menarik lainnya.

Referensi:

  1. “Further” Versus “Farther” – http://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/further-versus-farther – Diakses tanggal 20 Juni 2017
  2. Further and Farther (The Difference) – http://www.grammar-monster.com/easily_confused/further_farther.htm – Diakses tanggal 20 Juni 2017
  3. Farther vs. Further – http://grammarist.com/usage/farther-further/ – Diakses tanggal 20 Juni 2017
  4. Further vs. Farther – http://grammar.yourdictionary.com/grammar/style-and-usage/further-vs-farther.html – Diakses tanggal 20 Juni 2017
  5. Perbedaan Antara Farther dan Further – https://www.wordsmile.com/penggunaan-contoh-kalimat-farther-further – Diakses tanggal 20 Juni 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *