Perbedaan Desert Dan Dessert Serta Cara Mudah Mengingatnya


Desert dan Dessert adalah dua kata yang hingga kini masih membingungkan bagi banyak orang untuk membedakannya. Bahkan bagi orang yang sudah sempat membaca penjelasan tentang perbedaan Desert dan Dessert dalam Bahasa Inggris, kemungkinan untuk lupa dan merasa bingung lagi dalam membedakan keduanya masih sangat besar. Alasan utamanya karena kata Desert dan Dessert memang sangatlah mirip, baik dari segi bentuk kata nya maupun dari segi pengucapannya. Sebagai buktinya, saya yakin dari awal masih ada sebagian dari sobat yang belum membedakan pelafalan kedua kata ini, atau setidaknya masih ragu untuk menyatakan dengan tegas, manakah dari kedua kata ini yang berbunyi “de-zert” dan mana yang berbunyi “di-zert”.

Melalui tulisan kali ini, saya ingin mencoba memberikan sedikit penjelasan tentang perbedaan antara Desert dan Dessert beserta tips atau cara mudah untuk mengingat perbedaan keduanya. Silahkan pelajari artikel berikut ini dan temukan penjelasan beserta berbagai contoh penggunaan kata Desert dan Dessert dalam kalimat. – Bigbanktheories.com

Perbedaan Desert Dan Dessert Serta Cara Mudah Mengingatnya

Pengertian dan Perbedaan Desert dan Dessert Beserta Contohnya

Untuk membantumu dalam memahami perbedaan kedua kata ini, kita akan memulai penjelasan materi kali ini dengan membahas pengertian Desert dan Dessert terlebih dahulu. Secara singkat, kata “Desert” yang dibaca “/ˈdezərt/” artinya adalah “Gurun / Gurun Pasir”. Sedangkan kata “Dessert” dibaca “/diˈzərt/” berarti “Makanan Pencuci Mulut / Hidangan Penutup Pada Suatu Kegiatan Makan”.

Related: 15 Soal Vocabulary Bahasa Inggris SMP – Melengkapi Kalimat

Dengan membaca penjelasan singkat di atas, sudah terlihat jelas bagi kita perbedaan antara kata Desert dan Dessert. Supaya sobat memiliki gambaran yang lebih jelas tentang pengertian masing-masing kata, coba perhatikan beberapa contoh berikut:

Contoh Desert: Kalahari Desert, Gobi Desert, Sahara Desert, Arabian Desert, Syrian Desert

Contoh Dessert: Ice Cream, Brownie, Milkshake, Cake, Doughnut, Cookie, Tiramisu, Pudding

Bagaimana sobat, semakin jelas kan sekarang perbedaan keduanya. Nah, sebelum kita memasuki pembahasan tentang cara mudah membedakan kata Desert dan Dessert, ada sedikit tambahan informasi yang perlu sobat ketahui tentang kata “Desert” berikut ini.

Penggunaan Kata “Desert” sebagai Verb / Kata Kerja

Selain bisa digunakan sebagai sebuah noun, kata “Desert” ternyata bisa juga digunakan sebagai sebuah verb. Saat digunakan sebagai sebuah kata kerja, kata “Desert” bermakna “meninggalkan” seseorang atau sesuatu dengan cara yang dianggap tidak baik atau tidak bermartabat atau terkesan seperti sebuah tindakan pengkhianatan, atau dapat juga bermakna meninggalkan suatu lokasi sehingga tempat tersebut nampak seperti sebuah tempat yang kosong / tak berpenghuni.

Contoh: Raymond deserted his partner during the shootout in Mint Plaza. (Raymond meninggalkan rekannya pada kejadian baku tembak di Mint Plaza.)

Deserted Island jpg

Karena kata ini bisa berperan sebagai verb, maka bentuk past participle atau verb 3 nya bisa kita gunakan sebagai adjective juga, yaitu kata “Deserted” yang jika kita terjemahkan artinya “sepi / terlantar”. Salah satu contoh penggunaan kata ini yang tergolong cukup terkenal adalah pada istilah “Deserted Island” yang artinya “Pulau tak berpenghuni” yang hingga saat ini masih sangat sering dijadikan tema atau judul film dan game.

Cara Mudah Membedakan Desert dan Dessert

Sekarang kita masuk ke pembahasan yang paling ditunggu-tunggu oleh sobat semua, yaitu tips atau cara mudah untuk membedakan kata Desert dan Dessert. Setelah membaca penjelasan berikut ini, saya harap sobat semua tidak akan bingung lagi saat ingin menggunakan salah satu dari kedua kata ini.

Ada dua cara bagi saya yang biasanya saya lakukan untuk mengingat perbedaan antara Desert dan Dessert. Kedua cara ini berhubungan dengan perbedaan bentuk kedua kata tersebut, dimana kata “Desert” hanya mengandung satu hurufS” sedangkan kata “Dessert” mengandung dua hurufS”.

Cara Pertama: Langkah atau cara pertama yang biasanya saya lakukan adalah dengan membayangkan huruf “S” sebagai “es batu / minuman dingin”. Huruf “Sganda atau doubleSS” yang terkandung dalam kata “Dessert” saya anggap sebagai “Es yang banyak”. Jika suatu minuman mengandung “Es yang banyak” tentu ia lebih dingin dan menyegarkan, maka saya akan mengingat bahwa “Dessert” yang mengandungbanyak S” adalah sesuatu yang enak dan menyegarkan, yang artinya ia terkait dengan makanan dan minuman.

Desserts

Cara Kedua: Jika dibandingkan dengan cara yang saya jelaskan di atas, sepertinya cara kali ini akan lebih mudah dipahami. Cara ini juga masih berkaitan dengan doubleSS” yang terdapat di dalam kata “Dessert”, namun tanpa harus menggunakan ilustrasi panjang, yang perlu kita lakukan adalah dengan mengingat bahwa “SS” ini merupakan singkatan dari “Something Sweet” yang artinya “sesuatu yang manis”. Artinya, kata “Dessert” yang mengandung doubleSS” merupakan sesuatu yang berhubungan dengan hal-hal yang manis seperti es krim, coklat, puding, kue, biscuit dan sebagainya yang memang merupakan menu hidangan penutup yang biasa disajikan pada saat makan oleh orang-orang bule atau native speaker.

Bagaimana sobat? sudah bisa melakukan tips mudah di atas? Saya harap begitu ya. Oh ya, sedikit tambahan terkait materi kita kali ini, mungkin sebagian dari kita masih asing dengan istilah hidangan penutup atau “Dessert” ini. Hal ini sangat wajar, karena pembagian hidangan seperti ini bukanlah kebudayaan kita di Indonesia. Kegiatan seperti ini berasal dari negara-negara barat yang ternyata menganggap kegiatanmakan” sebagai suatu acara yang bersifat serius dan penting, layaknya sebuah perayaan. Oleh karena itu mereka pun memberikan perlakuan special terhadap kegiatan makan ini, salah satunya adalah dengan membagi menu makanan yang akan dihidangkan kedalam beberapa jenis yang umumnya terdiri dari Appetizer (makanan pembuka), Main Course (hidangan utama) dan Dessert (makanan penutup / pencuci mulut).

Nah, biasanya di budaya orang barat, yang disajikan sebagai “Dessert” adalah makanan yang manis atau menyegarkan. Beberapa menu yang umum dijadikan makanan penutup atau Dessert misalnya seperti kue pai, berbagai jenis cake, es krim, puding, atau bisa juga buah-buahan segar. Untuk lebih jelasnya sobat bisa coba cari informasi nya di internet ya hehe.

Contoh Penggunaan kata Desert dan Dessert dalam Kalimat

Setelah kita mempelajari pengertian dan juga perbedaan kata Desert dan Dessert, kini saatnya kita mempelajari berbagai contoh penggunaan kedua kata ini dalam kalimat. Silahkan amati beberapa contoh kalimat yang sudah saya siapkan di bawah ini, kemudian cobalah untuk membuat contoh kalimatmu sendiri.

Camel and Antelope live in a desert. (Unta dan kijang gurun hidup di padang pasir.)

Ice cream and pudding are my favorite desserts. (Es krim dan puding adalah makanan penutup kesukaan saya.)

My brother and his friends were forced to desert their camp when the elephants attack happened. (Kakak saya dan teman-teman nya terpaksa meninggalkan kamp mereka ketika serangan gajah itu terjadi.)

What kind of dessert do you want for dinner? (Makanan penutup apa yang kau inginkan untuk makan malam?)

Various kinds of cactus grow well in a desert. (Berbagai jenis kaktus tumbuh dengan baik di gurun pasir.)

Begitulah sobat beberapa contoh kalimat dengan menggunakan kata Desert dan Dessert, semoga bisa melengkapi pemahaman sobat akan perbedaan keduanya. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk belajar bersama saya melalui tulisan kali ini, mudah-mudahan apa yang saya sajikan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi sobat pembaca semua. Jangan lupa untuk mempelajari materi terbaru tentang Descriptive Adjective, dan sampai jumpa lagi dalam kesempatan berikutnya.

Referensi:

  1. Desert or Dessert? – https://www.grammar-monster.com/easily_confused/desert_dessert.htm – Diakses tanggal 4 Maret 2020
  2. Commonly Confused Words: Desert vs. Dessert – https://www.spellzone.com/blog/Commonly_Confused_Words_Desert_vs_Dessert.htm – Diakses tanggal 4 Maret 2020
  3. Perbedaan antara Desert dan Dessert dan Contoh Kalimatnya – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-desert-dessert – Diakses tanggal 4 Maret 2020
  4. Desert vs. Dessert – https://www.grammar.com/desert_vs._dessert – Diakses tangal 4 maret 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *